Hidup AktifKebaikan Air

4 Aktivitas Sehari-Hari yang Memerlukan Hidrasi Lebih Baik

hidrasi-yang-lebih-baik

Tubuh yang sehat tidak pernah lepas dari hidrasi yang baik. Setiap saat dan apapun aktivitasnya, tubuh tetap memerlukan air karena 60% tubuh manusia mengandung air (1), dan kinerja organ-organ seperti otak, hati, jantung, dan ginjal bergantung pada air. Dengan begitu, untuk mendapatkan performa tubuh tetap optimal, kita membutuhkan banyak energi yang bisa didapat dari tercukupinya cairan tubuh.

Karena air merupakan komponen utama, keberadaannya diperlukan tubuh agar bisa berfungsi dengan baik. Air memiliki berbagai fungsi untuk tubuh mulai dari membawa nutrisi ke dalam sel, membuang bakteri dari usus, hingga menjaga agar tidak konstipasi, serta menjaga suhu tubuh tetap stabil (3).

Oleh sebab itu, disarankan untuk meminum air dalam jumlah yang cukup sesuai kebutuhan tubuh supaya hidrasi tetap terjaga. Di antara padatnya aktivitas setiap hari, ada empat aktivitas yang membutuhkan tingkat hidrasi lebih. Apa sajakah itu? Ini beberapa di antaranya:

BELAJAR

Saat sedang belajar, kecukupan hidrasi harus diperhatikan. Salah satu alasannya adalah konsentrasi tinggi diperlukan ketika sedang belajar. Otak pun bekerja keras untuk menyerap materi yang dipelajari. 

Sekitar 20 persen sirkulasi darah ada di otak. Jumlah itu bisa bertambah ketika otak tengah bekerja keras seperti saat sedang belajar (4). Dalam kondisi seperti ini, tingkat hidrasi sangat berpengaruh sehingga sangat disarankan untuk meminum air dalam jumlah yang cukup.

Kurangnya asupan air dapat mengakibatkan suplai oksigen dan nutrisi yang diperlukan otak juga berkurang. Akibatnya bisa mengganggu proses belajar. Level konsentrasi dan kecakapan untuk memahami materi pelajaran bisa menurun. Belajar pun akan terasa lebih sulit. 

Jadi, kalau ingin bisa belajar dengan maksimal, pastikan proses hidrasi berjalan baik.

MENGENDARAI KENDARAAN

Hidrasi juga sangat diperlukan saat sedang mengendarai kendaraan. Terlebih lagi ketika berkendara di cuaca panas. Kebutuhan air semakin tinggi.

Saat tengah berkendara di suhu yang panas, tubuh akan mengeluarkan keringat sehingga tubuh akan kehilangan air maupun elektrolit. Bukan berarti ancaman serupa tidak terjadi ketika berada di dalam kendaraan dengan AC yang dingin. Karena hal sama dapat terjadi ketika berkendara dalam jangka waktu lama (4).

Untuk itu, disarankan untuk minum air yang cukup ketika tengah berkendara. Ingat, ketika tubuh kekurangan cairan, kemampuan untuk berkonsentrasi dan tingkat kewaspadaan berkurang drastis. Padahal, dua hal itu sangat diperlukan demi keselamatan berkendara. 

Maka, pastikan hidrasi berjalan baik. Nanti perjalanan akan lebih aman dan kelelahan akibat berkendara juga bisa berkurang.

Baca Juga: Mengenal Gejala dan Pemeriksaan Dehidrasi

OLAHRAGA

Ketika tengah berolahraga, minumlah air yang cukup. Cairan yang masuk akan mengganti yang sudah hilang akibat berkeringat. Pergantian cairan tersebut dapat memastikan proses hidrasi berjalan baik.

Saat sedang berolahraga, tubuh mengeluarkan keringat sehingga saat itulah cairan tubuh berkurang. Jumlahnya memang tidak seberapa. Namun, hanya dengan kehilangan satu hingga tiga persen berat badan akibat dehidrasi, kemampuan tubuh sudah berkurang (4).

Begitu pula halnya dengan kehilangan 1 persen berat tubuh akibat proses dehidrasi. Suhu tubuh akan langsung meningkat. Bahkan, jika tubuh kehilangan lebih dari dua persen beratnya karena berolahraga, kemampuan mental juga ikut berkurang.

Oleh sebab itu, selalu siapkan air minum ketika tengah berolahraga agar performa terus terjaga.

BEKERJA DI KANTOR

Kata siapa hidrasi tidak penting ketika tengah bekerja di kantor? Meski berada di dalam ruangan dengan suhu yang dingin, bukan berarti cairan tubuh tidak bisa hilang. Dalam situasi seperti itu, tubuh tetap membuang cairan melalui kulit dan paru-paru (4).

Kalau tidak ada hidrasi yang baik, tubuh akan kekurangan cairan. Dehidrasi tetap rawan terjadi. Jika seperti itu, kemampuan bekerja pasti akan menurun. Ingat, air berperan penting dalam menjaga tubuh tetap berfungsi optimal. 

Ketika kekurangan air, kemampuan fisik dan mental otomatis menurun. Sakit kepala, kelelahan, hingga penurunan konsentrasi bisa dialami. Tentu siapa pun tidak akan dapat bekerja optimal dalam kondisi tersebut.

Itulah empat momen keseharian yang membutuhkan hidrasi lebih. Guna memastikan asupan cairan cukup, sediakan air minum berkualitas seperti AQUA. Berasal dari sumber air pegunungan terpilih, AQUA mendukung hidrasi tubuh agar bisa beraktivitas dengan optimal. 

Sumber air AQUA berasal dari 17 sumber air pegunungan terpilih yang membentang dari Sabang hingga Merauke. Secara alami, air akan tersaring oleh lapisan batuan vulkanis, sehingga dapat menghasilkan air pegunungan murni yang penuh dengan kebaikan alam (5). Tentu saja saat dikonsumsi juga akan memberikan kebaikan bagi tubuh karena mengandung mineral alami.

Yuk, penuhi kebutuhan hidrasimu dengan AQUA!

 

Referensi:

  1. Armstrong LE. Hydration assessment techniques. Nutr Rev. 2005;63:S40-54.
  2. Pivarnik JM, Palmer RA. Water and electrolyte balance during rest and exercise. 1994:245-62. In Nutrition in Exercise and Sport, I. Wolinsky and J.F.Hickson, Eds. Boca Raton, FL: CRC Press.
  3. https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/the-importance-of-staying-hydrated
  4. https://www.europeanhydrationinstitute.org/4_key_moments_in_hydration
  5. https://aqua.co.id/brand/aqua