Tips Ramadhan

5 Tips Sahur Agar Tidak Mudah Lemas Selama Puasa di Bulan Ramadan

By Tips Ramadhan | May 23, 2019 No Comments
tips sahur

Bulan suci Ramadhan telah tiba! Bagi seluruh umat Muslim, menjalankan ibadah puasa merupakan kewajiban yang perlu dipenuhi.

Dibandingkan dengan 11 bulan lainnya, tentu akan ada perubahan pola makan di bulan yang spesial ini. Jika selama ini terbiasa dengan sarapan pukul 6 pagi, makan siang di jam 12, dan makan malam setelah jam 6 sore, di bulan puasa Anda hanya makan sebanyak 2 kali, yaitu sebelum jam 5 pagi saat sahur dan sesudah jam 6 sore saat berbuka puasa. Bukan hanya makan, begitu pula dengan rutinitas minum.

Sekitar kurang-lebih 14 jam berpuasa, tentunya tubuh memerlukan energi agar tidak mudah lemas. Maka dari itu, sangat penting untuk mengatur dan memerhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh saat sahur[6].

Dilansir dari Bold Sky, Anda perlu mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan serat dan air agar ibadah puasa dapat berjalan dengan lancar[4].

Selain mengatur asupan gizi, ada 5 tips sahur yang juga perlu Anda lakukan. Apa saja? Yuk, baca terus artikel berikut ini agar tidak mudah lemas saat puasa!

1. Pilih karbohidrat kompleks

Apa itu karbohidrat kompleks? Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks merupakan makanan yang tidak mudah diurai, sehingga pelepasan energi terjadi secara perlahan-lahan. Alhasil, tubuh Anda akan merasa kenyang dalam periode lebih lama, dan Anda jadi tidak mudah lemas ketika berpuasa.

Anda bisa menemukan karbohidrat kompleks antara lain pada makanan berikut:  gandum utuh, kacang-kacangan, buah-buahan, polong-polongan, dan sayuran hijau.

Pastikan jenis makanan di atas ada pada menu sahur Anda, ya.

2. Perbanyak asupan air putih

Mengonsumsi air putih merupakan pilihan tepat dalam menjaga hidrasi tubuh selama berpuasa. Meski kebutuhan cairan tiap orang berbeda-beda, pada dasarnya–secara rata-rata–wanita dewasa disarankan mengonsumsi air putih sekitar 7 gelas berukuran 250 ml per hari atau total 1,8 liter. Sedangkan pria dewasa disarankan mengonsumsi air putih sekitar 8 gelas berukuran 250 ml atau total 2 liter setiap hari.

Demi memenuhi kebutuhan cairan tubuh selama berpuasa, Anda bisa menggunakan pola minum 2-4-2, yaitu konsumsi 2 gelas air putih pas berbuka puasa, 4 gelas air putih sebelum tidur, dan 2 gelas air putih saat sahur.

Hindari mengonsumsi minuman yang bersifat diuretik seperti kopi, teh, atau minuman bersoda karena dapat menyebabkan tubuh mengeluarkan cairan lebih cepat melalui urin, sehingga Anda akan lebih mudah haus.

Pastikan Anda pilih #MurninyaAQUA untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh selama berpuasa karena #HanyaAQUA yang lebih dari 45 Ramadan murni dikemas langsung dari sumbernya, sehingga kemurniannya terjaga hingga sampai ke tangan Anda.

3. Selipkan kurma ke menu sahur Anda

Tidak hanya dikonsumsi saat berbuka puasa, kurma juga bisa Anda konsumsi saat sahur, lho. Setidaknya, selipkan dua butir kurma pada menu sahur Anda untuk mendapatkan manfaat baik kurma yang berasal dari 3 jenis zat gula yang dikandungnya, yaitu:

  • Glukosa → Berfungsi menaikkan kadar gula dalam darah.
  • Fruktosa & sukrosa → Berfungsi menjaga kadar glukosa tetap stabil.

Baca Juga: Manfaat Berbuka Puasa dengan Kurma dan Air Putih

4. Lakukan kegiatan ringan setelah sahur

Setelah menyantap menu sahur, jangan langsung  masuk kamar dan tidur lagi, ya. Ada baiknya Anda melakukan kegiatan ringan terlebih dahulu, seperti mencuci piring, merapikan rumah, atau jogging kecil.

Mengapa? JIka Anda langsung tidur setelah makan, kemungkinan asam lambung naik dan meningkatnya risiko obesitas karena penimbunan lemak sangat mungkin terjadi. Selain itu, makanan yang Anda konsumsi saat sahur jadi tidak bisa langsung dicerna oleh lambung. Jadi, pastikan Anda melakukan kegiatan ringan terlebih dahulu.

5. Makan dengan porsi sewajarnya atau tidak berlebihan

Meski sedang menjalani ibadah puasa, bukan berarti Anda lantas mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak dengan alasan agar tidak mudah lapar. Porsi makan yang terlalu berlebihan saat sahur dapat membuat Anda mudah mengantuk dan lemas.

Pastikan porsi makan Anda tidak berlebihan, dan yang terpenting mengandung karbohidrat kompleks. Pastikan juga Anda mengonsumsi air putih yang cukup–tidak berlebihan juga–agar hidrasi tubuh Anda terjaga selama puasa.

Itulah 5 tips sahur agar tidak mudah lemas yang dapat Anda ikuti. Semoga bermanfaat!

 

Referensi

  1. https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/puasa-ramadhan/aturan-minum-yang-benar-saat-sahur-dan-buka-puasa/
  2. https://www.idntimes.com/health/fitness/dwi-kurniawati-lestari/lancarkan-hari-pertamamu-dengan-7-tips-sahur-ini-c1c2/full
  3. https://www.alodokter.com/susun-menu-sahur-dengan-ketentuan-berikut-agar-puasa-makin-mantap
  4. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20170602154350-262-218941/makanan-yang-dianjurkan-dan-dihindari-saat-sahur
  5. https://www.alodokter.com/diet-sehat-ala-bulan-puasa
  6. https://www.honestdocs.id/tips-menu-sahur-sehat-di-bulan-ramadhan