Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.

7 Makanan Rendah Kalori Kunci Tubuh Ideal

7 Makanan Rendah Kalori Kunci Tubuh Ideal

Bagi Anda yang sedang menjalankan program diet pastinya tidak lepas dengan pilihan menu makanan. Karena, menu makanan merupakan salah satu hal yang wajib diperhatikan. Makanan dengan kadar kalori yang rendah menjadi pilihan yang tepat.

Kalori itu sendiri adalah bahan bakar yang dibutuhkan oleh tubuh ketika beraktivitas. Asupan kalori di dalam tubuh lebih besar daripada jumlah seharusnya, maka kalori tersebut akan tersimpan dalam tubuh dalam bentuk lemak [1].

Untuk itu makanan rendah kalori sangat dianjurkan bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Sebab makanan dengan rendah kalori akan berguna untuk menyeimbangkan antara jumlah kalori yang masuk dan jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh. Namun anda tidak perlu takut kelaparan, karena pilihan makanan rendah lemak di bawah Ini selain memiliki rasa yang enak juga dapat memberikan rasa kenyang yang lama [2].

Nah, berikut ini adalah daftar 7 makanan enak rendah kalori yang wajib Anda coba:

1. Oat

Oat dapat menjadi salah satu makanan yang cocok untuk program diet sehat. Oatmeal seringkali dikonsumsi untuk sarapan pagi dalam keadaan hangat. Makanan rendah kalori nan sehat ini juga termasuk dalam daftar makanan yang mengenyangkan dan menempati peringkat ketiga pada indeks kekenyangan makanan (satiety index). Hal ini terutama karena kandungan seratnya yang tinggi dan kemampuannya untuk menyerap air [3].

2. Buah-buahan beri

Buah beri, seperti stroberi, blueberry, raspberry, dan blackberry memiliki kalori yang rendah sehingga baik untuk dikonsumsi ketika menurunkan berat badan.Tidak hanya rendah kalori, buah beri juga kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan yang baik untuk kesehatan. Selain itu, tingginya serat yang terkandung dalam buah beri mampu meningkatkan penurunan berat badan dan mengurangi rasa lapar [3].

3. Telur

Telur menjadi makanan lain yang dipandang 'kurang baik' pada sebagian orang yang menjalani diet. Padahal telur memiliki beberapa nutrisi penting dalam jumlah besar. Studi menunjukkan bahwa sarapan dengan telur dapat mengurangi rasa lapar dan meningkatkan rasa kenyang karena kaya akan protein yang terkandung di dalamnya. Sebaiknya, konsumsilah telur rebus agar menghindari minyak yang dapat meningkatkan kadar lemak jahat dibandingkan jika digoreng [3].

4. Popcorn

Jika Anda merasa lapar ditengah malam tetapi bingung cemilan apa yang aman di saat program penurunan berat badan berjalan, popcorn merupakan salah satu cemilan rendah kalori yang dapat mengenyangkan karena kandungan seratnya yang tinggi [3].
Namun, pastikan Anda tidak mengonsumsi popcorn yang menggunakan perasa buatan, atau mendapat tambahan garam dan gula yang berlebih karena dapat meningkatkan kandungan kalori.

5. Dada ayam

Daging tanpa lemak, seperti dada ayam, merupakan makanan yang rendah kalori, namun tinggi protein. Dada ayam tanpa kulit merupakan sumber protein, niasin, selenium, dan vitamin B-12 yang sangat baik.
Anda dapat menjaga kalorinya tetap rendah dengan memasaknya sebagai sup yang dicampur dengan sayur-mayur, seperti wortel atau brokoli [3].

6. Ikan Kod

Kalori yang terkandung dalam ikan kod lebih rendah daripada salmon, tuna, sarden, makarel, dan ikan lainnya. Saran selanjutnya adalah akan lebih baik jika anda mengonsumsi ikan yang direbus, dipepes, atau dibuat sup [3].

7. Sayuran

Rasanya aneh dan mustahil jika anda sampai tak memasukkan sayuran sebagai daftar menu makanan sehat. Terlebih jika ingin menurunkan berat badan, wajib rasanya memasukkan sayuran dan buahan ke dalam menu diet.
Anda bisa mengolahnya menjadi salad sayur untuk lebih mendapat cita rasa. Tapi perlu diingat anda lebih baik mengganti mayonnaise dengan minyak zaitun agar lebih menyehatkan [1].

Baca Juga: 

Kurangi asupan kalori anda jika ingin menurunkan berat badan. Tapi, jika kalori yang anda konsumsi terlalu sedikit, juga akan berdampak buruk. Kekurangan kalori bisa menimbulkan beberapa efek samping, seperti mudah lelah, rambut rontok, susah hamil, diare, mual, atau sembelit [4].

Mengonsumsi makanan rendah kalori dapat membantu anda untuk tetap merasa kenyang tanpa mengalami penimbunan lemak akibat asupan kalori yang melebihi kebutuhan tubuh tiap harinya.

Dari beberapa penjelasan tentang makanan rendah kalori yang dapat anda konsumsi, Jangan lupa juga untuk rajin mengonsumsi air mineral. Menurut dr. Batmanghelidj, ada setidaknya tiga alasan mengapa air mineral wajib dikonsumsi ketika anda sedang dalam program penurunan berat badan. Yang pertama, dengan mengkonsumsi air mineral dapat mengurangi kelaparan, kedua tak ada kalori pada air mineral, dan ketiga minum air dapat meningkatkan energi, energi ini dapat berguna untuk menurunkan berat badan pada tubuh kita [5].

Untuk itu pilihlah air minum berkualitas seperti AQUA, karena kesegarannya tetap terjaga, setiap tetes kemurniannya melalui lebih dari 400 cek kualitas, dan dikemas langsung dari sumbernya. Selain segar, beragam kandungan baik seperti magnesium, kalsium, zinc, silica, dan zat lainnya mampu menyehatkan organ tubuh. Mineral yang terkandung di dalam AQUA juga merupakan mineral yang terlindungi, karena AQUA melindungi ekosistem di sekitar sumber air dan sumber air itu sendiri [5].

Sedia selalu AQUA kapanpun Anda beraktivitas.

Source:

https://www.honestdocs.id/makanan-rendah-lemak-kalori
https://www.alodokter.com/menjaga-berat-badan-ideal-dengan-makanan-rendah-kalori
https://www.sehatq.com/artikel/16-makanan-rendah-kalori-dan-padat-nutrisi#berbagai-makanan-rendah-kalori-dan-juga-padat-nutrisi
https://www.alodokter.com/menjaga-berat-badan-ideal-dengan-makanan-rendah-kalori
https://www.sehataqua.co.id/ingin-punya-tubuh-langsing-minum-air-mineral-terbaik/