Sehat Aqua

Air Alkali, Benarkah Bermanfaat?

By Sehat Aqua | January 30, 2019 No Comments

Air alkali merupakan salah satu produk air minum kemasan yang ‘lalu-lalang’ di pasaran belakangan ini.

Pernahkah Anda mencoba air alkali? Beberapa tahun belakangan, air alkali banyak dibicarakan karena efek positifnya bagi tubuh. Bahkan ada yang menyebut bahwa air ini mampu menyembuhkan kanker. Tak ketinggalan, para selebritas seperti Miranda Kerr dan Mark Wahlberg juga meminumnya agar tetap terhidrasi dan sehat.

Meski sering mendengarnya, bisa jadi tak sedikit dari Anda yang belum benar-benar mengenal jenis air yang satu ini. Air alkali adalah air yang mengandung beberapa material alkali seperti kalsium, silika, bikarbonat, dan magnesium. Air alkali memiliki sifat basa, yaitu memiliki kandungan pH di atas 7. Sebagai perbandingan, air minum biasa memiliki pH netral mendekati angka 7.

Air alkali dianggap menguntungkan bagi kesehatan, karena dapat membantu menyeimbangkan kadar pH di dalam tubuh. Hal tersebut mengacu pada asumsi bahwa air minum yang sudah dipurifikasi akan lebih bersifat asam (pH dibawah 7). Sehingga, dengan meminum air alkali, tubuh Anda akan lebih mudah menyeimbangkan kadar pH-nya.

Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dari konsep diatas. Pertama, sistem organ di dalam tubuh memiliki rentang pH yang beragam. Selain itu, secara alami tubuh dapat menyesuaikan kisaran pH yang sesuai untuk setiap organ.Selanjutnya, jika pH tubuh ternyata tidak seimbang, sebaiknya penyebabnya dicari tahu. Dengan demikian, diharapkan keadaan tersebut tidak berulang.

Kesimpulannya, air alkali mungkin saja berguna untuk beberapa orang dengan kondisi khusus. Akan tetapi, hingga saat ini belum ada bukti ilmiah yang menunjukkan manfaat air alkali.Karena sebenarnya, tanpa air alkali pun, tubuh Anda sudah cukup ‘pintar’ dalam menjalankan fungsinya sehingga dapat mengatur rentang pH sesuai dengan yang dibutuhkan.

[RS/RH]

Sumber :
http://www.huffingtonpost.com/john-berardi-phd/alkaline-water_b_7762588.html