Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.

Aktivitas Boleh Padat, Tapi Tetap Jaga Kekebalan Tubuh Selama Pandemi

Kebaikan AirHidup Sehat | 14 Juli 2021
Aktivitas Boleh Padat, Tapi Tetap Jaga Kekebalan Tubuh Selama Pandemi

Dalam menghadapi gaya hidup di masa pandemi, daya tahan tubuh menjadi salah satu hal yang sangat diperhatikan guna menjauhi segala macam penyakit. Sistem imunitas tubuh memiliki peran yang sangat penting agar tubuh tetap sehat dan mampu menunjang berbagai aktivitas.

Daya tahan tubuh yang baik akan melindungi diri dari penyebab penyakit ke dalam tubuh. Kesehatan kian penting dan menjadi prioritas, salah satunya menjaga tubuh dari berbagai bakteri maupun virus.

Oleh karena itu, tubuh yang sehat merupakan kunci utama di masa pandemi  ini, ketika pandemi covid-19 sedang marak terjadi. “Jaga kesehatan” merupakan pesan yang paling sering dilontarkan di masa-masa seperti ini.

Untuk itu, penting untuk mengetahui tentang sistem imunitas tubuh, hal-hal yang memengaruhi imunitas tubuh, dan gaya hidup yang mendukung imunitas tubuh.

Pengertian Sistem Imunitas Tubuh

Sistem imunitas tubuh merupakan cara alami pertahanan tubuh dalam menjauhi segala macam infeksi. Sistem imunitas juga menyerang berbagai macam bakteri dan menjaga tubuh tetap sehat.

Banyak sel dan organ yang bekerja sama untuk menjaga tubuh tetap sehat. Sel darah putih yang bernama Leukosit juga memiliki peran penting dalam menjaga sistem imunitas tubuh tetap sehat.

Ada Neutrophil yang melawan bakteri serta menyalakan respon untuk melawan bakteri yang menyerang tubuh.

Penyebab Menurunnya Kekebalan Tubuh

Tubuh yang sehat bisa menjadi lemah karena gaya hidup yang tidak baik untuk peningkatan sistem imunitas.

Ada beberapa penyebab mengapa tubuh mengalami sistem imunitas yang rendah, antara lain:

  • Stress Berat
    Tubuh yang stres tidak terkendali akan meningkatkan produksi hormon kortisol. Peningkatan hormon ini mengakibatkan penurunan fungsi kekebalan tubuh secara signifikan.

    Secara berkelanjutan, stres mampu membuat fungsi tubuh menurun, bahkan memberikan sugesti buruk.

  • Kurang Istirahat
    Ada kebiasaan buruk lain yang membuat sistem imunitas tubuh menurun. Kurang tidur, pentingnya mencukupi kebutuhan dengan istirahat baik di segala usia. Sebaiknya, orang dewasa memiliki waktu tidur selama 7-8 jam.

    Berbeda juga dengan remaja, dianjurkan untuk tidur dalam kisaran waktu 9-10 jam. Penting agar tubuh dapat merespon baik dan menjaga fokus, apalagi tidur memberikan waktu untuk organ agar beristirahat.

  • Jarang Berolahraga
    Malas berolahraga? Sebaiknya hindari kebiasaan satu ini karena tubuh yang jarang bergerak rentan terkena penyakit. Dianjurkan untuk rutin berolahraga setiap hari selama 30 menit.

    Olahraga yang rutin juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi virus maupun bakteri. Banyak olahraga yang terbukti ampuh tanpa harus mengeluarkan biaya, seperti jogging atau berjalan kaki.

    Aktivitas satu ini juga bisa dilakukan di dalam rumah, tentunya dengan melakukan olahraga aktivitas fisik seperti Push Up, Yoga, atau kegiatan pemanasan yang rutin.

Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Untuk menjaga gaya hidup yang baik dan memelihara kekebalan tubuh di masa pandemi, sebaiknya lakukan olahraga rutin selama 30 menit di setiap hari.

Tidak harus melakukan olahraga yang menguras tenaga atau uang, cukup lakukan gerakan yang mampu menjaga tubuh tetap sehat seperti Push Up, Sit Up, Pull Up, bahkan jalan dan/atau lari setiap hari.

Konsumsi buah dan sayuran juga tidak kalah penting, serta menjauhi konsumsi minyak serta makanan tinggi gula. Serta tidak kalah penting untuk mengonsumsi air putih secara rutin.

Air putih juga memiliki peran penting dalam meningkatkan kesehatan tubuh. Dengan jenis air mineral yang bermanfaat, ada banyak zat yang bisa diserap oleh tubuh seperti kandungan Magnesium, Kalsium, dan Kalium.

Tidak kalah penting, asupan vitamin yang rutin akan membuat tubuh lebih bertenaga. Bisa dari buah-buahan, susu, dan sayur, atau mungkin suplemen tambahan sesuai anjuran dokter.

Untuk lebih jelasnya ini dia bentuk penerapan gaya hidup sehat yang bisa dilakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh adalah:

1. Perbanyak makan sayur dan buah

Sudah bukan rahasia lagi sayur dan buah kaya akan manfaat. Memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral, yang dapat membantu meningkatkan imunitas dan organ-organ tubuh berfungsi dengan baik. Cobalah untuk memilih buah dan sayur yang berwarna cerah karena hal tersebut menandakan tingginya kandungan antioksidan di dalamnya. [5]

2. Rajin berolahraga

Berolahraga dipercaya dapat merangsang kerja antibodi dan sel-sel darah putih, yaitu sel kekebalan tubuh yang berfungsi melawan berbagai kuman penyebab penyakit. Sehingga sel darah putih dapat bersirkulasi lebih lancar sehingga lebih cepat mendeteksi keberadaan penyakit. [6

3. Tidur yang cukup dan berkualitas

Tahukah Anda? Bahwa ketika kita tidur dengan nyenyak atau berkualitas, sistem imun tubuh mengeluarkan zat yang bernama sitokin, yang dapat meningkatkan kualitas tidur serta diperlukan ketika terjadi infeksi atau peradangan. Untuk itu penting bagi kita untuk tidur minimal 7 jam setiap malam agar imunitas tubuh kita terus meningkat [6].

4. Hindari rokok

Adanya ribuan zat beracun dalam rokok membuat daya tahan tubuh menurun, Perokok berisiko tinggi mengalami infeksi paru seperti bronkitis dan pneumonia [6].

5. Minum suplemen vitamin C

Menurut ulasan yang diterbitkan di jurnal Nutrients, kekurangan vitamin C dapat menurunkan imunitas tubuh hingga rentan terkena infeksi penyakit. Anda bisa memilih buah-buahan seperti jeruk, jambu, kiwi dan buah beri yang kaya akan vitamin C. Selain itu, Anda dapat menambah asupan vitamin C dengan mengonsumsi suplemen vitamin C [5].

6. Mengonsumsi makanan bernutrisi

Makanan dengan kandungan nutrisi yang seimbang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Seperti, sayur, buah, daging tanpa lemak, kacang-kacangan, dan biji-bijian dengan jumlah yang cukup [7].

7. Menjaga kebersihan diri

Penyakit akan menyerang siapa saja yang tidak menjaga kebersihannya. Mulailah dengan hal kecil seperti membiasakan diri mencuci tangan sebelum dan setelah makan, setelah batuk dan bersin, membuang sampah, dan menggunakan kamar mandi [7].

Gaya Hidup Sehat di Masa Pandemi

Mengusung gaya hidup sehat di masa pandemi memang sangat penting. Apalagi di tengah padatnya aktivitas dan proses pertemuan banyak orang dalam kerumunan yang sangat berbahaya.

Selama masa pandemi, hendaknya kita juga harus memperhatikan protokol kesehatan. Ada beberapa cara sesuai anjuran Kementerian Kesehatan dan Gugus Tugas Covid-19, yaitu menggunakan masker dan face shield bila perlu, membawa hand sanitizer atau disinfektan, selalu mandi setelah pergi beraktivitas dan jauhi kontak fisik.

Hindari menyentuh muka ketika tangan menyentuh lokasi yang rawan kontak penyebaran seperti gagang pintu.

Budaya lain yang bisa diterapkan adalah membawa makan dan minuman sendiri selama beraktivitas di masa pandemi ini, sehingga kemungkinan terpapar semakin sedikit.

Tidak lupa menjauhi kerumunan dan menjaga jarak 1,5 sampai 2 meter dengan orang terdekat atau rekan kerja.

Langkah membawa tempat minum sendiri juga penting, apalagi tubuh akan mengalami dehidrasi bila tidak mengonsumsi air putih secara rutin. Kebutuhan tubuh akan menjadi hal yang penting, apalagi di padatnya jadwal pekerjaan.

AQUA memelihara kemurnian di setiap tetesnya dengan kandungan mineral berkualitas yang baik bagi tubuh.

Dilakukan setidaknya penelitian dengan 9 kriteria, 5 tahapan, dan 1 tahun penelitian untuk menjaga air mineral yang aman untuk dikonsumsi hingga ke tangan konsumen.

Mulai berlangganan AQUA Galon, tuang ke tempat minum dan kegiatan pekerjaan selama masa pandemi kali ini tetap bisa berlangsung selama mematuhi protokol kesehatan pandemi Covid-19.

Bersama AQUA, tubuh tetap sehat dan imunitas terjaga. Jadi, sudah minum AQUA belum hari ini?

 

 

Referensi:

1. https://www.alodokter.com/berbagai-cara-meningkatkan-imunitas-tubuh-agar-tidak-mudah-sakit
2. https://kidshealth.org/en/parents/immune.html
3. https://symptoms.webmd.com/cold-flu-map/keep-immune-system-healthy
4. https://www.sehataqua.co.id/samakah-kandungan-air-mineral-dan-air-rebusan/
5. https://www.halodoc.com/artikel/5-langkah-meningkatkan-imunitas-tubuh
6. https://www.lifebuoy.co.id/semua-artikel/berita-kesehatan/10-cara-ini-ternyata-ampuh-meningkatkan-daya-tahan-tubuh.html
7. https://www.alodokter.com/agar-tak-mudah-sakit-ini-cara-meningkatkan-imunitas-tubuh-di-musim-hujan-dan-banjir