FAQ – Aqua 100% Recycled

  1. Kenapa cuma tersedia di Bali dan Jakarta? Kenapa jumlahnya terbatas?
    • Saat ini kita baru memasarkan produk ini di Bali pada awal 2019 dan dijadwalkan di Jakarta pada 2019. Tetapi tidak menutup kemungkinan untuk kita memasarkan produk ini di lokasi lain di Indonesia. Karenanya, kami berharap respon konsumen positif dengan inovasi terbaru kami ini.
  2. Apa ini sampah botol plastik bekas yang dipakai berulang kali?
    • Bukan. Botol ini terbuat dari botol plastik bekas AQUA dan merek lain yang telah dipilah, dibersihkan, dicacah untuk kemudian diproses dengan menggunakan teknologi tinggi menjadi material pellet / daur ulang PET. Materi inilah yang menjadi bahan baku dengan nama AQUA 100% Recycled.
    • Produk ini memiliki kualitas yang sama dengan produk yang memakai materi virgin karena memiliki standar keamanan yang tinggi dan memenuhi semua standar yang telah ditetapkan oleh pemerintah.
  3. Bagaimana proses pembuatan botol AQUA 100% Recycled?
    • Botol plastik bekas pakai berbagai merek dikumpulkan oleh pemulung, bank sampah atau drop box dan dikirimkan ke recycle business unit (RBU) yang bekerja sama dengan AQUA. Pertama-tama, botol yang layak untuk didaur ulang akan dipisahkan dan atribut yang tidak terbuat dari PET seperti tutup botol dan label dilepaskan. Setelah itu, botol PET akan dimasukkan ke dalam mesin pencacah untuk menjadi potongan plastik kecil. Potongan tersebut akan dibersihkan dengan air dan dikeringkan. Dari RBU, potongan plastik akan dibawa ke pabrik daur ulang plastik mitra AQUA untuk dibentuk kembali menjadi resin rPET (Recycle PET) yang menjadi bahan baku botol yang disebut dengan preform. Preform kemudian dibawa ke pabrik AQUA dan diproses menjadi botol baru.
  4. Botol ini kan masih dibuat dari plastik. Bagaimana maksudnya daur ulang plastik menjadi botol baru bisa mengatasi masalah sampah plastik?
    • Permasalahan terkait dengan sampah plastik sangat kompleks dan tidak bisa diselesaikan hanya dengan satu solusi. Solusi yang dapat kita terapkan sehari-hari adalah implementasi dari konsep 3R yaitu Reduce Reuse Recycle.
    • Apa yang dilakukan oleh AQUA adalah Recycle dengan Meningkatkan pemakaian material daur ulang sehingga tidak terbuang ke lingkungan. Menciptakan produk baru menggunakan bahan daur ulang bisa menjadi salah satu alternatif menjawab permasalahan ini karena mengurangi sampah di lingkungan dan mendukung aktivitas perekonomian.
    • Saat ini, semua botol Danone-AQUA sudah bisa didaur ulang 100% dan sudah mengandung sampai 25% recycled PET (rPET). Tentunya Danone-AQUA tidak bisa sendirian, perlu partisipasi semua pihak untuk mengatasi masalah sampah plastik ini.
  5. Kenapa recycled PET (rPET) yang dipilih?
    • PET adalah material yang dapat menjadi kemasan untuk menjaga keamanan dan kualitas produk sampai ke tangan konsumen. PET menghasilkan jejak karbon CO2 yg lebih rendah dibanding botol kaca atau kertas
    • Dengan kita memakai bahan daur ulang, kita dapat menjaga kualitas dan keamanan produk sampai ke tangan konsumen sekaligus menjaga lingkungan. Saat ini, teknologi sudah memungkinkan untuk mendaur ulang plastik dengan kualitas dan keamanan yang tertinggi
    • Penggunaan rPET memiliki tiga keuntungan bagi lingkungan:- Menggunakan recycled PET, kita bisa menghemat emisi karbon hingga 75% dibandingkan menggunakan PET baru (virgin PET)- Daur ulang PET mengurangi ketergantungan pada bahan baku fosil- Meningkatkan produksi dan penggunaan rPET akan membantu mendorong ekonomi sirkular, dimana bahan plastik akan berada pada lingkup industri dan tidak mencemari lingkungan sekaligus memberikan penghasilan kepada pelaku industri daur ulang
  6. Apakah bahan rPET ini aman/higienis untuk digunakan sebagai bungkus makanan dan minuman?
    • Keamanan pangan dan kualitas tertinggi merupakan prioritas utama dari AQUA
    • Botol AQUA 100% recycled diproduksi dengan menggunakan teknologi tinggi dan telah memenuhi standar yang ditetapkan oleh BPOM, Halal, SNI dan FSSC 22000.
    • Kami menjamin dan memastikan kemasan botol yang diproduksi menggunakan kemasan daur ulang sama seperti botol dengan menggunakan virgin PET
  7. Apakah ada bahan kimia berbahaya yang dipakai pada proses daur ulang?
    • Keamanan pangan dan kualitas tertinggi merupakan prioritas utama dari AQUA
    • Botol AQUA 100% recycled diproduksi dengan menggunakan teknologi tinggi dan telah memenuhi standar yang ditetapkan oleh BPOM, Halal, SNI dan FSSC 22000.
  8. Apa ini berarti semua botol yang ada akan diganti menjadi seperti ini?
    • AQUA berkomitmen untuk menjadi perusahaan dengan produk yang 100% sirkular. Pada 2025 kami berkomitmen untuk menggunakan 100% bahan daur ulang, bahan yang dipakai ulang dan atau bahan kemasan yang terurai dalam tanah.
    • Saat ini kemasan botol AQUA sudah mengandung bahan daur ulang sampai dengan 25% dan kita akan meningkatkan menjadi rata-rata 50% pada 2025
  9. Apakah seluruh jenis botol AQUA akan menjadi botol AQUA 100% recycled?
    • Kami berkomitmen untuk mengambil langkah besar dalam sirkularitas plastik yang kami gunakan dengan meluncurkan Gerakan #BijakBerplastik. Dalam Gerakan ini, kami menerapkan target untuk membuat seluruh produk menggunakan kemasan 100% dapat didaur ulang dan 50% dari bahan daur ulang, digunakan kembali, dan dapat terurai pada 2025.
  10. Mengapa menggunakan rPET dan bukan material bio-based seperti singkong dan rumput laut?
    • Kita terbuka terhadap inovasi untuk alternatif kemasan botol plastik yang ramah lingkungan. Saat ini, teknologi bio-based masih di skala pilot dan belum bisa memenuhi spesifikasi yang diperlukan untuk kemasan botol AQUA yang harus diproduksi secara masal. Kemasan bio based tidak mendorong terbentuknya ekonomi sirkular dan kita harus pertimbangkan dampak terhadap pasokan bahan makanan manusia.
    • Akan tetapi perkembangan risetnya akan terus dimonitor untuk menemukan material yang bisa lolos uji kualitas dan keamanan Danone yang tinggi.
  11. Kenapa botolnya terasa lebih lembek?
    • Setiap botol plastik memiliki standar minimum bobot plastik untuk mendapatkan bentuk desain botol yang diinginkan dan mempertahankan bentuknya. Sejalan dengan semangat #bijakberplastik kita berusaha mempergunakan plastik seoptimal mungkin untuk kemasan kita dengan tidak mengurangi standar kualitas dan kenyamanan pada waktu mengkonsumsi.
  12. Plastik, termasuk kemasan plastik sekali pakai banyak disalahkan karena mencemari alam. Dibutuhkan upaya bersama untuk mengatasi tantangan ini. Apa yang dilakukan Danone AQUA untuk berkontribusi pada isu ini?
    • AQUA berkomitmen untuk menjadi Perusahaan yang bertanggung jawab dengan menjalankan operasi bisnis yang berkelanjutan.
    • Untuk mengelola produk akhirnya, pada tahun 1993, AQUA telah menjadi pionir dalam industri daur ulang dengan meluncurkan program “AQUA Peduli” . Selain itu, Danone-AQUA juga telah berhasil mengumpulkan 12,000 ton/tahun sampah plastik untuk didaur ulang melalui 6 Recycling Business Unit (RBU). Kami menguatkan komitmen kami kembali dengan meluncurkan Gerakan #BijakBerplastik yang terdiri dari tiga pilar yaitu (1) Peningkatan Infrastruktur Pengumpulan Sampah Plastik (2) Edukasi Konsumen dan (3) Inovasi. Dalam pilar Inovasi, Danone-AQUA menciptakan produk 100% Recycled
    • Kami memahami bahwa apa yang kami lakukan sejak 1993 ini tidaklah cukup. KArenanya, kami akan terus mengembangkan berbagai inisiatif berkolaborasi dengan banyak pihak dalam Gerakan #BijakBerplastik dengan meningkatkan penggunaan 50% materi daur ulang dan 100% produk kami dapat didaur ulang, digunakan kembali dan terurai
  13. Anda berbicara tentang daur ulang dan sirkularitas. Apakah Anda menggunakan PET daur ulang dalam kemasan Anda?
    • Botol PET kami saat ini sudah mengandung bahan sampai dengan 25% PET daur ulang.
    • Inisiatif terbaru kami adalah memperkenalkan produk yang menggunakan kemasan yang terbuat dari 100% PET daur ulang. Ini adalah penggunaan botol 100% PET daur ulang pertama dalam produk konsumen di Indonesia. Kami bangga dengan inovasi ini karena hal ini membuktikan bahwa sirkularitas mungkin terjadi
  14. Karena berasal dari plastik daur ulang, lama kelamaan plastiknya pasti akan mengalami penurunan kualitas, bagaimana tanggapannya?
    • Kualitas dan keamanan pangan menjadi prioritas utama kami, untuk itu kami menggunakan teknologi tinggi untuk memastikan tidak ada penurunan kualitas atas plastik daur ulang yang digunakan, meskipun botol kemasan tersebut diproduksi berulang kali. Kami menerapkan standar kualitas tertinggi untuk menjamin bahwa botol daur ulang ini mempunyai standar kualitas sama seperti botol dengan bahan baku virgin.
  15. Apakah hubungan campaign bijak berplastik dengan peluncuran botol 100% recycled?
    • Bijak Berplastik merupakan komitmen perusahaan untuk menyelesaikan permasalahan sampah di Indonesia dan peluncuran produk 100% Recycled merupakan proof point kami dalam mewujudkan Indonesia bebas plastik.
  16. Apakah botol AQUA LIFE bisa digunakan kembali setelah selesai konsumsi (refillable: diisi air kembali) ?
    • Danone AQUA selalu berkomitmen untuk memberikan produk dan pelayanan dengan kualitas terbaik. Kami memastikan agar produk kami aman mulai dari sumber hingga proses produksinya termasuk kemasan yang digunakan. Produk AQUA memiliki standar keamanan pangan yang tinggi dan kami selalu melakukan pengawasan secara berkala baik secara internal, maupun yang memenuhi persyaratan Pemerintah, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), dan SNI. Untuk menjaga kualitas produk yang terbaik tersebut hingga ke tangan konsumen kami memberikan anjuran untuk tidak mengisi ulang kembali kemasan AQUA untuk memastikan konsumen selalu mendapatkan air yang bersih dan higienis.