Aturan Ideal Minum Air Putih Yang Baik Untuk Kesehatan

Kebaikan AirHidup Sehat | 26 Maret 2021
Aturan Ideal Minum Air Putih Yang Baik Untuk Kesehatan

Selain itu, ada aspek penting lainnya yang patut kamu perhatikan seperti yang akan kita bahas dibaPadatnya aktivitas terkadang membuat kita lupa terhadap kondisi tubuh kita sendiri, mulai dari menjaga pola makan, menyempatkan berolahraga, serta menjaga jam tidur sudah cukup sulit untuk diprioritaskan.wah ini.

Seperti yang kita tahu bahwa 50% - 60% tubuh manusia dewasa terdiri dari air sesuai dengan berat tubuhnya. Maka, menjaga asupan air minum berkualitas sangat penting agar organ tubuh dapat bekerja secara optimal.

Akan tetapi, berapapun jumlah air yang harus diminum, pada intinya adalah kita harus dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Dampak yang akan terjadi apabila kita kekurangan air adalah mengalami dehidrasi. Waktu yang tepat untuk minum air putih juga membantu memaksimalkan sistem dan fungsi organ pada tubuh kita.

Berikut ini 8 waktu yang tepat untuk minum air putih: 

Pagi hari

Untuk memulai hari Anda dengan semangat, segelas air putih merupakan cara terbaik untuk mewujudkannya. Hal ini akan membantu Anda membuang semua racun didalam tubuh, membersihkan saluran kandung kemih Anda dan memaksimalkan kinerja seluruh organ didalam tubuh. Untuk memudahkan dan membiasakan diri memulai air dengan minum air putih, sediakan AQUA botol di samping tempat tidur Anda, sehingga ketika bangun Anda bisa langsung minum air putih.

Tips yang dapat Anda coba lainnya adalah minumlah segelas air putih hangat dengan campuran madu dan lemon. Konsumsi minuman tersebut setengah jam sebelum Anda memulai sarapan.

Sebelum makan

Minum segelas air 30 menit sebelum Anda makan dipercaya dapat melancarkan jalur pencernaan Anda dan juga dapat menurunkan berat badan.
Anda dapat dikatakan telah mengkonsumsi cukup air hanya dengan melakukan hal tersebut tiga kali setiap hari yaitu, saat sarapan, makan siang dan makan malam.

Sebelum mandi

Beberapa studi menunjukkan dengan meminum segelas air sebelum mandi akan membantu menurunkan tekanan darah dan mengatur suhu pada tubuh Anda.

Sebelum tidur

Mengonsumsi air putih sejam sebelum Anda pergi tidur akan membantu tubuh mengisi kembali segala jenis cairan yang hilang selama tidur. Akan tetapi apabila Anda memiliki masalah pada batu ginjal atau hati, lewatkan kegiatan tersebut karena ini akan memberikan tekanan lebih pada organ tersebut.

Ketika hamil

Ibu hamil dan menyusui membutuhkan lebih banyak air putih dibandingkan dengan orang normal lainnya. 10 gelas air putih sangat dianjurkan untuk mereka.

Sebelum dan sesudah olahraga

Air dapat menghilangkan rasa lelah setelah Anda berolahraga dan juga membantu mengedarkan nutrisi ke seluruh tubuh. Air putih juga dapat mengatur tingkat cairan pada tubuh serta detak jantung Anda.

Ketika sakit

Anda dianjurkan untuk mengonsumsi banyak air ketika sedang jatuh sakit atau berada di sekitar orang yang sedang sakit. Hal tersebut akan membantu membuang kuman, virus serta bakteri yang mungkin akan menjangkit Anda.

Setelah mengetahui waktu yang tepat untuk minum air putih, kini Anda hanya perlu konsisten menerapkannya. Dengan begitu semua manfaat pada air putih akan Anda dapatkan dan rasakan. Jangan lupa untuk memilih air yang sudah terpercaya sumber dan kualitasnya, agar Anda tidak mendapatkan penyakit dari air minum yang tercemar.

Untuk hal ini, pilihan paling tepat adalah mengonsumsi air mineral AQUA yang sudah lebih dari 48 tahun berperan sebagai pelopor air minum di Indonesia. AQUA melakukan tiga perlindungan dari mulai pemilihan sumber air hingga proses pengemasan. tiga perlindungan tersebut yakni melindungi ekosistem di sekitar sumber air, melindungi mineral alami yang terkandung di dalam air, serta melindungi proses pengemasan. Tiga perlindungan yang dilakukan AQUA memastikan kualitas air mineralnya dan sampai ke tangan konsumen dengan aman dan terjaga.

Dengan segala kualitas tersebut, AQUA dapat menjadi partner Anda dalam menjaga kesehatan ginjal. Yuk, rutin minum kemurnian AQUA mulai dari sekarang!.

Sumber:
https://hellosehat.com/nutrisi/tips-makan-sehat/7-waktu-yang-tepat-untuk-minum-air-putih/#gref
https://www.medclique.org/nutrition-foods/drink-water-body-function-properly/
https://www.sehataqua.co.id/manfaat-air-putih-untuk-ginjal-dan-tubuh-yang-sehat/
Air Untuk Kesehatan, Santoso B., Hardinsyah, Siregar P, Pardede S. 2017

Pesan sekarang