Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.

Berapa Liter Air yang Harus Diminum Agar Tidak Kekurangan Cairan?

Kebaikan AirHidup Sehat | 02 September 2021
Berapa Liter Air yang Harus Diminum Agar Tidak Kekurangan Cairan?

Lebih dari 50% tubuh manusia terdiri dari air. Itu mengapa kekurangan cairan dapat berdampak buruk bagi tubuh, sehingga tubuh harus terus terhidrasi agar asupan air tercukupi. Air bermanfaat untuk melancarkan aliran darah yang membawa nutrisi ke sel tubuh. Air diperlukan untuk membuang racun yang dihasilkan organ vital tubuh. Keberadaannya juga dibutuhkan untuk melindungi jaringan tubuh yang sensitif serta melembabkan telinga, hidung, dan tenggorokan [1].

Jika tubuh kekurangan air, maka sel-sel dalam tubuh akan menjadi kurang efektif dalam menjalankan fungsinya. Anda juga bisa mengalami dehidrasi. Hal inilah yang menyebabkan Anda sering merasa lelah.  Ciri-ciri dari tubuh yang mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh adalah sering merasa haus, warna urine menjadi lebih pekat, mulut kering, sakit kepala atau pusing dan juga sembelit [2].

Jaga kebutuhan air perhari untuk jaga kesehatan tubuh Anda. Namun, perlu Anda pahami bahwa kebutuhan cairan tiap orang berbeda-beda. Pada orang dewasa, konsumsi air putih yang disarankan yaitu sekitar dua liter setiap harinya. Namun, kebutuhan hidrasi ini tentu bisa dipengaruhi beberapa faktor. [3]

Menurut Kementrian Kesehatan RI kebutuhan air dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti:

  • Usia, jenis kelamin dan berat badan
  • Suhu, kelembaban lingkungan dan jenis aktivitas
  • Kesehatan dan kondisi tubuh
  • Masa-masa penting, seperti hamil dan menyusui:
    - Ibu hamil membutuhkan tambahan 3 gelas air setiap harinya
    - Untuk ibu menyusui membutuhkan tambahan 4 gelas air pada semester
    pertama, dan 3 gelas air pada semester kedua [4]


Untuk mempermudah dalam memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Anda bisa mencoba menerapkan jadwal minum air putih sebagai berikut:

1. Minum air putih setelah bangun tidur

Minum air putih setelah bangun tidur dapat membantu mengisi ulang kembali cairan yang hilang ketika Anda terlelap selama 7-8 jam. Selain itu, minum air putih setelah bangun tidur dapat membantu proses metabolisme tubuh serta membuang racun dari dalam tubuh [5].

2. Minum air putih sebelum makan

Selanjutnya cobalah untuk minum air putih sekitar 30 menit sebelum makan dapat membantu melancarkan proses pencernaan. Namun, jumlahnya juga perlu diperhatikan. Berapa gelas minum air putih sehari yang dianjurkan sebelum makan? Anda cukup minum air putih 1 gelas [5].

3. Minum air putih sebelum dan sesudah berolahraga

Kegiatan yang satu ini sering membuat tubuh kekurangan cairan. Sebab ketika berolahraga, banyak cairan di dalam tubuh yang dikeluarkan melalui keringat.Maka dari itu, anjuran minum air putih untuk mencegah dehidrasi dan meningkatkan kekuatan otot tubuh adalah Anda disarankan minum air putih sebelum dan sesudah berolahraga [5].

4. Minum air putih ketika sakit

Selain itu jadwal minum air putih ketika sakit juga tidak boleh sampai dilupakan. Ternyata, air putih dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan menyeimbangkan kadar cairan dalam tubuh yang diperlukan ketika sakit [5].

Itulah rekomendasi jadwal minum air putih yang bisa Anda terapkan sehari-hari. Agar Anda bisa merasakan manfaat dari kandungan air putih, memperhatikan kualitas air minum sangat disarankan. Untuk itu pilihlah AQUA yang sudah lebih dari 48 tahun berperan sebagai pelopor air minum di Indonesia. AQUA secara aktif melindungi sumber air pegunungan untuk keseimbangan mineral terkandung yang terjaga dengan baik, sehingga dapat memenuhi kebutuhan air berkualitas untuk tubuh yang terlindungi setiap hari.

Dengan segala kualitas tersebut, AQUA dapat menjadi partner Anda dalam menjaga kesehatan ginjal. Yuk, rutin minum kemurnian AQUA mulai dari sekarang!

 

Sumber:

https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/minum-air-putih-sehari-berapa-liter/

https://www.alodokter.com/dehidrasi/gejala

http://www.p2ptm.kemkes.go.id/infograpihc-p2ptm/hipertensi-penyakit-jantung-dan-pembuluh-darah/page/14/berapa-takaran-normal-air-agar-tidak-kekurangan-cairan-dalam-tubuh

Santoso BI, Hardinsyah, Siregar P, Pardede SO, 2017. Air Bagi Kesehatan. Jakarta: Centra Communications.

https://www.sehatq.com/artikel/seperti-apa-aturan-minum-air-putih-yang-benar