Hidup Sehat

Berbagai Manfaat Sarapan Pagi Dan Konsumsi Air Minum Terbaik untuk Kesehatan

By Hidup Sehat | April 3, 2020 No Comments
hari ginjal sedunia

Breakfast like a king! Perumpamaan ini dapat menggambarkan betapa pentingnya sarapan harus dilakukan jika dibandingkan dengan waktu makan lainnya. Orangtua kita pun sepertinya telah membiasakan untuk memulai hari dengan sarapan pagi. Sayangnya, seiring berjalannya waktu dan melalui proses pendewasaan, tak jarang orang yang mulai meninggalkan kebiasaan ini

Padahal sarapan pagi dianjurkan untuk menjadi kegiatan rutin setiap paginya bagi seluruh orang. Pentingnya sarapan di pagi hari bukan hanya untuk anak-anak, tapi juga untuk semua orang di usia dewasa. Sarapan pagi dengan padatnya nutrisi juga harus diimbangi dengan konsumsi air minum terbaik yang mampu menjagamu dari dehidrasi sepanjang hari.

Sarapan pagi yang lengkap menjadi hal penting karena memberikan berbagai manfaat untuk tubuh. Apa saja manfaat sarapan pagi? Simak artikel berikut untuk mengetahui lebih lanjut!

  • Sebagai sumber energi

Melalui sebuah penelitian yang dilakukan oleh International Journal of Gastronomy and Food Science, mengonsumsi makanan bergizi di pagi hari dapat memberikan energi lebih untuk menjalani berbagai aktivitas dalam sehari penuh. Ini disebabkan sarapan pagi dengan menu bergizi (mengandung karbohidrat dan protein seperti nasi, susu, atau telur), dapat membuat tubuh Anda terasa lebih fit untuk menjalani aktivitas serta melindungi Anda dari rasa lemas.

Sebagai tambahan, Anda juga bisa menambahkan menu sayuran dan buah untuk memberikan manfaat yang lebih optimal.

  • Menurunkan berat badan sekaligus menghindari obesitas

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ahli, aktivitas sarapan dapat membantu Anda dalam mengontrol berat badan. Lewat sarapan pagi, Anda dapat mengurangi rasa lapar sepanjang hari, sehingga memungkinkan menekan nafsu makan Anda dan konsumsi makan pun akan lebih sedikit.

Sarapan pagi juga diketahui dapat menyeimbangkan kalori yang dapat membantu Anda dalam memiliki berat badan yang ideal. Namun sebaliknya, mereka yang cenderung melewati sarapan pagi memiliki probabilitas terkena penyakit obesitas sebesar 25 persen.

Obesitas merupakan gejala yang cukup berbahaya karena dapat membawa tubuh menuju kondisi yang tidak sehat, dan pada akhirnya menimbulkan berbagai penyakit kronis, seperti diabetes dan penyakit jantung.

  • Meningkatkan fokus

Selain dengan hal yang berhubungan dengan kesehatan tubuh, sarapan pagi juga bermanfaat untuk kesehatan mental Anda, terutama yang berkaitan dengan tingkat fokus. Sarapan pagi dapat meningkatkan memori untuk konsentrasi yang lebih tinggi, meningkatkan kewaspadaan, dan juga meningkatkan keterampilan kognitif Anda.

Bahkan dikatakan, anak-anak yang mempunyai kebiasaan sarapan pagi setiap hari memiliki level IQ lebih tinggi jika dibandingkan dengan mereka yang sarapan pada waktu-waktu tertentu saja. Dengan kata lain, anak yang rajin sarapan pagi lebih berprestasi secara akademis di sekolah.

Meningkatnya intensitas fokus Anda setelah sarapan pagi diakibatkan oleh glukosa dan karbohidrat yang menyebabkan otak dapat bekerja lebih baik. Namun, apabila Anda memutuskan melewatkan sarapan pagi, maka hal sebaliknya yang terjadi, yaitu energi pada tubuh bakal berada pada tingkatan rendah.

Setelah mengetahui 3 manfaat yang bisa didapatkan dari sarapan pagi, tidak kalah penting juga untuk selalu konsumsi air minum terbaik sebagai bagian dari menu sarapan pagi Anda, ya. Sebab konsumsi air minum yang terbaik di pagi hari, apalagi ketika perut kosong, dapat meningkatkan kesehatan tubuh juga.

Namun, pastikan memilih air mineral yang berkualitas. AQUA merupakan pilihan tepat untuk memenuhi hidrasi pagi hari, AQUA menghadirkan air mineral berkualitas dari sumber air pegunungan terpilih di Indonesia lebih dari 45 tahun. Dengan melewati lebih dari 400 cek kualitas, kemurnian dan kealamian nya terjaga di setiap tetes nya. Tidak salah apabila AQUA disebut sebagai air minum terbaik yang dapat dikonsumsi terus oleh masyarakat.

 

Referensi:

  1. https://universityhealthnews.com/daily/nutrition/why-is-breakfast-important-5-reasons-you-should-always-eat-breakfast/ 

  2. https://www.honestdocs.id/pentingnya-manfaat-sarapan-pagi 

  3. https://www.alodokter.com/manfaat-sarapan-yang-tidak-boleh-dilewatkan 

  4. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20180306162205-255-280887/10-manfaat-minum-air-putih-saat-perut-kosong

  5. https://universityhealthnews.com/daily/nutrition/why-is-breakfast-important-5-reasons-you-should-always-eat-breakfast/

  6. https://www.liputan6.com/global/read/3491069/sarapan-pagi-ternyata-cegah-risiko-obesitas-ini-buktinya

  7. https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/mengapa-obesitas-bisa-menyebabkan-serangan-jantung/