Berolahraga Dengan Menggunakan Perabotan Yang Ada Di Rumah

Kebaikan AirHidup Sehat | 20 Oktober 2020
Berolahraga Dengan Menggunakan Perabotan Yang Ada Di Rumah

Kegiatan berolahraga sangat dianjurkan bagi kita untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Olahraga bisa dilakukan di gym, GOR, atau bahkan di rumah. Ketika kita ingin ke gym, biasanya kita akan malas atau bahkan terkesan berat untuk biaya yang dikeluarkan. Biaya yang dikeluarkan untuk langganan atau memakai gym menjadi alasan yang sering dipakai apabila kita enggan pergi ke gym untuk berolahraga.

Gelanggang Olahraga atau GOR, merupakan tempat yang bisa dibilang gratis dan tempat yang sangat umum bagi khalayak ramai, tetapi dengan alasan kita tidak punya waktu dan malas pergi jauh, menjadikan kita tidak berolahraga di GOR.

Akan tetapi, Olahraga di rumah dengan perabotan-perabotan yang ada di rumah, bisa menjawab semua alasan yang kita lontarkan. Karena perabotan rumah itu sudah tersedia dirumah, dan bisa dilakukan kapanpun ketika kita dirumah. Asal kreatif dan punya niat yang cukup, kita bisa berolahraga setiap hari di rumah dengan memanfaatkan perabotan dan barang-barang yang ada.

Berikut adalah beberapa perabotan rumah tangga yang bisa kita pakai untuk kegiatan berolahraga, serta cara menggunakan perabotan rumah tangga tersebut:

Meja dengan Kaki Rendah

Meja menganggur yang ada di rumah bisa jadi medium olahraga yang menyenangkan. Kita bisa menggunakan meja untuk squat, push-up, incline, decline, split lunges, split squat. Kalau mau melakukan gerakan abs juga bisa. Atau kita bisa naik turun meja, tetapi perlu diingat agar berhati-hati agar tidak terjatuh. Perlu dipastikan juga bahwa meja yang dipakai adalah meja yang kokoh, dan hindari memakai meja dari kaca, supaya terhindar dari kecelakaan dan cidera saat olahraga di rumah.

Kursi Duduk

kita bisa menggunakan kursi kokoh untuk melakukan dips trisep, sama seperti memakai di gym. Pastikan ketika kita menurunkan tubuh, siku tidak ditekuk lebih dari 90 derajat.

Botol Air Minum

Pada umumnya, 1 liter air memiliki berat 1 kilogram. Sehingga, botol air minum bisa menjadi alat beban yang praktis, tinggal melihat beratnya saja. Seperti contoh, botol AQUA 1500ml memiliki berat kurang lebih 1.5 kilogram. Apabila Anda merasa bahwa botol air minum yang berisi air masih terlalu ringan untuk dijadikan alat beban, cobalah mengisinya dengan pasir atau kerikil. Botol air minum bisa kita gunakan sebagai alat untuk mengangkat beban, seperti barbel. Untuk menaikkan level olahraga, kita harus terus meningkatkan ukuran dan berat dari botol untuk meningkatkan tingkat resistensi.[1]

Galon Air Minum

Galon air minum bisa dibilang cukup berat bagi kita yang tidak terbiasa mengangkat beban berat. Pada umumnya, galon air minum memiliki isi 19 liter, sehingga galon yang berisi memiliki berat 19 kilo lebih. Gunakan galon air minum yang masih tersegel dan penuh, lalu peluk galon air minum dengan posisi berjongkok, lalu perlahan berdiri. Ulangi beberapa kali.

Pastikan Anda memerhatikan gerakan dan kuda-kuda apabila ingin melakukan olahraga dengan memakai galon air minum. Jangan sampai Anda terkena cidera dari olahraga ini.

Ember

Siapkan ember yang kokoh dan letakkan beberapa buah buku di dalamnya sebagai beban. Sesuaikan berat buku dengan kemampuan. Awali dengan berdiri dengan kaki terbuka selebar bahu. Pegang ember dengan kedua tangan di depan tubuh. Ayunkan ember ke sela paha sambil bungkukkan tubuh sedikit dan tekuk lutut. Ayunkan ember kembali ke depan hingga setinggi bahu. Ulangi hingga 1 menit berlalu.

Tas Ransel

Pakai tas ransel yang berisi buku atau barang lain yang menambah berat. Mulailah dengan berdiri tegak. Angkat tas ransel dalam posisi miring hingga berada di bawah bahu. Buang napas sembari dorong tas ke atas hingga kedua lengan lurus. Pastikan tubuh tetap tegak. Tarik tas turun ke posisi semula. Lakukan sebanyak 20 kali.

Dingklik atau Kursi Jongkok

Selain untuk duduk, Dingklik di rumah bisa dipakai untuk merampingkan perut. Caranya, tidur telentang dengan kursi berada di bawah kaki. Posisikan kedua lengan di sisi tubuh dengan kedua telapak tangan menyentuh lantai. Letakkan hanya tumit kaki kanan di atas dingklik. Tekuk lutut kanan dan angkat kaki kiri hingga lurus ke atas. Lalu, angkat pinggul dan pastikan tumit kanan tidak bergeser. Tahan posisi ini selama beberapa detik sebelum menurunkan pinggul. Ulangi sampai 20 kali.

Handuk Kecil

Untuk mengikis lemak di bagian bawah lengan, lakukan triceps toner. Cukup gunakan handuk kecil dengan ukuran sekiranya 30x70cm sebagai alat bantu. Pegang kedua ujung handuk dengan kedua tangan. Arahkan ke bagian belakang tubuh hingga posisi handuk vertikal. Posisikan tangan kanan di atas untuk memegang ujung handuk dan tangan kiri di bawah memegang ujung satunya. Tarik handuk ke atas dengan tangan kanan. Tangan kiri sedikit menahan dengan berpegang pada ujung handuk. Lalu, kembali ke posisi semula, ulangi sampai 10 kali. Ganti posisi tangan dan ulangi dengan gerakan yang sama.[2]

Itulah beberapa perabotan rumah tangga yang kita bisa gunakan untuk kegiatan berolahraga. Tetapi dalam setiap kegiatan berolahraga kita harus memulai kegiatan olahraga dengan pemanasan dan mengakhirinya dengan pendinginan, agar otot kita tidak kaget akan aktivitas berat. Serta pastikan barang-barang yang akan digunakan, bisa digunakan oleh Anda. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan supaya terhindar dari cidera.

Selain itu, dalam berolahraga juga sangat penting untuk menjaga hidrasi tubuh. Apabila kita dehidrasi karena olahraga, tubuh akan terasa lemas dan pusing, dan bisa membahayakan tubuh kita.

Dalam pemilihan air minum untuk menjaga hidrasi, haruslah yang berkualitas dan higienis. Pastikan juga bahwa air minum yang kita konsumsi merupakan air mineral berkualitas. AQUA menjadi pelopor air minum berkualitas untuk menjaga tubuh dari dehidrasi.

Kualitas air minum AQUA dijaga secara hati-hati, dikemas tanpa sentuhan tangan manusia. Ekosistem di sekitar 17 mata air pegunungan yang tersebar di Indonesia dari Sabang sampai Merauke juga dilindungi, sehingga kealamian mineralnya terjaga.

Tidak hanya itu, air mineral AQUA memiliki kandungan mineral penting seperti Kalsium, Kalium, Magnesium, Silica, Zinc, dan lain sebagainya untuk kesehatan tulang dan gigi. [3]

 


Referensi:

1. https://www.jpnn.com/news/4-alat-rumah-tangga-yang-bisa-digunakan-untuk-olahraga
2. https://www.cantika.com/read/1116818/olahraga-pakai-perabot-rumah-tangga-ikuti-6-gerakan-berikut?page_num=1
3. https://www.sehataqua.co.id/5-manfaat-bersepeda-untuk-jaga-kesehatan-tubuh/

Pesan sekarang