5 Manfaat Gerakan Burpee bagi Tubuh dan Cara Melakukannya

Hidup Aktif | 23 Juni 2022

Bagikan:

5 Manfaat Gerakan Burpee bagi Tubuh dan Cara Melakukannya

Burpee adalah salah satu jenis olahraga yang meliputi latihan push up dan gerakan melompat sekaligus secara berurutan. Olahraga ini terbilang sangat sederhana dan praktis sebab Anda tidak memerlukan peralatan apapun untuk melakukannya.

Meski terdengar mudah, namun nyatanya gerakan burpee adalah hal cukup menantang dan melelahkan bila Anda baru pertama kali mencobanya.

Adapun tujuan gerakan burpee adalah untuk melatih otot-otot tubuh secara menyeluruh. Jika dilakukan secara rutin, ada begitu banyak manfaat yang bisa Anda peroleh, salah satunya meningkatkan kebugaran tubuh dan menjaga kesehatan kardiovaskular. Yuk simak apa itu burpee dan berbagai manfaat lainnya di bawah ini!

Apa itu Burpee?

Sederhananya, burpee adalah olahraga yang terdiri atas gerakan push up dan kemudian diikuti dengan lompatan di udara seperti squat jump. Rangkaian gerakan tersebut dilakukan terus-menerus secara berulang tanpa jeda.

Oleh karenanya, burpee disebut sebagai latihan yang cukup menantang dan sangat melelahkan.

Namun, dengan gerakan burpee, Anda dapat melatih otot-otot utama tubuh hingga akhirnya membentuk kekuatan serta meningkatkan daya tahan tubuh [1]. Di sisi lain, burpee adalah olahraga yang bisa membantu Anda membakar kalori dengan efektif.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda bisa melakukan gerakan burpee sebanyak 15 kali setiap set.

Apabila Anda masih pemula, cobalah mulai dengan pengulangan 5 kali dalam satu setnya dan tingkatkan secara bertahap hingga 15 kali. Jika sudah terbiasa, Anda dapat melakukan 2 sampai 3 set atau bahkan lebih.

Cara Melakukan Burpee

Lalu pertanyaannya, bagaimana cara melakukan burpee? Berikut langkah-langkah yang bisa Anda ikuti.

  1. Awali dengan posisi berdiri tegak dengan kedua kaki dibuka selebar bahu dan lengan di sisi tubuh.
  2. Turunkan tubuh Anda dengan sedikit mencondongkan badan ke depan sambil menekuk kedua lutut layaknya ingin duduk di kursi dan pastikan punggung tetap lurus.
  3. Letakkan telapak tangan di lantai di depan kaki. Pastikan kedua lengan tegak lurus dengan lantai.
  4. Setelah itu, lompatkan kedua kaki ke belakang secara bersamaan dengan bertumpu pada lengan hingga akhirnya Anda berada dalam postur papan atau seperti ingin melakukan push up.
  5. Lakukan satu kali gerakan push up sambil menjaga tubuh agar tetap membentuk garis lurus dari kepala sampai tumit.
  6. Kemudian, angkat tubuh dari lantai dengan melompatkan kaki ke depan atau melakukan tendangan katak sehingga kembali ke posisi sebelumnya.
  7. Lalu, berdiri dan melompatlah ke udara sambil menggapaikan lengan di atas kepala hingga mendarat seperti posisi semula.
  8. Segera setelah mendarat dengan lutut ditekuk, ambil posisi jongkok dan ulangi lagi langkah-langkah tersebut dari awal.

Baca juga :5 Gerakan Plank, Manfaat, dan Cara Melakukannya yang Benar

Manfaat Burpee bagi Tubuh

Seperti olahraga kebugaran lainnya, burpee adalah latihan yang memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut beberapa di antaranya.

1. Meningkatkan Kekuatan Tubuh Bagian Atas

Salah satu manfaat burpee adalah meningkatkan kekuatan otot anggota gerak atas atau otot-otot ekstremitas atas.

Bagaimana tidak, gerakan burpee terdiri atas latihan push up sehingga akhirnya membangun kekuatan tubuh seperti pada area trisep, bahu, dan juga dada.

2. Melatih Banyak Otot Sekaligus

Secara mendasar, burpee adalah suatu latihan kombinasi antara tiga gerakan, yakni push up, plank, dan juga squat.

Hal ini tentu saja membuat seluruh tubuh Anda bergerak hingga akhirnya melatih banyak otot sekaligus, mulai dari otot inti, dada, bahu, perut, bahkan hingga bokong.

Dengan melatihnya secara rutin, Anda juga akan meningkatkan daya tahan otot tubuh dengan efektif.

3. Meningkatkan Koordinasi dan Keseimbangan Tubuh

Saat Anda melakukan gerakan burpee, sebetulnya Anda memerlukan koordinasi dalam mengatur waktu gerakan sekaligus mempertahankan postur dengan tepat. Sehingga, bila Anda berlatih secara teratur, Anda akan membantu meningkatkan koordinasi dan stabilitas tubuh menjadi lebih baik.

4. Meningkatkan Daya Tahan Jantung dan Paru-Paru

Di sisi lain, manfaat burpee adalah membantu meningkatkan denyut jantung dan kesehatan paru-paru, apalagi jika Anda melatihnya secara rutin, teratur, dan konsisten.

Bukan cuma sekadar mengkondisikan otot tubuh, namun sekaligus mendorong kinerja jantung dan paru-paru sehingga akhirnya meningkatkan kebugaran.

5. Menghilangkan Lemak

Jika Anda sedang mencari cara menghilangkan lemak dengan efektif, maka burpee adalah jawabannya. Ya, manfaat burpee diketahui dapat membakar lebih banyak kalori dalam waktu singkat, bahkan lebih cepat dibanding jenis olahraga lainnya [1].

Pasalnya, burpee berfungsi ganda sebagai latihan kardio dan kekuatan, sehingga olahraga ini menjadi pilihan yang tepat bagi orang-orang yang ingin membakar kalori dan lemak.

Itu dia cara melakukan burpee dan berbagai manfaatnya bagi tubuh. Walaupun tampaknya burpee adalah gerakan sederhana, namun perlu Anda ketahui bahwa burpee termasuk dalam latihan intensitas tinggi yang cukup berat dan melelahkan sehingga Anda perlu melatihnya secara bertahap.

Jangan lupa lakukan pemanasan maupun pendinginan sebelum dan sesudah berolahraga untuk mencegah cedera.

Pastikan juga kebutuhan cairan tubuh tercukupi selama latihan agar Anda terhindar dari dehidrasi.

Pasalnya, olahraga atau aktivitas berat akan membuat tubuh Anda kehilangan banyak cairan sehingga Anda harus segera mengganti asupan tersebut dengan minum air putih setidaknya 8 gelas dalam sehari atau setara 2 liter.

Baca juga: Minum air putih sehari berapa liter? Ini Aturan Idealnya!

Hal ini penting karena kekurangan cairan akan membuat kinerja organ dalam tubuh Anda menjadi tidak optimal, dampaknya bahkan bisa menimbulkan masalah kesehatan serius.

Untuk itu, Anda bisa mulai sedia air mineral berkualitas seperti AQUA yang kemurnian kandungannya selalu terjaga selama lebih dari 49 tahun.

AQUA dikemas langsung dari sumber air pegunungan terpilih dan kemudian diproses melalui ratusan uji kualitas sebelum akhirnya tiba di tangan Anda. Sehingga, setiap tetes kesegarannya mampu memberikan manfaat baik bagi konsumen. 

Bahkan, AQUA juga menyediakan jenis kemasan Click & Go 750ml dengan sports cap yang memudahkan Anda untuk minum air mineral terbaik saat berolahraga. Yuk, minum #AQUADULU sebelum maupun sesudah beraktivitas!

Referensi:

1. Mengenal Burpee, Gerakan Kombinasi Plank, Push-up dan Squat - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.