8 Camilan Ibu Menyusui untuk Membantu Melancarkan ASI

Hidup Sehat | 29 Januari 2023

Bagikan:

8 Camilan Ibu Menyusui untuk Membantu Melancarkan ASI

Memiliki ASI yang sehat dan lancar tentu dapat membantu ibu menyusui dalam memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan serta berkualitas untuk si kecil. Oleh karena itu, ada beberapa camilan ibu menyusui yang disarankan untuk dikonsumsi dalam membantu melancarkan ASI.

Mengonsumsi makanan sehat memang penting untuk ibu menyusui agar ASI yang dihasilkan lebih berkualitas dan keluar dengan lancar.

Di samping itu, Anda juga bisa menyelingi waktu makan dengan mengonsumsi beberapa camilan sebagai upaya melancarkan ASI tersebut.

Yuk, intip rekomendasi camilan ibu menyusui yang dapat membantu melancarkan ASI selengkapnya di sini!

8 Camilan Ibu Menyusui yang Membantu Melancarkan ASI

Memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh adalah hal penting yang harus dilakukan oleh setiap orang, tidak terkecuali dengan ibu menyusui.

Bahkan, asupan nutrisi untuk ibu menyusui sangat perlu diperhatikan agar menghasilkan ASI yang lancar dan berkualitas untuk di kecil.

Oleh karenanya, ada beragam jenis camilan ibu menyusui yang dapat membantu melancarkan serta menghasilkan ASI berkualitas, seperti yogurt, telur rebus, ubi jalar, hingga selai kacang.

1. Yogurt

Yogurt adalah rekomendasi camilan untuk ibu menyusui yang pertama.

Yogurt didapati mengandung protein, vitamin, serta kalsium yang tinggi sehingga bermanfaat untuk melancarkan ASI.

Selain itu, yogurt juga termasuk ke dalam kelompok makanan fermentasi yang mengandung probiotik sehingga dapat membantu melancarkan saluran cerna ibu menyusui. 

2. Ubi Jalar

Kaya akan kandungan karbohidrat kompleks, ubi jalar cocok dijadikan sebagai camilan sehari-hari untuk ibu menyusui.

Ini dikarenakan karbohidrat kompleks dalam ubi jalar dicerna lebih lambat oleh tubuh sehingga dapat membantu memenuhi kebutuhan energi ibu menyusui dalam kurun waktu lama [1].

Selain itu, ubi jalar juga mampu mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh ibu menyusui karena memiliki indeks glikemik yang rendah.

Indeks glikemik ini merupakan indikator kecepatan karbohidrat pada pangan untuk memengaruhi kadar gula darah tubuh.

Anda bisa mengonsumsi ubi jalar sebagai camilan ibu menyusui dengan cara mengukus atau merebusnya agar lebih menyehatkan.

Baca juga: 11 Cemilan Sehat Ibu Hamil yang Lezat dan Padat Nutrisi

3. Selai Kacang

Selai kacang yang tidak diberi gula tambahan direkomendasikan sebagai camilan ibu menyusui karena mengandung lemak tak jenuh sehingga turut mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh.

Untuk mengonsumsinya, Anda bisa menambahkan selai kacang pada roti gandum atau pun buah segar agar terasa lebih nikmat.

4. Popcorn

Tahukah Anda? Ternyata, berondong jagung atau popcorn bisa dikonsumsi oleh ibu menyusui secara praktis namun tetap menyehatkan tubuh!

Yap, popcorn yang terbuat dari jagung ini diketahui memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga turut mengoptimalkan produksi ASI pada ibu menyusui.

Kandungan serat yang tinggi pada popcorn bahkan juga mampu mencegah terjadinya gangguan pencernaan pada ibu menyusui.

5. Telur Rebus

Telur rebus adalah salah satu rekomendasi makanan sehat untuk ibu menyusui.

Lantaran, telur rebus merupakan makanan tinggi protein yang dapat memberikan energi untuk tubuh ibu menyusui dalam memproduksi ASI berkualitas.

Telur rebus bahkan juga mengandung beberapa kandungan lain, seperti kolin, vitamin B12, vitamin D, asam folat, dan riboflavin.

Di mana, nutrisi yang terkandung di dalam telur rebus tersebut turut membantu meningkatkan hormon prolaktin dalam tubuh yang berperan dalam produksi ASI pada ibu menyusui [2].

Anda dapat mengonsumsi telur rebus sebagai camilan ibu menyusui untuk melengkapi menu sayuran di pagi hari.

Baca juga: 5 Cara Menyusui Bayi Baru Lahir dengan Benar, Simak Tipsnya!

6. Potongan Buah Segar

Camilan untuk ibu menyusui yang dapat dikonsumsi secara praktis berikutnya adalah potongan buah segar.

Buah merupakan salah satu jenis pangan yang menjadi sumber vitamin, mulai dari vitamin A, vitamin C, hingga vitamin E.

Selain itu, rasa segar yang dihasilkan dari potongan buah ini dapat mengurangi rasa mual pada ibu menyusui.

Beberapa jenis buah segar yang cocok dijadikan sebagai camilan adalah buah apel, pir, mangga, jeruk, dan melon.

Mudah saja, Anda hanya perlu mencuci dan memotong buah segar tersebut hingga berukuran kecil untuk dijadikan sebagai camilan ibu menyusui.

7. Kacang-Kacangan

Berbagai macam jenis kacang-kacangan, seperti kacang polong, kacang almond, dan kacang merah, baik untuk tubuh ibu menyusui karena kaya akan protein serta mineral.

Di mana, dua jenis nutrisi tersebut turut membantu mengoptimalkan produksi ASI pada ibu menyusui.

Di samping itu, kacang-kacangan juga mengandung fitokimia yang turut meningkatkan sistem imun serta mengurangi peradangan dalam tubuh [2].

8. Teh Jahe

Anda mungkin sudah sering mendengar rempah jahe sebagai bumbu masakan. Namun, jahe ternyata juga bisa diolah untuk dijadikan sebagai camilan ibu menyusui!

Jahe diketahui mengandung galactagogue yang dapat menstimulasi produksi ASI pada ibu menyusui [4].

Anda bisa mengolah rempah satu ini menjadi teh jahe untuk dikonsumsi saat sedang menikmati cuaca indah di sore hari.

Demikian ulasan dari daftar camilan ibu menyusui yang baik untuk dikonsumsi secara rutin.

Menikmati camilan tentu belum lengkap rasanya jika tidak minum air putih yang cukup untuk melepaskan dahaga.

Maka dari itu, Anda dapat menyediakan #AQUADULU, terutama segelas AQUA Galon, untuk diminum setelah menikmati camilan yang lezat tersebut.

AQUA Galon mengambil air mineralnya dari sumber mata air pegunungan yang telah diteliti oleh para ahli, yaitu ahli geologi dan geohidrologi serta universitas ternama di Indonesia.

Mineralnya juga didapatkan dengan menyaring batuan vulkanis pegunungan secara seksama dan berhati-hati.

Dengan begitu, keamanan kandungan mineralnya turut terlindungi dari kontaminasi dan polutan berbahaya.

AQUA Galon dikemas menggunakan tutup double injection yang membuat kesterilan dan kesegarannya tetap terjaga hingga sampai ke tangan Anda.

Anda bahkan bisa mendapatkan AQUA Galon di swalayan maupun warung terdekat dengan harga Rp1.000-an per liternya, lho! Cukup terjangkau, bukan?

Jadi, sudahkah Anda minum AQUA hari ini?

Baca juga: 5 Manfaat Minum Air Putih saat Hamil, Jangan Lewatkan!

Referensi:

  1. Inilah Makanan Terbaik untuk Ibu Menyusui - Buka
  2. 8 Camilan Pelancar ASI yang Bisa Ibu Coba Sebagai ASI Booster - Buka
  3. Ragam Cemilan untuk Ibu Menyusui Ini Perlu Ada di Menu Harian Anda - Buka
  4. Mengonsumsi Jahe Ternyata Bisa Bikin Produksi ASI Jadi Banyak - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.