Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.

Cara ampuh diet alami dengan minum air putih

Kebaikan AirHidup Sehat | 19 November 2021
Cara ampuh diet alami dengan minum air putih

Minum air putih yang cukup ternyata tidak hanya baik untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh dan mencegah dehidrasi, tapi juga bisa membantu menurunkan berat badan. Beberapa riset menunjukkan bahwa konsumsi 500 ml (2 gelas) air putih saat 30 menit sebelum makan bisa membantu menurunkan berat badan. Pada orang dewasa, kebiasaan minum air putih sebelum makan terbukti dapat menurunkan berat badan hingga sekitar 2 kg dalam kurun waktu 12 minggu [1].

Namun, bukan berarti diet ini dilakukan dengan hanya minum air putih tanpa makan makanan lain. Tubuh tetap memerlukan asupan makanan dan nutrisi penting untuk metabolisme. Dalam memanfaatkan minum air putih, Anda tetap harus makan, lho.

Berikut cara diet dengan minum air putih untuk bantu turunkan berat badan:

  • Minumlah sebelum Anda makan
    Konsumsi air akan mengendalikan nafsu makan Anda. Dengan minum air, Anda akan merasa kenyang dan jumlah makanan yang Anda konsumsi akan berkurang. Dilansir dari WebMD, minum 2 gelas air putih 30 menit sebelum makan mengurangi asupan makanan sebanyak 75 kalori [1].

  • Minum air putih serta perbanyak konsumsi buah dan sayur
    Kebiasaan banyak minum air putih yang dibarengi dengan konsumsi buah dan sayur juga bisa membantu menurunkan berat badan. Pasalnya, buah dan sayur mengandung air dan serat yang tinggi, sehingga bisa membuat Anda kenyang lebih lama [2].

  • Minum air putih ketika merasa lapar
    Ketika merasa lapar, Anda akan cenderung untuk makan berlebihan. Oleh karena itu, agar lebih sehat, Anda bisa memperbanyak minum air putih ketika sedang merasa lapar atau ingin sekedar ngemil [2].

  • Minum air putih 2 jam sekali
    Dilansir Medical Daily, membiasakan minum air putih secara teratur yakni minimal 2 jam sekali juga membantu memastikan tubuh ‘diisi ulang’ dan mendapatkan cukup asupan cairan. Menurut Riverside Health System, cukup atau tidaknya Anda minum air putih bisa dilihat dari warna urine. Jika urine berwarna kuning gelap, itu adalah indikasi kuat bahwa Anda membutuhkan lebih banyak cairan dalam tubuh. Sebaliknya, urine yang berwarna kuning terang, ini tandanya Anda sudah cukup meminum air putih [3].
  • Tetap olahraga secara teratur
    Untuk membantu efektivitas program penurunan berat badan, Anda bisa juga menambahkan jadwal olahraga secara teratur. Sediakan waktu setidaknya 20-30 menit per hari atau paling tidak 2-3 kali seminggu. Dengan melakukan olahraga ini, tubuh tentu akan merasa lelah dan mengeluarkan banyak keringat sebagai proses pembakaran kalori. Nah, agar metabolisme tubuh tetap terjaga dan terhindar dari risiko dehidrasi, usahakan untuk tetap minum air putih setelah olahraga [3].

Itulah tadi beberapa peran air putih dalam membantu Anda menurunkan berat badan. Sangat penting bagi kita semua untuk selalu memenuhi asupan air putih, agar mendapatkan manfaatnya sehingga kesehatan tubuh pun tetap terjaga.

Baca juga: Cara Diet Alami Bantu Turunkan Berat Badan

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, tentunya penting bagi Anda untuk memilih pilihan air minum berkualitas, seperti AQUA yang terpercaya lebih dari 48 tahun menyediakan air mineral murni langsung dari sumbernya. Kesegarannya tetap terjaga di setiap tetes kemurniannya melewati lebih dari 400 parameter cek kualitas.

AQUA juga melindungi ekosistem di sekitar sumber air. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk melindungi kealamian mineral dan keberlangsungan sumber air. Dengan demikian, AQUA bisa mengantarkan kebaikan air mineral kepada masyarakat Indonesia.

 

Sumber:
https://www.idntimes.com/health/fitness/viktor-yudha/cara-minum-air-putih-yang-tepat-untuk-menurunkan-berat-badan/5
https://www.alodokter.com/cara-minum-air-putih-seperti-ini-bisa-turunkan-berat-badan
https://www.popmama.com/life/health/annas/cara-ampuh-diet-dengan-minum-air-putih/7