Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.

6 Cara Diet Alami yang Jaga Kesehatan dan Imunitas

Kebaikan AirHidup Sehat | 01 September 2021
6 Cara Diet Alami yang Jaga Kesehatan dan Imunitas

Banyak cara dan tujuan yang dibuat oleh masing-masing individu guna menjaga tubuh tetap fit. Ada juga banyak metode yang digunakan dan bisa menjadi rekomendasi Anda seperti cara diet yang baik dan alami tanpa menggunakan obat.

Maka dari itu, ketika Anda memilih cara diet yang baik, penting untuk memperhatikan segala aspek sampai niat dari program diet itu sendiri. Jangan sampai menurunkan berat badan justru membuat Anda sakit. 

Ada baiknya sebelum melakukan program diet, Anda terlebih dahulu melakukan konsultasikan dengan ahli gizi atau dokter agar usaha diet lebih terprogram dan aman [1]. 

Meskipun tidak mengonsumsi obat diet, Anda tidak perlu khawatir karena kesulitan menurunkan berat badan. Sebab masih banyak cara lain yang lebih aman seperti menerapkan pola hidup sehat dengan konsisten.

Manfaat Diet Untuk Tubuh

Faktanya diet tidak hanya menyinggung lemak, bahkan lebih dari itu. Diet memberikan makna yang baik untuk tubuh Anda asal sesuai dengan syarat dan aturan yang dianjurkan oleh dokter.

Manfaat diet penurunan berat badan memang bertujuan 

untuk menurunkan risiko penyakit, termasuk penyakit jantung hingga kanker. Sebelum itu, perlu memahami bahwa diet tidak hanya asupan makanan melainkan pola hidup [2].

Hindari mengonsumsi minuman atau makanan mengandung alkohol, kurang tidur, hingga tidak melakukan olahraga rutin. Kesehatan Anda juga menjadi hal yang utama ketika melakukan diet agar manfaatnya juga terasa.

Diabetes juga bisa diturunkan dengan program diet, salah satunya adalah lemak di perut yang menghasilkan senyawa kemudian menurunkan sensitivitas sel terhadap hormon insulin dalam penggunaan glukosa. Jika terus dibiarkan, kondisi ini dapat menimbulkan kenaikan gula darah karena sulit digunakan oleh sel menjadi energi [2].

Salah satu solusinya adalah melakukan diet pengurusan badan yang sehat dan berkelanjutan agar mampu menurunkan risiko diabetes. Namun dengan segala manfaatnya, apakah disarankan melakukan diet di saat pandemi COVID-19?

Amankah Diet Saat Pandemi?

Diet saat pandemi nyatanya tidak dilarang, namun untuk skala yang ekstrim justru perlu dijauhi karena banyak nutrisi yang dibutuhkan untuk bergerak dan membuat tubuh tetap fit.

Ketua Indonesia Sport Nutrisionis Association (ISNA) dr. Rita Ramayulis mengatakan bahwa melakukan diet ekstrim saat pandemi tidak disarankan karena akan menyebabkan sejumlah gangguan kesehatan pada tubuh [3].

"Diet saat pandemi dibolehkan, hanya saja jangan ekstrem. Dietlah dengan mengatur makanan yang mengatur sistem imunitas tubuh (dengan baik)," pungkasnya.

"Melakukan diet ekstrim tidak disarankan, karena bisa jadi yang berkurang adalah air, massa otot dan massa tulang. Pada saat proses penurunan berat badan, yang seharusnya hilang adalah lemak," kata Rita [3].

Namun dr. Rita mengatakan bahwa ada langkah yang bijak untuk diet saat pandemi dengan menambah asupan makanan rendah lemak. 

"Selanjutnya adalah meningkatkan asupan tinggi protein rendah lemak, dan zat gizi seimbang. Lalu, asupi tubuh dengan makanan yang mengandung zinc, vitamin C, vitamin E, beta karoten, dan zat besi," jelasnya [3].

6 Cara Diet yang Aman dan Alami

1. Mengurangi Konsumsi Gula

Memang gula menjadi salah satu perhatian apalagi bagi yang melakukan program diet. Faktanya, gula yang dikonsumsi jauh melebihi kadar yang direkomendasikan akan memberikan efek negatif kepada tubuh [4].

Kelebihan gula di dalam tubuh akan disimpan dalam bentuk lemak dan membuat berat badan terus naik. Maka dari itu dengan membatasi konsumsi gula, Anda bisa mulai dari cara yang sederhana seperti mengurangi konsumsi makanan dan minuman dalam kemasan. 

Bagi yang ingin rasa manis, Anda juga bisa mencari alternatif pengganti gula yang tetap bisa memberikan rasa manis layaknya sumber dari buah.

2. Mengatur Kandungan Minyak

Hal yang harus dihindari adalah minyak goreng. Memang minyak mengandung banyak lemak jenuh dan lemak trans yang diketahui dapat meningkatkan kadar kolesterol darah. Peningkatan kolesterol ini bisa menjadi akar dari berbagai penyakit kardiovaskular, termasuk penyakit jantung koroner, serangan jantung, dan stroke.

Tidak lupa bahwa kandungan lemak trans dalam makanan yang kerap digoreng juga memainkan berperan penting dalam penambahan berat badan. Lemak ini diketahui dapat mempengaruhi kerja hormon yang akan meningkatkan nafsu makan serta menambah penyimpanan lemak [4].

3. Perbanyak Konsumsi Serat dan Buah

Kandungan buah dan serat bisa menjadi cara diet alami dan aman. Banyak manfaat yang bisa didapatkan, selain itu serat mampu mengenyangkan dengan waktu yang lebih lama. Beberapa contoh makanan ini adalah kacang-kacangan, brokoli, alpukat, beras merah, jagung, dan lain sebagainya [4].

4. Meningkatkan Asupan Protein

Untuk menurunkan berat badan, protein menjadi nutrisi yang bisa dibilang paling berpengaruh. Tubuh berguna mengolah protein yang Anda konsumsi serta akan pembakaran kalori. Semakin banyak protein yang dikonsumsi, maka pembakaran kalori yang terjadi juga akan semakin tinggi [4].

5. Mengurangi Konsumsi Karbohidrat

Faktanya, karbohidrat akan meningkatkan kandungan gula dalam tubuh. Kandungan gula berlebih akan disimpan dalam bentuk lemak dan saat penumpukan sudah terjadi, sebagian lemak tersebut akan dikeluarkan ke pembuluh darah [4]. Meski begitu, bukan berarti Anda tidak boleh mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat sama sekali. Anda bisa menggantinya dengan karbohidrat kompleks yang lebih sehat seperti yang ada di nasi merah atau roti gandum.

6. Penuhi Konsumsi Air Putih

Minum air putih juga tidak kalah penting karena berfungsi meningkatkan metabolisme di tubuh dan jika dilakukan sebelum makan, akan membuat Anda merasa lebih cepat kenyang. Selain itu, karena air putih tidak mengandung kalori, maka mengganti minuman kemasan dengan air putih akan membantu memangkas asupan kalori harian Anda [4].

Dalam memilih air untuk dikonsumsi, pilih air minum berkualitas seperti AQUA, karena kesegarannya tetap terjaga, setiap tetes kemurniannya melalui lebih dari 400 cek kualitas, dan dikemas langsung dari sumbernya. AQUA juga terpercaya lebih dari 48 tahun menghadirkan kesehatan dari tiap tetes air mineral gunung vulkanis.

AQUA juga memiliki Tiga Perlindungan, yaitu; melindungi ekosistem sumber airnya, menjaga kealamian mineralnya, serta diproses secara saksama untuk menjaga keasliannya sampai ke tangan Anda.

Mulai gaya diet sehat Anda dengan air terbaik. Pilih AQUA untuk investasi kesehatan jangka panjang Anda!

Referensi:

1. https://www.sehatq.com/artikel/manfaat-diet-untuk-tubuh-sehat-tak-sekadar-soal-penampilan
2. https://www.alodokter.com/ingin-diet-alami-tanpa-obat-ini-tipsnya
3. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20210303115108-255-613115/alasan-diet-ekstrem-tak-disarankan-saat-pandemi-covid-19
4. https://www.sehatq.com/artikel/cara-diet-alami-tanpa-obat-untuk-dapatkan-berat-badan-ideal
5. https://www.sehataqua.co.id/inilah-keunggulan-air-minum-dari-sumber-air-pegunungan/