8 Cara Diet Tanpa Olahraga yang Aman Agar Berat Badan Turun

Hidup Sehat | 01 Agustus 2022

Bagikan:

8 Cara Diet Tanpa Olahraga yang Aman Agar Berat Badan Turun

Idealnya, cara menurunkan berat badan yang sehat adalah dengan melakukan diet dan olahraga secara teratur. Namun, sebagian orang memiliki aktivitas sangat padat sehingga kesulitan meluangkan waktu untuk olahraga. Jika demikian, maka ada cara diet tanpa olahraga yang bisa dilakukan.

Banyak orang mempertanyakan diet tanpa olahraga apakah bisa berhasil. Sebenarnya hal ini tergantung pada masing-masing individu. Jika Anda sudah melakukannya dengan benar, maka kemungkinan diet ini pun dapat berhasil.

Bagi Anda yang tertarik mencobanya, lebih baik simak dulu tips diet tanpa olahraga berikut.

Cara Diet Tanpa Olahraga

Sebenarnya diet akan jauh lebih efektif apabila dibarengi dengan olahraga teratur. Pasalnya, aktivitas fisik bisa membantu membakar lemak pada tubuh sehingga menurunkan berat badan. Tidak hanya itu, olahraga rutin juga dapat menjaga tubuh Anda tetap bugar serta memperkuat otot jantung.

Namun, apabila Anda ingin tahu bagaimana cara diet tanpa olahraga, berikut panduannya.

1. Memperbanyak Asupan Serat

Memperbanyak asupan serat adalah salah satu cara diet tanpa olahraga. Serat baik untuk membantu meningkatkan pengikatan kolesterol dan lemak supaya terbuang ke dalam feses, meningkatkan rasa kenyang, dan memperlambat pengosongan perut.

Anda dapat mengonsumsi berbagai makanan dengan kandungan serat seperti sereal gandum, kacang-kacangan, buah, dan sayur.

2. Menambah Asupan Protein

Selain serat, Anda juga bisa menambah asupan protein pada makanan sebagai tips diet tanpa olahraga. Dengan mengonsumsi lebih banyak protein dinilai dapat menurunkan berat badan serta mencegah penambahan berat badan.

Protein berguna untuk mengontrol nafsu makan dan memberi efek kenyang lebih lama. Selain itu metabolisme protein memerlukan proses lebih panjang supaya bisa dijadikan energi yang bisa digunakan oleh tubuh. Maka dari itu untuk metabolismenya memerlukan energi yang lebih besar dibandingkan dengan glukosa.

Anda bisa mengonsumsi makanan tinggi protein seperti yang terdapat pada kacang-kacangan, daging tanpa lemak, tahu, telur, ikan, produk susu, dan sebagainya.

3. Makan dalam Porsi Kecil

Cara diet tanpa olahraga selanjutnya yaitu makan dalam porsi kecil. Pasalnya, makan dengan porsi banyak bisa mendorong Anda untuk makan lebih banyak pula, alhasil berat badan mengalami peningkatan.

Sementara jika makan dalam porsi sedikit, maka kalori yang masuk ke dalam tubuh juga berkurang sehingga berat badan perlahan akan turun. Selain itu ketika Anda terbiasa makan dengan porsi kecil, lambung juga terbiasa lebih cepat mengirim sinyal kenyang ke otak sebab terbiasa tidak terlalu meregang.

Hindari kebiasaan makan sambil menonton TV ya, karena hal itu bisa memicu Anda makan berlebihan.

4. Tidak Tergesa-Gesa Saat Mengunyah Makanan

Tahukah Anda, ternyata kecepatan Anda dalam mengunyah makanan turut berpengaruh terhadap berat badan Anda sendiri, lho! Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengunyah makanan dengan tergesa-gesa atau cepat, berisiko lebih tinggi mengalami kenaikan berat badan dibanding orang yang makan secara perlahan.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda menghindari kebiasaan makan cepat. Salah satu alternatifnya ialah menghitung setiap gigitan saat mengunyah makanan. Cara ini dinilai sangat mudah untuk meningkatkan rasa kenyang, lho!

Jadi, kalau ingin berhasil melakukan cara diet tanpa olahraga, fokuslah saat makan, nikmati setiap gigitannya, kunyah secara perlahan, dan  paling penting berhentilah makan sebelum kekenyangan.

Baca juga: Tips Berolahraga Di sela-sela Kesibukan Kerja Dari Rumah

5. Tidur dengan Cukup

Selanjutnya tips diet tanpa olahraga yang tidak boleh Anda lewatkan adalah tidur dengan cukup. Adapun waktu tidur orang dewasa yang dianjurkan adalah sekitar 7 sampai 9 jam per hari.

Mengapa harus tidur cukup? Sebab kekurangan waktu tidur apalagi ditambah stres bisa menyebabkan hormon pengatur nafsu makan jadi tidak seimbang sehingga mendorong Anda untuk makan lebih banyak.

6. Menahan untuk Tidak Makan Makanan yang Kurang Sehat

Hal sederhana namun penting sebagai cara diet tanpa olahraga adalah menjaga diri untuk tidak mengosumsi makanan yang tidak sehat. Sebagai gantinya, Anda dapat mengonsumsi camilan sehat dan bergizi seperti buah-buahan dan sayuran.

7. Hitung Kebutuhan Kalori Anda

Mengetahui jumlah kebutuhan kalori sebagai cara diet tanpa olahraga juga akan membantu Anda menghindari kelebihan makan yang akhirnya akan menyebabkan peningkatan berat badan. Selain itu Anda bisa menyesuaikan dengan target penurunan berat badan yang ingin Anda capai.

8. Minum Air Putih untuk Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Terakhir, cara diet tanpa olahraga yang cukup efektif yaitu minum air putih untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Minum air putih tak hanya bisa menurunkan berat badan, melainkan juga dapat membantu menjaga kesehatan Anda secara keseluruhan.

Anda bisa membiasakan minum air putih sebelum makan supaya memberikan efek kenyang lebih cepat. Anda juga disarankan menghindari minum minuman manis agar kalori yang masuk tidak berlebihan.

Bicara tentang air minum, baiknya Anda memilih air mineral berkualitas yang mampu hadirkan kesegaran alami sumber mata air pegunungan pilihan, seperti AQUA.

AQUA sebagai pelopor air minum berkualitas di Indonesia juga berkomitmen dalam melindungi ekosistem sekitar sumber airnya agar keasliannya terjaga. Kemasan AQUA telah dirancang sedemikian rupa sehingga murninya mineral tetap terjaga sampai ke tangan Anda.

Baca juga: Manfaat Olahraga Malam Hari, Jenis & yang Harus Diperhatikan

Itu dia sejumlah cara diet tanpa olahraga yang dapat Anda lakukan. Meski begitu, perlu diketahui bahwa olahraga tetaplah penting, maka jika ingin hasil diet Anda lebih optimal, luangkan waktu untuk berolahraga secara rutin setidaknya 30 menit per hari.

Selain itu, atur pula jam makan untuk diet. Hindari makan di malam hari melebihi jam 9 karena ketika mendekati waktu tidur, melatonin akan meningkat sehingga menyebabkan terjadinya pembentukan lemak.

Tak lupa, sedia selalu AQUA di mana pun Anda berada. Apapun aktivitasnya, #AQUADULU. Ngomong-ngomong, sekarang AQUA lagi ngadain #AQUADULU TikTok Challenge berhadiah puluhan juta rupiah, lho!

Anda hanya perlu membuat video semenarik mungkin ketika lagi suntuk, gerah, capek, atau mengalami suasana hati yang buruk. Yuk ikutan sekarang juga!

Referensi:

  1. 6 Tips Diet Tanpa Olahraga untuk Menurunkan Berat Badan - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.