7 Cara Menambah Berat Badan yang Menyehatkan, Yuk Terapkan!

Hidup Sehat | 13 Januari 2023

Bagikan:

7 Cara Menambah Berat Badan yang Menyehatkan, Yuk Terapkan!

Banyak orang menganggap cara menambah berat badan hanya efektif dengan mengonsumsi makanan tinggi kalori lebih banyak. Nyatanya, tips menambah berat badan tidak hanya tentang konsumsi makanan saja, lho!

Yap, Anda perlu mengatur pola hidup sebaik mungkin bila ingin menambah berat badan dengan cara yang sehat, mulai dari mengelola waktu tidur, konsumsi makanan, hingga rutin olahraga.

Bila masih pemula, Anda tidak perlu khawatir. Artikel kali ini akan membahas beberapa tips menaikkan berat badan yang menyehatkan dan dapat dilakukan dengan mudah. Yuk, disimak!

7 Cara Menambah Berat Badan yang Menyehatkan

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, menambah berat badan tidak hanya tentang mengonsumsi makanan lebih banyak saja.

Ada beberapa hal lain yang perlu Anda perhatikan untuk menambah berat badan dengan cara sehat, seperti rutin sarapan pagi, rutin olahraga, serta mengonsumsi makanan padat kalori.

1. Sarapan Pagi

Cara menambah berat badan pertama yang menyehatkan dan penting untuk Anda lakukan adalah sarapan pagi secara rutin.

Tidak hanya membantu menambah berat badan, sarapan pagi secara rutin juga turut memberikan energi yang cukup untuk tubuh dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Anda juga bisa menambahkan satu gelas susu ke dalam menu sarapan pagi sebagai asupan protein tambahan.

2. Makan Lebih Sering

Utamanya, Anda bisa menaikkan berat badan dengan menambah asupan serta porsi makanan sehari-hari. 

Namun, pastikan porsi makanan tersebut telah sesuai dengan kebutuhan kalori Anda dan kebutuhan nutrisi lainnya, ya. Pasalnya, kebutuhan kalori dan nutrisi setiap orang berbeda-beda tergantung dari jenis kelamin, tinggi dan berat badan hingga aktivitas fisik sehari-harinya.

Anda bisa juga mengakalinya dengan menambah asupan camilan sehat di sela-sela jam makan.

Sebagai contoh, Anda dapat mengonsumsi makanan dengan porsi normal sebanyak 3 kali sehari disertai dengan camilan buah-buahan seperti alpukat dan pisang di luar jam makan.

Baca juga: 8 Penyebab Berat Badan Susah Naik yang Perlu Diketahui

3. Melakukan Olahraga untuk Menambah Berat Badan

Salah satu cara menambah berat badan yang menyehatkan adalah dengan melakukan olahraga tertentu.

Ada beberapa jenis olahraga untuk menambah berat badan yang bisa Anda coba lakukan sehari-hari, yaitu angkat beban, push up, serta pull up.

Olahraga tersebut diketahui mampu meningkatkan massa otot dalam tubuh serta mengurangi kadar lemak berlebih sehingga berat badan pun ikut bertambah dengan cara menyehatkan.

Di samping itu, olahraga secara rutin juga turut meningkatkan nafsu makan yang membuat Anda ingin mengonsumsi makanan lebih banyak [1].

4. Mengonsumsi Makanan Padat Kalori

Mengonsumsi makanan padat kalori adalah cara menambah berat badan yang cukup populer.

Namun, konsumsi makanan padat kalori ini perlu diperhatikan sebaik mungkin agar tidak berlebihan.

Anda bisa mengatur asupan kalori untuk menambah berat badan dengan berkonsultasi bersama dokter.

Dengan begitu, berat badan Anda dapat bertambah namun tetap menyehatkan.

Selain itu, Anda juga disarankan untuk mengonsumsi makanan tinggi protein untuk membantu meningkatkan massa otot.

Namun, jangan lupa untuk mengonsumsi makanan sehat lainnya agar seluruh kebutuhan nutrisi tubuh tetap tercukupi, ya.

5.  Cukupi Waktu Tidur

Mencukupi waktu tidur adalah hal yang penting untuk dilakukan bila Anda sedang menerapkan cara menaikkan berat badan.

Ini dikarenakan tidur akan memberikan waktu untuk tubuh dalam memperbaiki sel-sel yang rusak, termasuk sel otot. Dengan begitu, massa otot Anda dapat bertambah secara optimal.

Selain itu, tidur juga dapat membantu tubuh untuk mengembalikan energi yang hilang. Hasilnya, tubuh Anda akan lebih siap untuk melakukan cara menambah berat badan yang lain.

Anda disarankan untuk tidur minimal 7 sampai 9 jam dalam sehari sebagai upaya menambah berat badan dengan cara yang sehat.

Baca juga: Jadwal Makan untuk Menambah Berat Badan yang Benar, Ikuti Yuk!

6. Minum Air Putih Setelah Makan

Agar nafsu makan tetap terjaga, Anda disarankan minum air putih setelah makan.

Pasalnya, minum air putih sebelum makan dapat memberikan efek kenyang pada tubuh sehingga konsumsi makanan Anda menjadi lebih sedikit [2].

Jadi, Anda disarankan untuk minum segelas air putih setelah mengonsumsi makanan. Nah, Anda bisa memilih AQUA sebagai air minum Anda sehari-hari.

AQUA merupakan air minum siap konsumsi yang telah terlindungi kealamiannya karena diambil dari 21 sumber mata air pegunungan terpilih di Indonesia. 

AQUA juga memberikan perlindungan terhadap ekosistem di sekitar sumber mata airnya sehingga aman dan terbebas dari kontaminasi zat berbahaya.

Kualitas AQUA pun turut terjaga melalui serangkaian pemeriksaan serta uji kualitas yang dilakukan sebanyak 400 kali.

Jadi, selalu sediakan #AQUADULU pada setiap aktivitas harian Anda, ya!

7. Mengonsumsi Camilan Sehat

Cara menambah berat badan berikutnya yang tidak kalah efektif adalah mengonsumsi camilan sehat.

Di sela-sela jadwal makan, Anda bisa mengonsumsi camilan tertentu sebagai asupan kalori tambahan.

Beberapa camilan penambah berat badan yang menyehatkan dan baik untuk Anda konsumsi sehari-hari ini di antaranya kentang, keju, dan roti gandum dengan olesan selai kacang.

Demikian beberapa cara menambah berat badan yang dapat Anda lakukan secara praktis. Memiliki berat badan ideal memang didambakan oleh setiap orang.

Namun, Anda perlu memerhatikan cara menjaga berat badan ideal tersebut agar tetap menyehatkan, ya!

Baca juga: 8 Jenis Buah Tinggi Kalori untuk Menambah Berat Badan

Referensi:

  1. 7 Cara Sehat Menaikkan Berat Badan dan Tetap Bertahan Lama - Buka
  2. Tips Menambah Berat Badan Menjadi Lebih Ideal - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.