Logo AQUA

6 Cara Menanam Sayuran di Botol AQUA, Mudah dan Murah!

Bijak Berplastik | 08 Juli 2024

Bagikan:

6 Cara Menanam Sayuran di Botol AQUA, Mudah dan Murah!

Mencari cara kreatif untuk berkebun di rumah dengan ruang terbatas? Jangan khawatir, karena ada beberapa cara menanam sayuran di botol AQUA yang bisa Anda coba. Metode ini memanfaatkan botol plastik bekas sebagai wadah tanam sehingga hemat tempat dan ramah lingkungan. 

Tak hanya itu, menanam sayuran di botol AQUA juga terbilang mudah dan murah sehingga menjadikannya cocok bagi pemula yang ingin memulai berkebun di rumah. Ingin tahu lebih lanjut tentang cara menanam sayuran di botol AQUA? Yuk, simak artikel ini selengkapnya!

Cara Menanam Sayuran di Botol AQUA

Menanam sayuran di botol bekas adalah salah satu cara kreatif dan mudah untuk menghijaukan rumah Anda. Jadi, siapkan botol bekas AQUA Anda dan ikuti langkah-langkah mudah berikut ini untuk menanam sayuran di botol AQUA.

1. Lubangi Botol Bekas 

Langkah pertama dalam cara menanam sayuran di botol AQUA adalah dengan melubangi botol. Hal ini karena, lubang yang kecil pada botol biasanya tidak cukup untuk memasukkan tanah dan bibit sayuran. Oleh karena itu, untuk hasil panen yang maksimal, sebaiknya gunakan botol bekas berukuran besar minimal 1 liter. Bila tidak ada, gelas kemasan air mineral bekas juga bisa menjadi pilihan.

2. Bersihkan Botol

Sebelum menanam sayuran di botol bekas, pastikan untuk membersihkannya secara menyeluruh terlebih dahulu. Tujuannya adalah untuk menghilangkan sisa-sisa kotoran yang mungkin berpotensi menghambat pertumbuhan sayuran.

Caranya mudah, cukup cuci botol dengan sabun secara menyeluruh, baik bagian luar maupun dalam hingga tidak ada sisa sabun yang tertinggal. Setelah dicuci, tiriskan botol AQUA hingga benar-benar kering sebelum digunakan.

3. Gunakan Media Tanam yang Tepat

Setelah botol sudah bersih, langkah berikutnya dalam cara menanam sayuran di botol AQUA adalah dengan menggunakan media tanam yang tepat. Isi botol dengan media tanam yang sesuai dengan jenis sayuran yang ingin ditanam. 

Pasir, arang, sekam, atau tanah berpori bisa menjadi pilihan yang baik untuk memastikan tanaman dapat tumbuh optimal. Setelah terisi media tanam, letakkan botol di tempat yang sejuk dan teduh.

Baca juga: 9 Manfaat Berkebun, Bagus untuk Kesehatan Fisik dan Mental!

4. Gunakan Kerikil dan Arang untuk Melapisi Tanah

Agar sistem drainase tanaman menjadi lebih optimal, lapisi dasar botol AQUA Anda dengan kerikil atau arang terlebih dahulu sebelum ditambahkan media tanam. Tambahkan kerikil atau arang setinggi satu inci pada dasar botol. Selain membantu drainase, arang juga bermanfaat untuk menetralkan bau asam akibat penguraian.

5. Masukkan Bibit Tanaman

Langkah selanjutnya dalam cara menanam sayuran di botol AQUA adalah memasukkan bibit tanaman. Sebaiknya, pilihlah bibit berkualitas dari toko terpercaya agar mendapatkan hasil panen yang optimal. Pastikan juga bibit tidak melewati masa kedaluwarsa dan terhindar dari paparan sinar matahari langsung.

6. Berikan Perawatan Secara Berkala

Cara menanam sayuran di botol AQUA terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan memberikan perawatan secara berkala. Perawatan berkala sangat penting untuk memastikan sayuran tumbuh subur di botol bekas. 

Siramlah tanaman dua kali sehari, pagi dan sore dengan air bersih secara merata. Selain itu, berikan larutan nutrisi AB Mix secara berkala untuk memenuhi kebutuhan hara tanaman. Panenlah sayuran saat sudah mencapai usia 21-25 hari tanam atau ketika tingginya mencapai 20-25 cm.

Jenis Sayuran yang Cocok Ditanam di Botol Bekas

Perlu diketahui, tidak semua jenis sayuran cocok ditanam di botol bekas. Ukuran botol yang lebih kecil dibandingkan pot atau polybag menjadi alasan utamanya. Beberapa jenis sayuran tidak akan tumbuh optimal di ruang yang terbatas. Oleh karena itu, berikut beberapa pilihan sayuran yang ideal untuk ditanam di botol bekas, di antaranya adalah:

  • Sawi.
  • Tomat.
  • Cabai.
  • Bayam.
  • Kangkung.
  • Terong-terongan.

Sayuran-sayuran ini memiliki pertumbuhan yang tidak terlalu tinggi dan masa tanam relatif singkat sehingga cocok untuk ditanam di botol bekas.

Baca juga: Hidroponik dengan Botol AQUA Bekas? Begini Caranya!

Pupuk yang Cocok untuk Tanaman Sayuran di Botol Bekas

Sayuran daun, seperti bayam, kangkung, katuk, sawi, dan selada memerlukan pupuk yang dapat membuat daun lebat, hijau, segar, serta renyah. Pupuk ini bisa ditambahkan saat penanaman atau sebagai pemupukan susulan di pertengahan masa tanam. Jenis pupuk yang cocok digunakan adalah pupuk tinggi Nitrogen, seperti urea dan pupuk NPK.

Itulah informasi lengkap mengenai beberapa cara mudah menanam sayuran di botol AQUA bekas. Metode menanam sayuran ini cocok bagi siapa saja yang ingin memulai berkebun di rumah. 

Namun, setelah menyelesaikan kegiatan menanam sayuran, jangan lupa untuk tetap menjaga hidrasi tubuh dengan minum AQUA DULU. Bagi Anda yang memiliki aktivitas padat dan mobilitas tinggi, AQUA botol 600 ml siap menemani dengan ukurannya yang praktis. 

Lebih dari itu, membeli produk AQUA membuka peluang bagi Anda untuk menjelajahi keindahan Indonesia secara gratis! 

Caranya mudah, cukup beli produk AQUA apapun. Kemudian, kirimkan bukti pembeliannya ke Whatsapp AQUA di 087878700048 dan bersiaplah untuk berpetualang ke berbagai destinasi menarik, seperti Labuan Bajo, Wakatobi, Danau Toba, hingga Mandalika.

Program AQUA 100% Murni 100% Petualangan Indonesia berlangsung dari 29 Mei hingga 30 September 2024. Semakin banyak Anda membeli produk AQUA, semakin besar juga kesempatan untuk memenangkan liburan gratis ini. 

Tunggu apalagi? Ayo, nikmati kesegaran AQUA yang 100% Indonesia, 100% Halal, dan 100% Murni serta jangan lewatkan kesempatan untuk liburan gratis keliling Indonesia bersama AQUA!

Baca juga: 7 Ide Kegiatan saat Liburan di Rumah yang Tidak Membosankan

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Pesan AQUA, kami antar. Belanja sekarang!

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut .