8 Cara Mengatasi Badan Lemas Setelah Sakit, Simak Tipsnya!

Hidup Sehat | 10 Agustus 2022

Bagikan:

8 Cara Mengatasi Badan Lemas Setelah Sakit, Simak Tipsnya!

Setelah pulih dari sakit, biasanya tubuh masih terasa begitu lemas hingga membuat tubuh Anda butuh beradaptasi untuk kembali beraktivitas seperti semula.

Hal ini dikarenakan peningkatan metabolisme yang digunakan untuk regenerasi sel-sel yang rusak karena proses penyakit tertentu.

Nah, agar tubuh cepat bugar lagi, Anda sebetulnya bisa melakukan berbagai cara mengatasi badan lemas setelah sakit.

Seperti memperbanyak istirahat, konsumsi makanan sehat dan bergizi, minum air putih yang cukup, dan masih banyak lagi.

Pasalnya, pasca sakit, tubuh memerlukan waktu pemulihan agar bisa bekerja sebagaimana mestinya.

Yuk simak selengkapnya mengenai berbagai cara menghilangkan badan lemas setelah sakit pada artikel di bawah ini!

Cara Mengatasi Badan Lemas Setelah Sakit

Ketika Anda jatuh sakit, sistem kekebalan tubuh akan berjuang melawan serangan virus, infeksi, ataupun bakteri yang mengakibatkan penyakit tersebut.

Setelahnya, tubuh pun memerlukan waktu untuk pulih hingga mampu memberikan perlindungan kembali. Inilah yang kerap menjadi penyebab badan lemas setelah sakit.

Kondisi tersebut mungkin membuat Anda sulit melakukan berbagai kegiatan seperti semula, bukan? Lantas, apa yang bisa dilakukan?

Well, Anda mungkin bisa coba sejumlah cara mengatasi badan lemas setelah sakit berikut agar dapat segera beraktivitas normal. Check it out!

1. Kontrol Aktivitas untuk Sementara Waktu

Selama proses memulihkan badan lemas setelah sakit, hal pertama yang patut Anda lakukan adalah mengontrol aktivitas harian untuk sementara.

Meskipun rasanya begitu membosankan harus berbaring terus-menerus semenjak sakit, namun cobalah lebih sabar dan tahan diri Anda dari aktivitas yang berat.

Pasalnya, masa pemulihan ini merupakan proses penting agar Anda segera sehat dan bugar kembali.

Jangan sampai tubuh Anda justru kembali sakit karena sistem kekebalan tubuh menurun kembali akibat kelelahan.

Baca juga: 6 Penyebab Pusing Setelah Olahraga dan Cara Mengatasinya

2. Pastikan Tidur Anda Cukup dan Berkualitas

Selain mengurangi aktivitas berat, cara mengatasi badan lemas setelah sakit berikutnya adalah tidur cukup dan berkualitas, yaitu selama 7 sampai 8 jam setiap malam.

Perlu Anda ketahui, tidur di malam hari merupakan waktu di mana tubuh berkesempatan memperbaiki jaringan berserta sel-sel di dalamnya agar bekerja lebih optimal. Hal tersebutlah yang membuat energi Anda cepat pulih kembali.

3. Lakukan Berolahraga Ringan dengan Rutin

Meskipun Anda dianjurkan untuk mengurangi aktivitas berat, namun bukan berarti Anda dilarang berolahraga. Ya, olahraga rutin adalah salah satu cara mengatasi badan lemas setelah sakit.

Sebab, olahraga diketahui dapat meningkatkan semangat, stamina, dan kualitas hidup secara menyeluruh, terutama bila Anda melakukannya secara konsisten.

Di sisi lain, olahraga juga mampu meningkatkan produksi sel leukosit dan laju distribusi oksigen yang dibutuhkan untuk metabolisme sel.

Akan tetapi, tentu saja dengan jenis olahraga ringan, seperti jalan pagi atau sore, yoga, meditasi, dan lain sebagainya.

Selama Anda tidak terlalu memaksakan diri, hal ini akan membantu memulihkan badan lemas setelah sakit.

4. Berjemur di Bawah Sinar Matahari Pagi

Manfaat berjemur di pagi hari dapat menjadi cara mengatasi badan lemas setelah sakit lainnya. Anda mungkin bisa berjalan-jalan ke luar rumah dan membuat tubuh terpapar sinar matahari pagi

Sebab, paparan sinar matahari pada pukul 8-10 pagi memberikan asupan vitamin D yang mampu meningkatkan sistem imun tubuh.

Baca juga: Beragam Penyebab Kepala Pusing dan Cara Mengatasinya

5. Konsumsi Makanan Bergizi

Selain berbagai cara mengatasi badan lemas setelah sakit di atas, Anda juga wajib memperhatikan asupan nutrisi harian dari makanan yang dikonsumsi.

Selama masa pemulihan, Anda disarankan memperbanyak konsumsi makanan bergizi, seperti sayuran dan buah-buahan yang kaya akan nutrisi penting, terutama  protein yang digunakan untuk regenerasi sel.

Berbagai makanan untuk badan lemas setelah sakit tersebut akan membantu tubuh Anda mempercepat perbaikan sistem imun hingga mampu memberikan perlindungan dan mencegah serangan virus kembali.

6. Minum Air Putih yang Cukup

Cara mengatasi badan lemas setelah sakit yang tak kalah penting adalah memastikan kebutuhan cairan tubuh tetap terpenuhi.

Anda sebaiknya minum air putih minimal 8 gelas atau 2 liter dalam sehari agar membuat tubuh lebih fit, bertenaga, dan terhindar dari dehidrasi.

Sebab, asupan cairan cukup akan membantu menstabilkan homeostasis, menjaga suhu tubuh tetap stabil, dan membantu mengeluarkan zat racun yang masih tersisa dalam tubuh.

Seperti Anda ketahui, sebagian besar tubuh manusia terdiri atas air. Maka dari itu, air menjadi asupan terbaik yang menjaga tubuh Anda tetap bugar dan sehat.

Dengan tercukupinya kebutuhan cairan, sistem tubuh akan jauh lebih kuat dan mampu bekerja secara optimal untuk memulihkan stamina.

Mengingat pentingnya minum air putih, pastikan Anda memilih air minum yang bagus seperti AQUA.

AQUA sendiri merupakan pelopor air mineral berkualitas di Indonesia yang memberikan berbagai perlindungan terhadap sumber airnya.

Berasal dari sumber air pegunungan pilihan, air mineral AQUA dikemas melalui ratusan uji kualitas tanpa tersentuh tangan manusia.

Dengan demikian, kemurnian mineral dan manfaat yang diberikannya sudah tak perlu Anda ragukan lagi.

Untuk memastikan kebutuhan air minum keluarga di rumah selalu terpenuhi, Anda bisa mulai menyediakan kemasan galon AQUA 19 liter.

7. Hindari Stres

Tahukah Anda, stres ternyata dapat memengaruhi kondisi fisik seseorang, termasuk ketika masa pemulihan kesehatan tubuh.

Maka dari itu, menghindari stres dan mengelola pikiran dengan baik bisa menjadi salah satu cara mengatasi badan lemas setelah sakit. Anda mungkin bisa melakukan hobi, berlatih pernapasan, meditasi, dan sebagainya.

8. Terapkan Pola Hidup Sehat

Last but not least, cobalah terapkan pola hidup sehat untuk membantu proses pemulihan tubuh jadi lebih efektif.

Ada baiknya Anda menghindari kebiasaan-kebiasaan kurang baik yang dapat merugikan kesehatan.

Bukan hanya menghambat penyembuhan, pola hidup tak sehat juga bisa meningkatkan risiko penyakit di masa mendatang.

Itu dia berbagai cara mengatasi badan lemas setelah sakit yang mungkin dapat Anda coba terapkan.

Jika setelah beberapa waktu tubuh Anda masih terasa belum membaik, lakukan pemeriksaan kembali ke dokter guna mengevaluasi proses pengobatan.

Selalu imbangi dengan konsumsi makanan bergizi dan minum air putih yang cukup agar sistem imun bisa segera kembali meningkat.

Terakhir, jangan lupa minum #AQUADULU setiap hari guna memperoleh manfaat dan kebaikan mineralnya!

Baca juga: 10 Makanan Pasca Operasi yang Dapat Bantu Percepat Pemulihan

Referensi:

  1. Cara Mengatasi Badan Lemas Setelah Sembuh dari Sakit - Buka
  2. Ini 6 Tips agar Tubuh Bisa Pulih Optimal setelah Sakit - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.