6 Cara Mengatasi Demam setelah Imunisasi pada Anak

Hidup Sehat | 07 Januari 2023

Bagikan:

6 Cara Mengatasi Demam setelah Imunisasi pada Anak

Sebagai upaya menjaga kesehatan anak, Anda disarankan untuk rutin memberikan imunisasi kepada si kecil secara rutin. Namun, imunisasi terkadang menimbulkan gejala demam pada anak. Lantas, bagaimana cara mengatasi demam setelah imunisasi pada anak?

Demam setelah imunisasi pada anak sebenarnya menjadi reaksi sistem imun dalam mengenali vaksin yang masuk ke dalam tubuh.

Hal ini tidak berbahaya bila anak mendapatkan penanganan yang tepat setelah muncul gejala demam pasca imunisasi. 

Penanganan yang perlu Anda lakukan sebagai cara mengatasi anak demam setelah imunisasi dapat dilihat pada ulasan berikut ini.

Cara Mengatasi Demam setelah Imunisasi

Demam merupakan kondisi ketika tubuh mengalami peningkatan suhu. Kondisi ini sering timbul pada anak terutama setelah mendapatkan suntikan vaksin atau imunisasi.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Puspariny dkk. (2021), vaksin anak jenis DPT sering kali menimbulkan demam atau panas pada anak [3].

Walau begitu, demam pasca imunisasi pada anak merupakan hal wajar karena sistem imun sedang beradaptasi dengan komponen vaksin yang baru dimasukkan ke dalam tubuh.

Namun, tetap ada beberapa cara mengatasi demam setelah imunisasi pada anak yang perlu dilakukan oleh Anda sebagai orang tua, yaitu:

1. Pantau Kondisi Si Kecil secara Berkala

Cara mengatasi demam setelah imunisasi yang pertama adalah memantau kondisi tubuh si kecil secara berkala.

Anda perlu rutin mengecek suhu tubuh si kecil menggunakan termometer setiap 2 sampai 3 jam sekali untuk memastikan demam yang terjadi tidak terlalu tinggi.

Di samping itu, Anda juga dapat menemani dan memberikan perhatian penuh kepada si kecil saat sedang berbaring di kamar tidur.

Dengan begitu, anak akan merasa tenang dan nyaman karena melihat kehadiran orang tua di sampingnya ketika sedang sakit.

Baca juga: Mengenal Gejala Dehidrasi Pada Anak dan Cara Mengatasinya

2. Perhatikan Suhu dan Kelembapan Ruangan

Suhu serta kelembapan ruangan adalah hal yang penting untuk diperhatikan agar tubuh si kecil tetap mendapatkan udara segar saat sedang demam.

Anda dapat membuka jendela di pagi hari untuk memastikan sirkulasi udara di dalam kamar anak tetap lancar.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan humidifier agar kelembapan udaranya terjaga.

3. Kompres Dingin

Kompres dingin menjadi salah satu cara menurunkan demam setelah imunisasi pada anak yang dinilai cukup efektif.

Kompres dingin bisa digunakan untuk membantu menurunkan suhu badan. Selain itu, suhu dingin juga memiliki efek analgetik sehingga dapat mengurangi rasa nyeri pada area suntikan.

Namun, Anda perlu memastikan suhu dingin yang digunakan untuk mengompres ini tak terlalu rendah agar tubuh si kecil tidak menggigil.

4. Cukupi Waktu Istirahat

Bila kondisi tubuh anak sedang tidak fit, seperti demam, Anda perlu membiarkannya untuk memperbanyak waktu istirahat, terutama tidur.

Cara mengatasi demam setelah imunisasi satu ini dimaksudkan agar memberikan waktu untuk tubuh dalam memulihkan kondisinya secara alami.

Biarkan anak untuk tidur selama 10 sampai 11 jam sehari agar tubuh dapat mengatasi demam secara alami dengan optimal.

Baca juga: Mengenal 8 Ciri-Ciri Anak Sehat Secara Fisik dan Psikis

5. Perbanyak Minum Air Putih

Anda juga disarankan untuk memberikan air putih yang cukup untuk si kecil sebagai cara mengatasi demam setelah imunisasi.

Pasalnya, penelitian dari Kırklaerli University, Turki menyebutkan bahwa minum air putih turut mengoptimalkan metabolisme tubuh sehingga sistem imunitas anak lebih terjaga apalagi saat sedang demam [4].

Oleh karena itu, arahkan si kecil untuk #AQUADULU setelah melakukan imunisasi.

AQUA telah setia menyediakan air minum layak konsumsi yang terjaga kualitasnya untuk masyarakat Indonesia selama lebih dari 49 tahun.

Untuk menjaga kualitasnya tersebut, AQUA memilih sumber mata air berdasarkan 9 kriteria khusus, 5 tahapan, serta 1 tahun penelitian bersama dengan para ahli terkait.

AQUA juga memberikan perlindungan terhadap kealamian air mineralnya dengan melakukan penyaringan secara seksama dan berhati-hati dari batuan vulkanis pegunungan.

Setelah selesai diproduksi dan dikemas, AQUA pun melanjutkan pemeriksaan serta uji kualitas sebanyak 400 kali untuk memastikan kesterilan produknya.

6. Gunakan Pakaian Longgar

Cara mengatasi demam setelah imunisasi yang terakhir adalah mengenakan pakaian longgar untuk si kecil. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan suhu panas keluar dari tubuh si kecil [2].

Anda juga dapat mengenakan selimut yang lembut pada anak untuk menjaga suhu tubuhnya agar tetap stabil.

Itu dia beberapa cara mengatasi demam setelah imunisasi pada anak yang bisa Anda coba lakukan di rumah.

Bila demam si kecil tidak kunjung mereda walaupun telah melakukan cara di atas, jangan ragu untuk segera mengunjungi dokter, ya.

Semoga artikel ini bermanfaat!

Baca juga: Ini Urutan Imunisasi Bayi untuk Menjaga Kesehatan Buah Hati

Referensi:

  1. Menangani Demam Setelah Imunisasi - Buka
  2. Anak Demam setelah Imunisasi, Orangtua Harus Apa? - Buka
  3. Puspariny C, Kurniati D, Ayu GRY. 2021. Pengaruh Pemberian Imunisasi DPT terhadap Kenaikan Suhu Tubuh Bayi di Puskesmas Purbolinggo Lampung. Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan. 12(2):292-297. - Buka
  4. Ozkaya I, Yildiz M. 2021. Effect of Water Consumption Over The Immune System Response Given During Covid-19. Magna Scientia Advanced Research and Reviews. 02(01), 040-044. - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.