14 Cara Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi yang Efektif

Hidup Sehat | 16 Maret 2022

Bagikan:

14 Cara Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi yang Efektif

Seiring bertambahnya usia, penurunan daya ingat merupakan sebuah kondisi yang umum terjadi. Meski terbilang normal, mudah lupa termasuk masalah besar. Misalnya saja seperti lupa di mana menaruh helm sepeda padahal Anda berencana melakukan olahraga di pagi hari. Hal ini tentu dapat mempengaruhi mood dan produktivitas. Itulah sebabnya, penting bagi Anda untuk mengetahui cara meningkatkan daya ingat.

Pada artikel kali ini, AQUA akan membahas beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membantu meningkatkan daya ingat. Yuk simak!

Cara Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi

Meskipun tidak ada jaminan untuk terhindar dari masalah kehilangan ingatan di masa depan, setidaknya ada beberapa cara tertentu yang dapat membantu, yaitu:

1. Kurangi asupan gula

Terlalu banyak asupan gula dalam tubuh akan memicu timbulnya berbagai masalah kesehatan, termasuk penurunan kognitif yang berakibat pada penurunan daya ingat.

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi minuman manis berlebih akan membuat tingkat ingatan seseorang menurun dibandingkan dengan mereka yang menerima asupan gula lebih sedikit [1]. Oleh karena itu, sebaiknya kurangi asupan gula dalam makanan Anda sehari-hari.

2. Lakukan meditasi

Meditasi cocok bagi Anda yang penasaran bagaimana cara meningkatkan daya ingat dan konsentrasi sekaligus. Secara umum, meditasi memang dapat membawa banyak hal positif. Tak hanya menenangkan, melakukan meditasi juga mampu mengurangi stres, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan memori.

3. Tidur yang cukup

Tidur memegang peran penting dalam proses konsolidasi memori, yaitu dimana otak merubah ingatan jangka pendek menjadi ingatan jangka panjang [2]. Itulah sebabnya, kurang tidur dapat berdampak buruk bagi kemampuan daya ingat. Anda disarankan memiliki waktu tidur yang cukup sekitar 7 hingga 8 jam per hari untuk mengoptimalkan kesehatan.

4. Kurangi konsumsi alkohol

Penelitian menunjukkan bahwa alkohol dapat memicu timbulnya efek neurotoksik pada otak. Bahkan konsumsi alkohol dalam jumlah yang sangat tinggi dan berulang berisiko memunculkan gangguan pada hipokampus, yaitu sebuah bagian otak yang memainkan peran penting dalam mempertahankan daya ingat.

5. Latih otak

Melatih otak merupakan cara meningkatkan daya ingat dan konsentrasi yang cukup efektif dan menyenangkan. Anda bisa melakukannya dengan teka teki silang ataupun permainan online untuk otak lainnya yang dapat merangsang otak mengingat hal tertentu. Cara meningkatkan daya ingat otak ini terbukti membantu mengurangi risiko demensia pada usia lanjut [3]. 

6. Cukupi kebutuhan vitamin D

Rendahnya kadar vitamin D dalam tubuh dapat memicu sejumlah masalah kesehatan, termasuk penurunan fungsi kognitif pada geriatri. Tingkat vitamin D yang terlalu rendah juga dapat meningkatkan resiko seseorang terkena gangguan demensia atau penurunan daya ingat dan cara berpikir.

Baca juga: Berolahraga Dengan Menggunakan Perabotan Yang Ada Di Rumah

7. Rutin berolahraga

Banyak sekali penelitian yang menunjukkan bahwa olahraga mampu meningkatkan sekresi sekresi dopamin dan melancarkan peredaran darah tubuh yang pada akhirnya membawa efek positif bagi kemampuan daya ingat Anda. Rutin olahraga di usia paruh baya juga bisa mengurangi risiko terkena demensia.

8. Biasakan untuk mengorganisir segala sesuatunya

Cara meningkatkan daya ingat otak kali ini mungkin tampak sepele. Namun sebenarnya, membiasakan diri untuk mengorganisir hal-hal kecil seperti meletakkan barang kembali pada tempatnya, membuang barang yang sudah tidak dipakai, dan mencatat agenda harian akan membantu konsentrasi dan menjaga daya ingat Anda.

9. Aktif bersosialisasi

Menjalin komunikasi dengan teman, sahabat, serta orang-orang terdekat merupakan salah satu cara meningkatkan daya ingat dan konsentrasi yang cukup efektif [4]. Sebab bersosialisasi mampu menurunkan kemungkinan Anda terkena stres dan depresi, dimana kedua hal tersebut termasuk penyebab pemicu menurunnya daya ingat. 

10. Pertahankan berat badan sehat

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa obesitas dapat memicu penurunan kognitif seseorang. Hal itu dikarenakan obesitas menyebabkan perubahan pada gen terkait memori otak yang pada akhirnya mempengaruhi kemampuan daya ingat seseorang. 

11. Makan makanan anti inflamasi

Konsumsi makanan anti inflamasi juga termasuk cara meningkatkan daya ingat karena membantu menurunkan peradangan dalam tubuh sehingga mampu mengurangi stres oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas. Makanan anti inflamasi ini bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi teh, sayur, dan buah. 

12. Konsumsi suplemen penambah daya ingat

Ada cara meningkatkan daya ingat yang bisa Anda lakukan dengan mengonsumsi makanan tertentu. Misalnya saja seperti minyak ikan. Pasalnya, minyak ikan kaya akan asam lemak omega 3 docosahexaenoic acid (DHA) yang penting bagi kesehatan dan fungsi kognitif dan penyaluran sinyal di otak. Alhasil, kemungkinan penurunan kognitif pun dapat diminimalisir semaksimal mungkin [5].

Baca juga: Mengenal Pengertian Budaya Hidup Sehat dan Manfaat Baiknya

13. Ikuti saran pengobatan medis

Jika Anda memiliki masalah kesehatan, sebaiknya ikutilah saran pengobatan medis yang direkomendasikan oleh dokter. Walau tak berkaitan langsung, kondisi kesehatan yang prima akan sangat membantu Anda untuk tetap mempertahankan daya ingat.

14. Cukupi cairan tubuh

Dehidrasi dapat menyebabkan ketidakseimbangan dalam tubuh dan memicu disfungsi otak. Akibatnya, kemampuan kognitif pun berkurang dan membuat kita kesulitan untuk mengingat sesuatu. Itulah sebabnya, mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih termasuk sebagai salah satu cara meningkatkan daya ingat dan konsentrasi.

Itulah 14 cara meningkatkan daya ingat otak secara sederhana yang bisa Anda mulai terapkan mulai sekarang. Tetap cukupi juga kebutuhan mineral Anda dengan #AQUDULU sebelum melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa!

Referensi:

  1. Natural Ways to Improve Your Memory - Buka
  2. Ten-Year Effects of the ACTIVE Cognitive Training Trial on Cognition and Everyday Functioning in Older Adults - Buka
  3. Memory loss: 7 tips to improve your memory - Buka
  4. 14 Cara Meningkatkan Daya Ingat Secara Alami - Buka
  5. Brain foods: the effects of nutrients on brain function - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Pesan AQUA, kami antar. Belanja sekarang!

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut .