9 Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh, Efektif Bantu Diet!

Hidup Aktif | 12 April 2022

Bagikan:

9 Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh, Efektif Bantu Diet!

Metabolisme adalah proses pembakaran kalori dari makanan dan minuman untuk kemudian diubah menjadi energi yang akan digunakan dalam aktivitas sehari-hari. Selama ini, peningkatan metabolisme dianggap sebagai salah satu cara menurunkan berat badan yang efektif. Namun tahukah Anda, bagaimana cara meningkatkan metabolisme tubuh?

Pasalnya, semakin tinggi tempo metabolisme tubuh, kian banyak pula kalori yang dapat terbakar sehingga penumpukan kalori dalam bentuk lemak pun dapat dicegah. Namun perlu diingat, laju metabolisme setiap orang berbeda-beda dan dipengaruhi oleh banyak faktor seperti usia, jenis kelamin, aktivitas fisik, suhu, ukuran, dan komposisi tubuh.

Nah bagi Anda yang ingin mengetahui lebih lanjut bagaimana cara meningkatkan metabolisme tubuh untuk mempercepat pembakaran kalori, yuk simak ulasan selengkapnya dalam artikel berikut ini!

9 Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Pada dasarnya, laju metabolisme tubuh tergantung pada asupan makanan dan minuman serta kebiasaan yang Anda lakukan sehari-hari. Adapun beberapa cara meningkatkan metabolisme tubuh secara alami, yaitu:

1. Makan secara teratur

Walau terlihat sepele, membiasakan makan pada waktu yang konsisten dapat membantu menjaga keseimbangan metabolisme. Apalagi jika Anda terbiasa makan hanya satu atau dua kali sehari dalam porsi besar, maka kemungkinan besar tubuh akan membakar kalori lebih lambat sehingga cadangan lemak pun kian meningkat.

Nah untuk mengurangi kecenderungan tersebut, Anda disarankan untuk makan secara teratur. Idealnya, seseorang harus makan beberapa kali dalam porsi kecil atau camilan dengan jarak sekitar 3 atau 4 jam [1].

2. Hindari crash diet

Crash diet adalah pola makan yang membatasi asupan makanan sebanyak 1200 kalori pada wanita dan 1800 pada pria per hari. Perlu dipahami, crash diet dapat memberikan dampak buruk dan bukan termasuk cara meningkatkan metabolisme tubuh untuk mempercepat pembakaran kalori yang efektif.

Sebab, meskipun crash diet mampu membantu Anda menurunkan berat badan dengan cepat, asupan nutrisi dan gizi yang seharusnya dibutuhkan tubuh menjadi dikorbankan. Di samping itu, program diet yang tidak sehat seperti ini juga dapat menurunkan massa otot sehingga proses metabolisme tubuh kian melambat [2].

3. Tingkatkan asupan protein

Selanjutnya, cara meningkatkan metabolisme tubuh secara alami yaitu dengan memperbanyak asupan protein. Sebab, Proses metabolisme dalam tubuh dimediasi oleh enzim, enzim merupakan protein dengan fungsi khusus dalam anabolisme dan katabolisme. Sehingga memperbanyak asupan protein dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

Konsumsi protein juga telah terbukti dapat membantu Anda merasa lebih kenyang dan mencegah makan secara berlebihan [3].

Baca juga: 13 Makanan Tinggi Protein, Perkuat Daya Tahan dan Kesehatan!

4. Perbanyak minum air putih

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa minum 0,5 liter air mampu meningkatkan metabolisme sebesar 10 sampai 30% selama sekitar satu jam [3]. Secara lebih lanjut, pembakaran kalori ini mungkin lebih besar dengan minum air dingin. Sebab tubuh secara otomatis akan menggunakan energi untuk menyamakan suhu normal tubuh.

Di samping itu, sebuah studi juga menunjukkan bahwa minum air setengah jam sebelum makan dapat membantu Anda makan lebih sedikit [3]. Bahkan mereka yang minum setengah liter air sebelum makan kehilangan berat badan hingga 44% lebih banyak daripada mereka yang tidak [3].

Jadi, salah satu metoded untuk meningkatkan metabolisme tubuh adalah dengan minum AQUA DULU sebelum beraktivitas. Disamping meningkatkan metabolisme tubuh, minum air putih juga bisa membuat Anda terhindar dari gejala dehidrasi.

5. Coba olahraga intensitas tinggi

Melakukan aktivitas fisik berintensitas tinggi atau High Intensity Interval Training (HIIT) terbukti sebagai salah satu cara meningkatkan metabolisme tubuh secara alami sekaligus membakar lebih banyak lemak, bahkan setelah latihan tersebut telah usai [3].

Sebuah studi yang dilakukan pada pria muda dengan berat badan berlebih menemukan bahwa 12 minggu latihan intensitas tinggi dapat mengurangi massa lemak sebanyak 2 kg dan lemak perut hingga 17% [3].

6. Tingkatkan massa otot

Tahukah Anda, meningkatkan massa otot ternyata juga bagian dari cara meningkatkan metabolisme tubuh secara alami lho! Nah salah satu langkah yang bisa Anda coba yaitu dengan latihan angkat beban.

Mengangkat beban juga akan membantu Anda mempertahankan massa otot sehingga mencegah penurunan metabolisme yang dapat terjadi selama penurunan berat badan [3]. Tak hanya itu, ​​mempertahankan otot dengan mengangkat beban juga akan memicu pembentukan jaringan otot, sehingga semakin besar massa otot semakin tinggi tingkat metabolisme tubuh

7. Lebih banyak bergerak

Terlalu banyak duduk tidak baik untuk kesehatan Anda [3]. Oleh karena itu, pertahankan agar tubuh Anda tetap aktif dengan lebih banyak bergerak. Nah jika pekerjaan Anda mengharuskan untuk duduk di depan meja, cobalah berdiri dan berjalan secara teratur selama beberapa menit sekali.

Perlu diketahui, aktif bergerak juga dapat meningkatkan metabolisme sehingga tubuh dapat membakar lebih banyak kalori.

8. Kelola stress

Stres mempengaruhi kadar hormon, dan dapat menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak kortisol dari biasanya. Perlu diketahui, kortisol adalah hormon yang membantu mengatur nafsu makan. Penelitian di tahun 2011 menemukan bahwa orang yang mengalami gangguan makan memiliki kadar kortisol abnormal [1].

Stres juga erat kaitannya dengan menurunnya kualitas tidur sehingga dapat mempengaruhi laju metabolisme Anda. Kesimpulannya, penerapan cara meningkatkan metabolisme secara alami tidak terlepas dari pengelolaan stres yang baik.

Baca juga: 7 Cara Menghilangkan Stres Agar Lebih Tenang dan Bahagia

9. Dapatkan tidur berkualitas

Ketika seseorang kurang tidur, tubuh akan melepaskan hormon ghrelin yang dapat membuat seseorang merasa lapar. Selain itu, kualitas tidur yang buruk juga membuat produksi hormon leptin menurun sehingga menyebabkan seseorang sulit merasa kenyang [1].

Maka dari itu, cara meningkatkan metabolisme tubuh terakhir ini merekomendasikan agar Anda memperoleh tidur yang cukup demi memastikan bahwa hormon-hormon tersebut tetap terjaga keseimbangannya. Hal ini juga dapat mencegah Anda untuk makan berlebihan. Jadi mulai sekarang, biasakan untuk tidur selama 7 hingga 9 jam per hari, ya!

Itulah 9 cara meningkatkan metabolisme tubuh untuk mempercepat pembakaran kalori yang bisa Anda coba. Kesimpulannya, selalu biasakan budaya hidup sehat, ya. Salah satunya yaitu dengan minum #AQUADULU minimal 2 liter per hari untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh.

Sebagai catatan, tercukupinya asupan cairan dapat mencegah Anda mengalami dehidrasi sehingga yang akan memperlambat kinerja metabolisme tubuh. Dengan kata lain, asupan cairan yang cukup dapat mencegah perlambatan dalam proses metabolisme tubuh. Jadi, jangan lupa minum #AQUADULU, ya. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa!

Referensi:

  1. How to increase your metabolism - Buka
  2. The Risks of the Crash Diet - Buka
  3. Easy Ways to Boost Your Metabolism - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.