8 Cara Menjaga Kebersihan Rumah Agar Lebih Sehat dan Nyaman

Hidup Sehat | 13 April 2022

Bagikan:

8 Cara Menjaga Kebersihan Rumah Agar Lebih Sehat dan Nyaman

Siapa yang tak senang bila rumah senantiasa dalam keadaan bersih? Meski demikian, masih banyak yang menganggap bahwa bersih-bersih rumah merupakan hal sulit. Nah pada dasarnya, cara menjaga kebersihan rumah bisa dimulai dari kebiasaan-kebiasaan kecil setiap hari. Dengan begitu, Anda pun turut menjaga kesehatan keluarga dan kenyamanan hunian.

Lalu, bagaimana cara menjaga kebersihan rumah dengan mudah? Dan sebenarnya, mengapa kita harus menjaga kebersihan rumah? Temukan jawaban selengkapnya dalam artikel berikut ini!

Manfaat Menjaga Kebersihan Rumah

Sudahkah Anda tahu mengapa kita harus menjaga kebersihan rumah? Apakah demi membuat rumah senantiasa terlihat bersih saja? Ternyata tidak, karena beberapa manfaat menjaga kebersihan rumah lainnya yang tak kalah berguna yaitu:

1. Terhindar dari alergi dan penyakit

Tahukah Anda, salah satu dampak bila tidak rajin membersihkan rumah yaitu meningkatnya risiko alergi. Walau mungkin terlihat sederhana, kegiatan seperti menyapu lantai atau mengelap permukaan meja akan meminimalisir debu, bulu hewan peliharaan, tungau, dan alergen lain yang mampu memicu timbulnya gejala flu dan pilek.

Apalagi jika salah satu penghuni rumah menderita asma, maka pastikan agar rumah selalu terbebas dari debu dan kotoran, ya.

2. Membuat tidur lebih nyenyak

Pernah merasa kesulitan tidur yang teramat sangat? Coba cek kembali bagaimana kondisi sekitar tempat tidur Anda. Sebab permukaan sprei dan sarung bantal yang kotor, atau bahkan lantai kamar yang penuh debu ternyata juga bisa menjadi kemungkinan penyebab Anda sulit tidur, lho!

Perlu diketahui, ketenangan tidur sangat bergantung pada kebersihan ruang. Bahkan survei dari National Sleep Foundation menemukan bahwa merapikan kasur setiap pagi mampu meningkatkan kualitas tidur yang lebih baik [1].

3. Meningkatkan produktivitas

Apabila Anda memiliki ruang kerja khusus, pastikan untuk rajin meluangkan waktu guna membersihkannya secara rutin, ya. Pasalnya walau terlihat remeh, kebersihan ruang kerja yang mendukung juga akan berdampak pada tingkat produktivitas.

Mudahnya, bayangkan saja bila kertas, tumpukan dokumen, maupun peralatan kerja lainnya berserakan, tentu tidak enak dilihat, bukan? Bahkan jika dibiarkan begitu saja, bisa-bisa pikiran Anda menjadi kacau dan sulit fokus.

4. Mengurangi stres dan depresi

Sebuah penelitian di tahun 2010 yang dipublikasikan oleh National Library of Medicine mengungkapkan bahwa wanita yang rumahnya berantakan dan kotor cenderung mempunyai kadar kortisol lebih tinggi bila dibandingkan dengan perempuan yang tinggal di rumah rapi [2].

Hal ini menunjukkan bahwa tingkat stres seseorang berkaitan dengan kondisi kebersihan rumahnya. Dengan kata lain, manfaat menjaga ruangan rumah adalah membantu Anda untuk mengelola stres lebih baik.

5. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Mulai dari pencegahan alergi dan penyakit secara maksimal, meningkatnya kualitas tidur, hingga kondisi stres serta depresi yang terkelola dengan baik, maka tepat saja bila disimpulkan bahwa manfaat menjaga kebersihan rumah pada akhirnya adalah memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda.

Dilihat dari 5 alasan di atas, kini sudah tahu kan mengapa kita harus menjaga kebersihan rumah?

Baca juga: 12 Cara Meningkatkan Imun Tubuh Agar Tidak Mudah Sakit

8 Cara Menjaga Kebersihan Rumah

Setelah memahami alasan mengapa kita harus menjaga kebersihan rumah, saat untuk mempelajari bagaimana cara mempraktekkannya. Nah bagi Anda yang masih penasaran bagaimana cara menjaga kebersihan rumah, beberapa di antaranya yaitu:

1. Lepas sepatu sebelum masuk ke dalam rumah

Selama berada di luar rumah, Anda mungkin tidak menyadari berapa banyak bakteri, virus, dan parasit yang menempel pada alas kaki atau sepatu. Nah jika Anda tidak melepas alas kaki saat memasuki hunian, sudah terbayang bukan kemungkinan kotoran tersebut mengkontaminasi lantai rumah?

Sebagai upaya pencegahan, Anda harus mulai membiasakan diri untuk melepas sepatu sebelum masuk ke dalam rumah. Ini akan menjadi salah satu cara menjaga kebersihan rumah paling mudah yang bisa Anda lakukan.

2. Cuci pakaian setelah dikenakan

Mulai sekarang, coba biasakan untuk mencuci baju secara berkala. Jadikan hal ini sebagai kebiasaan baru untuk mencegah penumpukan pakaian kotor. Jangan sampai pakaian kotor seluruh anggota keluarga menumpuk berhari-hari. Perlu diingat, pakaian tersebut mengandung debu, kotoran, bakteri, dan kuman lainnya.

Cara menjaga kebersihan rumah ini sangat perlu dilakukan demi mencegah tumbuhnya jamur di pakaian Anda.

3. Bersihkan rumah sebelum dan setelah bangun tidur

Selanjutnya, cara menjaga kebersihan rumah yang wajib Anda lakukan setiap hari adalah membersihkan tempat tidur. Waktu yang tepat untuk melakukannya adalah sebelum dan setelah Anda bangun tidur.

Di samping itu, biasakan untuk membuka jendela kamar di pagi hari. Hal ini bertujuan agar udara segar dan paparan sinar matahari bisa masuk dengan mudah sehingga kamar tidur Anda pun tidak lembab.

4. Kembalikan barang pada tempatnya

Mengembalikan barang setelah digunakan sesuai dengan tempatnya dapat membantu mencegah kontaminasi antar satu barang dengan barang lainnya. Selain itu, kebiasaan kecil ini pun sangat membantu untuk membuat rumah tampak rapi setiap saat. Untuk memulainya, gunakan storage khusus untuk mainan anak, selimut, ataupun peralatan dapur.

5. Bersihkan dapur setelah memasak

Dilansir dari Cleveland Clinic, 9% kejadian keracunan makanan ternyata berasal dari bakteri yang mengkontaminasi dapur pribadi [3]. Itulah sebabnya, selalu jaga kebersihan Anda dengan senantiasa merapikannya begitu selesai memasak. Jangan lupa juga untuk langsung mencuci piring setelah makan, ya!

Jangan lupa juga untuk membuang sisa makanan di tempat sampah demi mencegah tumbuhnya jamur, parasit, maupun bakteri di peralatan bekas makanan tersebut. Di samping itu, hal ini juga dimaksudkan guna mencegah datangnya tikus ke rumah

6. Tentukan jadwal membersihkan rumah menyeluruh

Selain langkah-langkah yang bisa Anda masukkan dalam rutinitas sehari-hari, cara menjaga kebersihan rumah berikutnya yaitu dengan membersihkannya secara menyeluruh.Coba gunakan desinfektan demi menghilangkan seluruh kuman, virus, dan serangga pembawa penyakit di area rumah.

Karena memakan waktu dan agak sulit bila dikerjakan setiap hari, Anda bisa membuat jadwal khusus untuk kegiatan ini, seperti 1 atau 2 minggu sekali. Di saat tersebut, Anda juga

bisa memaksimalkannya dengan membersihkan bagian-bagian rumah yang jarang diakses seperti gudang, belakang lemari, dan sudut-sudut ruangan.

7. Buang sampah pada tempatnya

Cara menjaga kebersihan rumah satu ini tentu tak boleh dilewatkan. Sebab sampah yang berserakan tentu merupakan penyebab utama kotornya rumah Anda. Tak hanya sekedar mengganggu pemandangan, hal ini juga bisa menimbulkan penyakit, lho! Maka dari itu, tanamkan kebiasaan untuk selalu membuang sampah pada tempatnya.

Baca juga: 10 Cara Mengurangi Sampah Plastik Sehari-Hari dengan Mudah

8. Bersihkan peralatan kebersihan

Terakhir, cara menjaga kebersihan rumah yang juga tak boleh dianggap sepele yaitu memastikan agar semua peralatan kebersihan tetap bersih. Sebab, bagaimana rumah bisa bersih, bila peralatan kebersihannya malah kotor.

Maka dari itu, rutin bersihkan sapu, kain pel, dan lap secara berkala, ya. Bahkan kalau bisa, coba gantilah dengan alat yang baru setelah cukup lama digunakan.

Kini, Anda sudah tahu bukan bagaimana cara menjaga kebersihan rumah dengan mudah? Intinya, selalu luangkan waktu Anda untuk kegiatan yang satu ini, ya! Jika merasa lelah, istirahatlah sejenak dan minum #AQUADULU untuk mengembalikan cairan tubuh. Setelah itu, yuk bangkit lagi dan bersihkan rumah demi menjaga lingkungan sekitar tetap sehat!

Referensi:

  1. Bedroom Poll - Buka
  2. Here Are 5 Ways Spring-Cleaning Can Make You Healthier - Buka
  3. The Top Places Germs Are Lurking in Your Kitchen - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.