11 Cara Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami, Mudah Lho!

Hidup Sehat | 24 Mei 2022

Bagikan:

11 Cara Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami, Mudah Lho!

Setiap individu pasti menginginkan mata yang sehat dan normal. Tak heran bila akhirnya banyak orang mencari tahu bagaimana cara menjaga kesehatan mata. Sebenarnya merawat mata tidaklah sulit, Anda hanya perlu menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk seperti hobi membaca di tempat gelap, terlalu lama menatap layar gadget, dan beberapa hal lainnya.

Mata sebagai indera penglihatan memiliki fungsi sangat penting bagi manusia. Dengan mata yang sehat, Anda dapat beraktivitas dengan nyaman dan lancar. Sebaliknya, apabila mata mengalami masalah, bukan tidak mungkin hal tersebut bisa mengganggu produktivitas Anda.

Oleh sebab itu sebelum terlanjur, ada baiknya Anda simak beberapa cara menjaga kesehatan mata secara alami berikut.

Cara menjaga kesehatan mata

Pada dasarnya merawat kesehatan mata sangatlah sederhana, bahkan Anda tidak perlu mengeluarkan biaya mahal untuk itu. Di bawah ini merupakan 10 tips menjaga kesehatan mata yang dapat Anda lakukan di mana saja.

1. Memastikan pencahayaan ruangan cukup

Jika Anda punya hobi membaca di ruangan gelap, maka sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut mulai dari sekarang. Pasalnya cahaya redup dapat menyebabkan mata lelah dan mata kering karena jarang berkedip. Cara menjaga kesehatan mata adalah memastikan pencahayaan ruangan cukup.

Namun, saat mengatur pencahayaan ruangan, Anda perlu menyesuaikan dengan kondisi kesehatan mata masing-masing. Sebagai contoh orang yang memiliki masalah mata minus, plus, atau silinder mungkin butuh pengaturan cahaya khusus agar bisa melihat dengan jelas. Begitu pula dengan orang yang punya masalah mata lain seperti katarak atau glaukoma.

2. Hindari menatap layar gadget terlalu lama

Cara merawat kesehatan mata berikutnya yaitu menghindari menatap layar gadget terlalu lama. Tak dapat dipungkiri bahwa hampir semua aktivitas kita berkaitan dengan gadget. Namun, pastikan Anda membatasi penggunaannya demi kesehatan terutama mata, ya.

Menatap layar gadget terlalu lama bisa menyebabkan mata lelah, tegang, dan kering. Selain itu, Anda juga dapat mengalami gangguan seperti pandangan kabur, sakit kepala, sulit memusatkan perhatian dari kejauhan, nyeri leher, punggung, dan bahu.

Guna mencegah itu terjadi, Anda bisa mengistirahatkan mata setiap 20 menit sekali. Terlebih bila Anda memiliki rutinitas yang mengharuskan Anda untuk berada di depan layar komputer selama berjam-jam. Berjalan-jalanlah sebentar atau arahkan pandangan untuk melihat sesuatu dengan jarak sekitar 6 meter selama 20 detik agar mata tidak lelah.

3. Mengenakan kacamata hitam saat di luar ruangan

Selain kulit, mata juga perlu dilindungi saat Anda berada di luar ruangan. Ketika cuaca sedang terik, Anda dapat menggunakan kacamata hitam sebagai cara menjaga kesehatan mata dari paparan sinar UV. Pasalnya, radiasi sinar UV bisa menyebabkan seseorang berisiko mengalami katarak, degenerasi makula, bahkan kanker mata.

Pastikan Anda memilih kacamata yang mampu menghalangi 99 hingga 100 persen radiasi UVA dan UVB. Kacamata hitam dengan kualitas baik biasanya bisa mengurangi silau sehingga membuat penglihatan Anda lebih nyaman.

Baca juga: 12 Efek Begadang Bagi Kesehatan Tubuh dan Cara Menyiasatinya

4. Mengenakan kacamata saat berenang

Tak hanya saat berada di luar ruangan, ketika berenang pun Anda disarankan mengenakan kacamata. Cara menjaga kesehatan mata ini bertujuan supaya mata terhindar dari risiko iritasi dan alergi akibat paparan bakteri serta zat kimia dalam air. Terlebih lagi, kacamata renang juga bisa membantu Anda melihat lebih jelas di dalam air.

Anda dapat memesan kacamata renang khusus apabila kondisi mata Anda kering, sensitif, atau punya gangguan seperti minus atau plus.

5. Pilihlah kontak lensa dengan kualitas baik

Apabila Anda menggunakan kontak lensa, cara menjaga kesehatan mata adalah dengan memilih kontak lensa dengan kualitas yang baik. Lalu setiap kali akan memakai atau melepaskan lensa kontak, bilaslah terlebih dahulu dan cuci tangan sebelum menggunakannya. Jika ketika memasangnya Anda menggunakan alat, maka pastikan juga alat tersebut bersih.

Kemudian Anda harus mengganti cairannya secara teratur ketika Anda menaruh di tempatnya waktu Anda tidur di malam hari. Jangan menggunakan kontak lensa ketika tidur.

Pastikan Anda menggunakan kontak lensa tidak dalam jangka waktu terlalu lama, maksimal 8 jam karena meskipun kualitas lensanya tidak akan berkurang, tumpukan protein dapat mengaburkan penglihatan Anda.

Hal lain yang harus dipertimbangkan adalah semakin lama Anda memakai lensa kontak, semakin tinggi risiko mata Anda terkena infeksi.

6. Melakukan senam mata

Selanjutnya adalah senam mata. Cara menjaga kesehatan mata satu ini berguna membantu memelihara kesehatan otot mata. Anda bisa melakukannya di saat mata terasa lelah, pagi hari, atau malam hari. Berikut langkah-langkahnya:

  • Duduk dalam posisi nyaman, kemudian tutup kedua mata Anda.
  • Gerakkan mata ke atas sejauh kemampuan Anda, tahan beberapa saat, lalu turunkan pandangan ke bawah. Ulangi beberapa kali.
  • Buka mata dan lihatlah sekitar.
  • Setelah itu, tutup mata Anda kembali. Dalam keadaan mata tertutup, lirik ke kanan dan ke kiri. Ulangi beberapa kali.
  • Buka mata dan lihatlah sekitar.
  • Tutup lagi mata Anda. Lirik ke arah diagonal, dari kanan atas ke kiri bawah, lalu bergantian dari kiri atas ke kanan bawah. Ulang beberapa kali, kemudian buka mata.
  • Terakhir, pejamkan mata dengan kencang, lalu berkediplah beberapa kali.

7. Tidur cukup

Tidur dengan cukup tidak hanya baik bagi kesehatan tubuh, melainkan juga kesehatan mata. Pasalnya, tidur dapat membantu mata Anda beristirahat secara total setelah digunakan beraktivitas seharian. Ketika kurang tidur, mata bisa lelah dan menyebabkan menurunnya penglihatan secara perlahan.

Selain itu, kurang tidur juga dapat mengakibatkan mata tampak merah, kering, dan gatal, karena mata tidak mampu menghasilkan air mata yang cukup.

Baca juga: 6 Bahaya Kurang Minum Air Putih yang Perlu Anda Tahu

8. Rutin memeriksakan mata

Hal penting lain sebagai cara menjaga kesehatan mata ialah rutin memeriksakannya ke dokter. Mulai dari anak-anak hingga dewasa, sebaiknya periksakan mata secara rutin minimal 2 tahun sekali. Sedangkan bagi orang dewasa dengan usia lebih dari 40 tahun, ada baiknya periksa mata setahun sekali.

Tujuannya adalah mencegah penyakit mata yang berkaitan dengan bertambahnya usia, seperti katarak, glaukoma, dan degenerasi makula. Jika Anda rutin memeriksakan mata, maka dokter dapat mendeteksi dini apabila ditemukan adanya penyakit tertentu.

9. Olahraga teratur

Olahraga teratur dan menjaga berat badan termasuk cara menjaga kesehatan mata. Pasalnya diabetes tipe 2, yang lebih sering terjadi pada orang dengan berat badan berlebih atau obesitas, dapat meningkatkan risiko penyakit mata, seperti diabetik retinopati [1]. Diabetik retinopati merupakan suatu kondisi yang bisa menyebabkan kehilangan penglihatan hingga kebutaan [2].

Di samping itu, penyakit darah tinggi atau hipertensi juga bisa mengakibatkan penyakit serius pada mata. Oleh karenanya dengan berolahraga secara rutin dan menjaga berat badan tetap stabil dapat menurunkan peluang Anda terkena penyakit diabetes tipe 2 beserta komplikasinya.

10. Makan makanan bergizi

Cara menjaga kesehatan mata paling mudah adalah dengan makan makanan bergizi. Perbanyak konsumsi makanan untuk kesehatan mata yang kaya akan vitamin A, C, E, asam lemak omega-3, zink, dan karotenoid. Contohnya wortel, jeruk, sayuran hijau, telur, ikan salmon, kacang-kacangan, dan sebagainya.

Vitamin A, C, dan E dikenal mengandung antioksidan sehingga bisa membantu mencegah degenerasi makula.

11. Cukup minum

Terakhir, cara menjaga kesehatan mata ialah minum air mineral dengan cukup. Dengan begitu, cairan tubuh akan terjaga sehingga tubuh mampu menghasilkan cukup air mata guna menjaga mata agar tetap lembab dan sehat.

Itulah 10 cara menjaga kesehatan mata dengan mudah yang dapat Anda lakukan. Hal paling penting ialah menerapkan pola hidup sehat agar Anda terhindar dari berbagai penyakit. Selain itu, tak lupa cukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum #AQUADULU yang murni dan terlindungi setidaknya dua liter per hari agar Anda tetap fokus dan semangat menjalani hari.

Referensi:

  1. 10 Ways to Improve Your Eyesight - Buka
  2. Keep Your Eyes Healthy - Buka
  3. Eye Care - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.