8 Cara Merawat Organ Pencernaan Secara Alami, Praktikkan Yuk!

Hidup Sehat | 04 Agustus 2022

Bagikan:

8 Cara Merawat Organ Pencernaan Secara Alami, Praktikkan Yuk!

Tahukah Anda, kesehatan pencernaan yang terganggu ternyata bisa berdampak pada kesehatan secara keseluruhan, lho! Untuk itu Anda perlu mengetahui bagaimana cara merawat organ pencernaan yang baik.

Merawat organ pencernaan sebetulnya tidaklah susah, Anda cukup menerapkan gaya hidup sehat mulai dari memperbanyak asupan serat, mencukupi kebutuhan air minum, dan lain sebagainya. Yuk simak info lengkapnya berikut!

Cara Merawat Organ Pencernaan

Hampir setiap orang mungkin pernah mengalami gangguan pencernaan, entah itu mual, konstipasi, diare, asam lambung naik, atau lainnya. Namun jika gangguan tersebut sering terjadi, tentu akan membuat Anda tidak nyaman bahkan bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

Agar hal tersebut tak terjadi, berikut beberapa cara merawat organ pencernaan secara alami yang dapat Anda lakukan.

1. Memperbanyak Asupan Makanan Berserat

Cara yang paling tepat untuk menjaga kesehatan organ pencernaan adalah memperbanyak asupan makanan berserat. Pasalnya, serat memiliki fungsi melancarkan BAB dan mengurangi risiko gangguan pencernaan seperti wasir, sembelit, dan sindrom iritasi usus besar.

Tidak hanya itu, serat juga berguna untuk menyeimbangkan jumlah bakteri usus dan membantu Anda mencapai berat badan ideal. Anda bisa mendapatkan semua manfaat ini dengan mengonsumsi buah-buahan, sayuran, serta biji-bijian.

2. Mengonsumsi Probiotik

Berikutnya, cara merawat organ pencernaan secara alami yaitu mengonsumsi probiotik. Probiotik adalah bakteri baik yang hidup di dalam saluran pencernaan kita. 

Bakteri ini berperan dalam membantu melawan bakteri jahat, menjaga kesehatan sel usus, hingga melancarkan kinerja pencernaan agar tubuh selalu sehat.

Probiotik juga mampu memperkuat sistem imunitas tubuh dan meningkatkan penyerapan zat gizi dari makanan. Anda dapat menambah jumlah bakteri baik dalam usus dengan cara makan makanan yang kaya akan probiotik, contohnya tempe dan yogurt.

3. Mengonsumsi Makanan Alami

Mengonsumsi makanan alami juga menjadi cara menjaga kesehatan organ pencernaan yang dapat Anda biasakan. Makanan alami yang dimaksud di sini adalah makanan yang tidak mengalami pemrosesan atau penambahan zat aditif seperti gula maupun garam.

Penelitian menunjukkan bahwa makanan alami bisa melindungi lambung Anda dari berbagai macam penyakit organ pencernaan.

Baca juga: 8 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal Agar Fungsinya Tetap Optimal

4. Memperhatikan Jam dan Porsi Makan

Cara merawat organ pencernaan selanjutnya ialah memperhatikan jam dan porsi makan. Ini penting karena jam makan yang tidak teratur dan porsi makan terlalu banyak bisa memicu timbulnya asam lambung naik.

Sebaiknya Anda membiasakan diri sarapan di pagi hari, makan siang, dan makan malam di jam yang sama setiap hari. Dengan begitu akan terbangun sebuah kebiasaan maupun rutinitas yang baik.

Selain itu, alih-alih makan dalam porsi besar, Anda dapat mengganti porsi makanan menjadi lebih sedikit namun lebih sering sekitar 4 - 5 kali sehari supaya lambung bekerja lebih ringan.

Biasakan makan paling malam 1 jam sebelum tidur untuk mencegah terjadinya reflux. Biasakan juga makan 3 kali sehari dengan menyesuaikan kebutuhan kalori Anda dan hindari makan ketika akan berolahraga untuk menghindari rasa mual.

5. Makan Tidak Tergesa-Gesa

Makan tidak tergesa-gesa merupakan cara memelihara organ pencernaan yang baik. Maka dari itu biasakan mengunyah makanan secara perlahan hingga benar-benar lumat.

Makanan sebaiknya dikunyah sebanyak 32 kali supaya makanan bercampur dengan enzim-enzim ptialin sehingga ketika masuk ke dalam lambung tidak terlalu memperberat beban lambung.

Tak hanya baik untuk pencernaan, makan perlahan juga dapat membantu mengoptimalkan penyerapan nutrisi.

6. Mengelola Stres

Stres yang Anda alami ternyata bisa berpengaruh terhadap sistem pencernaan. Kondisi ini sering dikaitkan dengan diare, sembelit, ataupun maag. Hal tersebut terjadi karena selama tubuh stres, maka darah dan energi akan teralihkan dari sistem pencernaan.

Kemudian kinerja usus dan otak jadi terganggu sehingga mempengaruhi pencernaan. Guna mengatasinya, Anda bisa belajar mengelola stres misal dengan melakukan meditasi, pelatihan relaksasi, melakukan hal-hal menyenangkan, ngobrol dengan teman atau keluarga, dan sebagainya.

7. Berolahraga Rutin

Olahraga menawarkan segudang manfaat bagi tubuh, salah satunya ialah menjaga kesehatan organ pencernaan. Olahraga juga dapat membantu mengurangi gejala konstipasi serta mencegah terjadinya kondisi peradangan usus. Terlebih lagi, dengan berolahraga rutin Anda akan merasa BAB lebih teratur.

8. Mencukupi Kebutuhan Cairan

Terakhir cara merawat organ pencernaan yang tepat adalah dengan mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Anda bisa rutin mengonsumsi air putih sekitar dua liter per hari untuk memelihara organ pencernaan seperti hati.

Ini dikarenakan manfaat minum air putih yaitu membantu membuang racun serta menghilangkan efek samping pengobatan yang dapat mengganggu fungsi hati. Selain itu, air putih juga membantu melancarkan BAB sehingga mencegah Anda mengalami sembelit.

Nah, pastikan air minum yang Anda konsumsi murni dan menyehatkan ya, seperti AQUA. AQUA adalah air mineral berkualitas yang melindungi ekosistem sumber air pegunungannya agar kandungan mineralnya senantiasa terjaga dengan baik.

AQUA juga telah diproses secara saksama untuk menjaga keaslian dan kesegarannya sampai ke tangan Anda. So, yuk awali hidup sehatmu dengan #AQUADULU!

Sekian informasi mengenai bagaimana cara merawat organ pencernaan secara alami yang mudah dilakukan. Dari sejumlah tips di atas, apakah ada poin yang selama ini sudah rutin Anda lakukan?

Pada intinya memelihara kesehatan organ pencernaan bisa dilakukan dengan berbagai hal, mulai dari mengonsumsi makanan bergizi utamanya yang mengandung serat, memenuhi kebutuhan cairan tubuh, olahraga secara teratur, serta perubahan gaya hidup lainnya.

Baca juga: 9 Cara Menjaga Kesehatan Jantung, Bisa Dilakukan Sejak Dini!

Referensi:

  1. 7 Cara Mudah Memelihara Organ Pencernaan Anda - Buka
  2. 7 Cara Memelihara Organ Pencernaan Demi Kesehatan Perut - Buka
  3. Cara Alami Menjaga Kesehatan Pencernaan - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.