Ciri-Ciri Air yang Aman Dikonsumsi

Kebaikan AirKemurnian AQUA | 30 Januari 2019
Ciri-Ciri Air yang Aman Dikonsumsi

Menemukan mata air yang terlihat menyegarkan saat sedang hiking di gunung dan merasa kehausan tentu akan melegakan Anda. Eits, tunggu dulu! Anda yakin air tersebut aman dikonsumsi? Bagaimana cara memastikannya?

Air merupakan salah satu kebutuhan vital bagi kehidupan manusia. Anda memerlukan air untuk bermacam-macam keperluan. Salah satunya untuk memenuhi kebutuhan cairan. Berikut cara mudah untuk memastikan air aman untuk dikonsumsi.

1. Tidak Berwarna

Pertama, air yang aman dikonsumsi akan terlihat tidak berwarna dan jernih. Apabila warnanya tidak wajar –seperti keruh atau kecokelatan, sebaiknya jangan dikonsumsi.

2. Memiliki rasa tawar ketika diminum

Ciri air bersih lainnya adalah tidak adanya rasa. Banyak yang mengatakan air minum biasanya memiliki rasa setelah didiamkan lebih dari semalam. Namun, air minum yang memiliki rasa tidak semua tidak layak konsumsi. Seperti air minum di dalam kemasan yang berubah rasanya, dikarenakan air tersebut tidak mengandung gula serta protein, sehingga mikroba pun tidak dapat tumbuh di dalamnya lalu menyebabkan pembusukan. Air tersebut memiliki sedikit rasa karena air menyerap CO2 atau karbondioksida, lalu mengubahnya menjadi asam karbonat hanya sekitar 0.13 persen saja.

Kemudian kandungan proton hilang dalam proses inidan membentuk bikarbonat dan karbonat yang menyebabkan penurunan pH air, dan mengubah air tersebut menjadi sedikit asam dan mengubah rasanya. Namun jika air minum Anda dibiarkan tanpa ditutup lebih dari sehari, maka ada kemungkinan ganggang dapat tumbuh dan menjadi lokasi bagi larva nyamuk, yang bisa membuat Anda sakit. Bisa juga karena debu yang berterbangan dan jatuh di minuman Anda sehingga menimbulkan penyakit.

3. Air Tidak Memiliki Bau

Air minum yang baik itu tidak memiliki aroma apapun. Apabila air yang Anda konsumsi memiliki aroma apalagi hingga berbau tidak sedap, lebih baik tidak Anda konsumsi. Karena kemungkinan besar, air minum tersebut telah tercampur dengan bakteri atau juga H2S atau Hidrogen Sulfida yang merupakan gas tidak berwarna namun beracun dan malah dapat terbakar.

4. Bebas Bakteri

Berbeda dengan pengecekan secara manual di poin sebelumnya, untuk poin satu ini perlu penelitian yang lebih khusus. Bakteri yang buruk dari kasus air mineral adalah pathogen yaitu jenis mikroba yang berpotensi menimbulkan berbagai macam penyakit.

Salah satu bakteri yang kerap membuat pencemaran di air adalah Escherichia Coli. Berbagai macam bakteri bisa menumpuk di dalam tubuh kamu secara tidak sadar, maka pastikan air yang kamu minum berasal dari sumber air yang terjamin.

5. Memiliki Suhu Normal

Air mineral yang baik tidak boleh terpapar suhu panas atau dingin secara ekstrim. Hal ini menyumbang beberapa indikasi yang membuat kualitas air berkurang seperti penguapan dan pembekuan.

Penguapan akan membuat suhu air yang tidak stabil dan merubah komposisi rasa. Sebaiknya minum air yang memiliki suhu normal direntang 10° C - 25° C.

Selain itu, masih ada cara-cara lain untuk mengetahui layak tidaknya air minum untuk tubuh seperti melakukan pemeriksaan lebih lanjut di laboratorium. Namun, tidak semua memiliki akses ke laboratorium untuk melakukan pemeriksaan. Karena itu AQUA hadir menemani rutinitas Anda untuk menjaga tubuh Anda terhidrasi dengan baik.

AQUA yang sejak tahun 1973 telah menjaga dan selalu meningkatkan kualitasnya, selalu memberikan air minum kemasan terbaik yang menggunakan air dari 17 sumber mata air pegunungan terbaik dari Sabang hingga Merauke. Dimana setiap mata air yang ditemukan, diteliti terlebih dahulu berdasarkan 9 kriteria dan 5 tahapan untuk AQUA memilih sumber mata air yang sebelumnya telah dirangkum bersama ahli geologi dan geohidrologi serta bekerjasama dengan beberapa universitas terkemuka di Indonesia[3]. Kemudian setelah sumber air telah memenuhi segala persyaratan dan tahapan, kemudian air diproses dengan sangat steril di pabrik yang berada tidak jauh dari sumber mata air dengan pipa-pipa stainless steel anti-karat, hingga pengemasan dan pendistribusiannya yang dijamin higienis.

Jadi, sudahkah Anda mengkonsumsi AQUA dalam rutinitas Anda?

 

Referensi:

https://doktersehat.com/manfaat-air-putih/
https://www.sehataqua.co.id/manfaat-air-putih-untuk-ginjal-dan-tubuh-yang-sehat/
https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/how-much-water-should-you-drink
https://www.bbcgoodfood.com/howto/guide/what-are-health-benefits-drinking-water
https://www.sehataqua.co.id/inilah-keunggulan-air-minum-dari-sumber-air-pegunungan/

[RS/RH]

 

Pesan sekarang