Kemurnian Air

Ciri-Ciri Air yang Aman Dikonsumsi

By Kemurnian Air | January 30, 2019 No Comments

Menemukan mata air yang terlihat menyegarkan saat sedang hiking di gunung dan merasa kehausan tentu akan melegakan Anda. Eits, tunggu dulu! Anda yakin air tersebut aman dikonsumsi? Bagaimana cara memastikannya?

Air merupakan salah satu kebutuhan vital bagi kehidupan manusia. Anda memerlukan air untuk bermacam-macam keperluan. Salah satunya untuk memenuhi kebutuhan cairan. Berikut cara mudah untuk memastikan air aman untuk dikonsumsi.

1. Lihat warna dari air yang akan diminum

Pertama, air yang aman dikonsumsi akan terlihat tidak berwarna dan jernih. Apabila warnanya tidak wajar –seperti keruh atau kecokelatan, sebaiknya jangan dikonsumsi.

2. Perhatikan rasa dari air yang akan diminum

Kedua, air yang aman dikonsumsi adalah air yang tidak berasa. Hati-hati jika mendapatkan ‘rasa’ pada minuman Anda, misalnya rasa logam. Air yang terasa tawar adalah salah satu syarat air yang aman.

3. Pastikan air yang akan diminum tidak bau

Ketiga, tidak berbau. Air yang berbau apek atau bau-bau lainnya diragukan keamanannya. Jika Anda endus dan tidak ada bau apa pun, maka air aman untuk dikonsumsi.

Kembali ke cerita di atas, Anda tentu kini bisa mengecek keamanan air tersebut. Pastikan airnya berwarna jernih, tidak berbau, dan saat dicicipi tidak memiliki rasa. Pertanyaan berikutnya adalah: “Apakah air tersebut boleh langsung diminum?” Jika tiga syarat tersebut terpenuhi, jangan puas dulu. Air tetap harus direbus hingga mendidih. Dengan demikian, air yang Anda konsumsi dapat terbebas dari kuman dan tidak membahayakan kesehatan!

[RS/RH]