Ini Dia 5 Ciri-Ciri Telur yang Baik dan Segar untuk Dimakan

Hidup Sehat | 25 Januari 2024

Bagikan:

Ini Dia 5 Ciri-Ciri Telur yang Baik dan Segar untuk Dimakan

Supaya mendapat khasiat yang maksimal, Anda perlu mengenal ciri-ciri telur yang baik, segar, dan berkualitas. Sebagai salah satu makanan tinggi protein, telur kerap dijumpai pada menu diet yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Harganya pun terjangkau, membuat telur cukup diandalkan sebagai pelengkap sekaligus sumber protein di berbagai masakan.

Namun, sebelum mengonsumsinya untuk asupan harian, memperhatikan ciri-ciri telur berkualitas baik, seperti tanggal kedaluwarsa atau warna kuning telur adalah suatu keharusan agar telur yang Anda konsumsi tidak menyebabkan penyakit bagi tubuh.

Lantas, apa saja ciri-ciri telur yang baik? Bagaimana cara memilih telur yang baik? Yuk, simak uraian berikut ini hingga tuntas.

Ciri-Ciri Telur yang Baik dan Segar

Telur adalah sumber protein hewani yang juga memberikan kandungan vitamin B2, B6, dan B12. Namun, untuk mendapat khasiat telur secara maksimal, Anda perlu memperhatikan ciri ciri telur yang baik dan segar. Simak penjelasannya pada poin-poin berikut.

1. Kualitas Cangkang Telur

Pertama, ciri-ciri telur yang baik adalah dengan memperhatikan kualitas cangkangnya. Cangkang telur yang baik mestinya tidak ada kotoran sama sekali, tidak retak, dan mempertahankan bentuknya.

Kemudian, ciri telur ayam yang normal adalah bentuknya lonjong sempurna, bukan bulat atau terlalu lonjong, karena dapat mempengaruhi kandungan nutrisinya. Selain itu, tekstur juga memegang peran penting untuk mendapatkan telur yang segar. Adapun ciri-ciri telur yang segar yang lainnya adalah memiliki cangkang yang bertekstur kasar dan terdapat butiran putih halus pada permukaannya.

2. Warna Kuning Telur

Poin berikutnya dari ciri-ciri telur yang baik adalah dengan memperhatikan warna kuning telur. Pasalnya, kuning telur yang berwarna cerah bisa menjadi pertanda bahwa kualitasnya baik dan mengandung nutrisi yang cukup. Selain itu, kejernihan kuning telur juga merupakan ciri-ciri telur yang baik dan segar. Pastikan bahwa kuning telur tidak keruh sebelum Anda mengonsumsinya.

3. Tanggal Kedaluwarsa Telur

Sama seperti jenis makanan lainnya, tanggal kedaluwarsa menentukan kualitas telur. Maka dari itu, Anda perlu memastikan bahwa tanggal kedaluwarsa telur masih lama supaya tidak menjadi sumber penyakit bagi tubuh.

Lalu, bagaimana dengan telur yang dibeli di warung dan tidak memiliki label tanggal kedaluwarsa? Dilansir dari The Food and Drug Administration (FDA), telur dapat bertahan di suhu ruangan selama 3 minggu. Untuk itu, disarankan menyimpan telur di dalam lemari es supaya dapat bertahan lebih lama.

Baca juga: Ini 8 Manfaat Kafein Bagi Tubuh yang Perlu Diketahui

4. Kualitas Konsistensi Putih Telur

Selanjutnya, ciri ciri telur yang baik dan mudah dikenali adalah dengan mengamati konsistensi putih telur. Perlu diketahui, putih telur yang baik untuk dikonsumsi mudah mengeras dan tidak terlalu encer. Jika Anda mendapati putih telur yang konsistensinya terlalu cair atau kental, maka sebaiknya jangan dikonsumsi.

5. Ukuran Telur

Ciri-ciri telur yang baik dan tidak kalah penting yakni dengan mencermati ukurannya. Telur yang memiliki ukuran sedang diyakini menunjukkan bahwa telur dalam kondisi baik untuk dikonsumsi.

Telur yang terlalu kecil bisa jadi menandakan bahwa telur dihasilkan dari ayam yang belum cukup umur. Sedangkan telur yang berukuran terlalu besar mungkin menandakan adanya kondisi tertentu yang dialami ayam. Hal ini tentunya akan mempengaruhi nutrisi yang dikandung di dalam telur.

Cara Memilih Telur yang Berkualitas

Setelah mengetahui ciri-ciri telur yang baik, Anda perlu memahami bagaimana tips jitu memilih telur yang berkualitas dan segar. Berikut merupakan cara memilih telur yang berkualitas.

1. Cek Tanggal Kedaluwarsa

Cara mudah memilih telur yang berkualitas adalah dengan mengecek tanggal kedaluwarsa pada sisi karton telur. Dalam hal ini, Anda perlu menandai tanggal kedaluwarsa telur ketika pertama membelinya. Meski demikian, menaruhnya di dalam lemari pendingin dapat menjaga kualitas dan mencegah pertumbuhan bakteri pada telur.

2. Cium Aroma Telur

Apabila telah melewati tahap tes kedaluwarsa, Anda dapat menerapkan cara memilih telur yang berkualitas selanjutnya dengan mencium aroma telur. Telur yang tidak layak dikonsumsi memiliki aroma menyengat.

Jika Anda kesulitan membedakannya, pecahkan telur dan taruh ke dalam wadah supaya isinya dapat tercium dengan baik. Apabila isi telur memberikan aroma tidak sedap, itu tandanya telur sudah tidak layak konsumsi dan jangan lupa untuk mencuci wadah tersebut dengan sabun sebelum menggunakannya lagi.

3. Cek Bentuk Telur

Di samping aroma, Anda dapat mengamati bentuk telur sebagai salah satu cara memilih telur yang berkualitas. Bentuk telur yang terlalu kecil, retak, dan bertepung bisa menjadi salah satu indikasi bahwa telur mengalami penurunan kualitas.

Kemudian, Anda juga perlu memperhatikan konsistensi warna putih dan kuning telur. Perubahan warna kemerah-merahan disertai bau menyengat bisa jadi menandakan pertumbuhan bakteri seperti salmonella.

Baca juga: Mengenal Terapi Air Putih dan Cara Melakukannya, Mudah!

4. Tes Telur di Dalam Air

Tes di dalam air merupakan metode pemeriksaan yang cukup populer untuk menentukan layak atau tidaknya telur dikonsumsi. Caranya, masukkan telur ke dalam wadah yang berisi air kemudian amati. Jika telur tenggelam artinya telur masih berkualitas. Sebaliknya, jika telur mengapung artinya telur tidak lagi segar.

Manfaat Telur bagi Kesehatan

Terdapat banyak manfaat telur bagi kesehatan, salah satunya membantu tubuh memperbaiki sel. Di bawah ini merupakan berbagai manfaat telur yang bisa Anda peroleh.

1. Membantu Tubuh Memperbaiki Sel

Seperti yang diketahui, protein yang terkandung dalam satu butir telur memegang peranan penting dalam pembentukan semua fungsi sel di dalam tubuh. Nutrisi inilah yang membentuk jaringan penyusun tubuh, seperti otot, tulang, otak, dan lain sebagainya.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat telur berikutnya adalah menjaga kesehatan mata karena kandungan antioksidan lutein dan zeaxanthin yang dimilikinya. Perlu diketahui, kedua antioksidan tersebut dibutuhkan retina untuk membentuk lapisan perlindungan dari bahaya sinar matahari.

Sejumlah penelitian juga menyebutkan bahwa lutein dan zeaxanthin membantu mengurangi risiko permasalahan mata, seperti katarak dan degenerasi makula.

3. Menjaga Kesehatan Otak

Berikutnya, manfaat telur yang tidak kalah penting adalah menjaga kesehatan otak. Hal ini disebabkan karena kandungan kolin pada telur mampu memicu tubuh untuk melepas protein lebih cepat dalam pembentukan memori dan beberapa fungsi otak lainnya. Hal ini juga erat kaitannya dengan peningkatan daya ingat, kognitif, dan fungsi saraf.

Demikian pembahasan seputar daftar ciri-ciri telur segar beserta cara memilih telur yang berkualitas. Meski telur akan bertahan lama jika disimpan di lemari pendingin, mengenali ciri-ciri telur yang baik ketika hendak kembali dikonsumsi tetap harus dilakukan agar telur tetap aman dan tidak menjadi sumber penyakit bagi tubuh.

Di samping memenuhi kebutuhan protein harian dengan makan telur, Anda harus memastikan bahwa asupan cairan juga terpenuhi. Oleh sebab itu, penuhi asupan cairan harian Anda dengan #AQUADULU.

Perlu diketahui bahwa tidak semua air itu AQUA. Sebab, AQUA mengandung mineral alami yang bersumber dari 19 pegunungan terpilih di Indonesia dengan lapisan pelindung sehingga Anda tidak perlu khawatir terhadap pencemaran air.

Bahkan, AQUA juga terasa dingin alami dan menyejukkan untuk dikonsumsi tanpa harus dimasukkan ke dalam kulkas terlebih dahulu. Yuk, tunggu apa lagi? Segera penuhi kebutuhan cairan harian dan jaga imun tubuh dengan minum AQUA DULU.

Selain itu, seluruh produk AQUA telah bersertifikat Halal dan memenuhi standar keamanan pangan sesuai persetujuan BPOM dan SNI, sehingga AQUA aman dikonsumsi.

Sebagai produk asli Indonesia yang telah menjadi bagian dari bangsa ini selama lebih dari 50 tahun, AQUA telah bermitra dengan 15.000 pengusaha kecil menengah di Indonesia melalui AQUA Home Service.

Jadi, sudah tahu jawabannya kan, kenapa harus pilih AQUA DULU? AQUA 100% Indonesia, 100% Halal, dan 100% Murni.

Baca juga: Ini 9 Buah Tinggi Vitamin C, Apa Saja? Bukan Cuma Jeruk!

Referensi:

  1. 10 Ciri Telur Ayam yang Baik, Segar dan Normal - Buka
  2. 7 Manfaat Telur dari Kandungan Gizinya yang Lengkap - Buka
  3. What You Need to Know About Egg Safety - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Pesan AQUA, kami antar. Belanja sekarang!

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut .