Daftar Makanan Sehat Dengan Gizi Seimbang Untuk Sehari-hari

Kebaikan AirHidup Sehat | 24 Maret 2022

Bagikan:

Daftar Makanan Sehat Dengan Gizi Seimbang Untuk Sehari-hari

Mengonsumsi makanan sehat merupakan suatu kebutuhan agar kesehatan tubuh tetap terjaga, terutama untuk memenuhi gizi dan nutrisi harian agar tetap tercukupi. Makanan sehat sendiri merupakan makanan yang mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti karbohidrat, protein, lemak dan vitamin yang seimbang [1].

Pola makan yang sehat, menurut Medical News, memiliki banyak manfaat bagi kesehatan seperti mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, obesitas, dan diabetes [4]. Bahkan dapat meningkatkan mood seseorang dan memberi Anda lebih banyak energi.

Ada banyak ragam makanan sehat yang bisa Anda konsumsi tanpa terbatas satu jenis saja, seperti buah-buahan, sayuran hijau dan kacang-kacangan. Berikut ini, ada beberapa daftar pilihan makanan yang sehat untuk Anda.

Oatmeal

Oatmeal merupakan salah satu jenis makanan sehat yang bisa anda dikonsumsi kapanpun baik di pagi maupun malam hari. Jika Anda sedang diet, sangat baik mengkonsumsi oatmeal karena kandungan seratnya yang tinggi mampu membuat Anda kenyang lebih lama.

Bagi yang kurang suka mengkonsumsi oatmeal dengan rasa plain, maka Anda bisa mencoba tambahkan susu atau madu. Susu dan madu membuat oatmeal menjadi lebih manis secara alami dan tetap sehat. Atau bisa juga dengan mengkonsumsi oatmeal dalam bentuk snack seperti granola bar atau cookies.

Yoghurt

Yoghurt sangat baik bagi bagi tubuh terutama dalam masalah pencernaan. Yoghurt punya kandungan probiotik sehingga mampu menjaga kesehatan usus. Selain itu, yoghurt juga mengandung vitamin B12, fosfor, zinc dan juga kalsium yang diperlukan tubuh. Anda bisa memilih jenis yoghurt apa saja untuk dikonsumsi, namun lebih baik pilih jenis yoghurt yang tinggi protein dan tidak mengandung pemanis sehingga lebih alami.

Telur

Makanan sehat selanjutnya yang bisa dikonsumsi secara rutin adalah telur. Telur merupakan salah satu sumber nutrisi dengan protein yang tinggi. Selain itu, telur juga mudah didapatkan dan punya kandungan vitamin, mineral, zat antioksidan hingga lemak tak jenuh yang dibutuhkan tubuh sehari-hari.

Buah Yang Mengandung Vitamin C Jeruk Dan Beri

Salah satu makanan sehat lainnya adalah buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C. Vitamin C merupakan salah satu vitamin yang penting untuk tubuh kita, karena berfungsi untuk mendukung pertumbuhan dan perbaikan sel, meningkatkan daya tahan tubuh, serta menjaga kesehatan kulit.

Buah yang paling dikenal memiliki kandungan vitamin C adalah buah jeruk. Selain buah jeruk, Anda juga bisa menemukan vitamin C dalam buah jambu biji, pepaya, kiwi, atau buah beri. Buah-buahan ini bisa Anda konsumsi sesuai selera, baik secara langsung, dijadikan smoothie, atau dicampur dengan yogurt.

Teh Hijau

Teh hijau kenal sebagai minuman yang punya kandungan antioksidan dan antiinflamasi. Sangat baik dikonsumsi bagi Anda yang sedang program diet karena mampu meningkatkan metabolisme tubuh.

Waktu yang tepat untuk minum teh hijau adalah beberapa saat sebelum makan atau beberapa jam sebelum tidur. Dengan begitu, maka fungsi teh hijau untuk membakar lemak di tubuh jadi semakin maksimal.

Teh hijau ini juga bisa menjadi salah satu minuman untuk mengurangi stress. Meski punya kandungan kafein, tapi kafein dalam teh hijau lebih rendah daripada kopi. Sehingga jenis ini aman dikonsumsi setiap hari.

Lengkapi Makanan Sehat Dengan Minum Air Mineral Berkualitas Dari AQUA

Untuk menyempurnakan asupan makanan sehat yang sudah Anda konsumsi setiap harinya, perlu diimbangi dengan asupan air mineral yang berkualitas. Tubuh manusia dewasa terdiri sekitar 70% air sesuai dengan berat tubuhnya. Oleh karena itu sangat penting menjaga asupan hidrasi yang baik.

Waktu terbaik untuk minum air putih adalah pada pagi hari saat sebelum memulai aktivitas agar bisa melakukan detoksifikasi dalam tubuh. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi air mineral 30 menit sebelum makan agar pencernaan dapat bekerja lebih baik dan menekan rasa lapar sehingga tidak makan berlebihan.

Pilihlah AQUA yang Lebih dari 17 mata air pegunungan di Indonesia dari Sabang sampai Merauke telah melalui uji klinis dan penelitian oleh para ahli hidrogeologi dan geologi. AQUA juga melindungi ekosistem di sekitar sumber mata air. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk melindungi kealamian mineral dan keberlangsungan sumber air [4].

Tunggu apa lagi? Yuk, biasakan makan yang sehat dan lengkapi hidrasi harianmu dengan AQUA!

 

Sumber :

  1. Ini Makanan Sehat yang Perlu Dikonsumsi Setiap Hari - buka
  2. Menu Makanan Seimbang - buka
  3. 8 Daftar menu makanan sehat dan bergizi
  4. What are the benefits of eating healthy? - buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.