Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.

8 Daftar menu makanan sehat dan bergizi

8 Daftar menu makanan sehat dan bergizi

Memulai hidup sehat bagi sebagian orang akan sangat berat. Terlebih lagi saat Anda tidak menyukai sayuran. Makanan sehat dinilai sebagai makanan tidak enak dan kurang menarik. Padahal apabila Anda sudah merasakan manfaat yang didapat dari mengkonsumsi makanan sehat, bisa jadi anda akan ketagihan untuk terus menjalankannya.

Selain menjadi sumber energi, mengonsumsi makanan sehat juga dapat menurunkan risiko terkena penyakit serius seperti, diabetes, hipertensi, penyakit jantung, obesitas dan kanker [1].

Agar tubuh Anda terus terasa sehat dan tidak gampang terserang penyakit. Berikut adalah beberapa rekomendasi menu makanan sehat dan bergizi yang dapat dikonsumsi setiap hari:

1. Oatmeal

Makanan dengan kandungan serat tinggi ini umumnya disantap pada pagi hari atau sarapan. Karena kandungannya, makanan ini dapat membuat Anda kenyang lebih lama. 

Cara terbaik untuk mengkonsumsi oatmeal adalah dengan susu dan madu untuk rasa manis yang alami. Jika lapar pada malam hari melanda Anda bisa mengkonsumsi oatmeal dalam bentuk snack seperti granola bar atau cookies [2].

2. Buah jeruk

Sudah bukan rahasia lagi buah dengan sumber vitamin C ini sangat dibutuhkan oleh tubuh. Selain dapat sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas dan dapat membuat tubuh tetap bugar. Buah jeruk juga memiliki manfaat kecantikan yaitu dapat mengencangkan kulit dengan kolagen [2].

3. Yogurt

Bagi Anda yang sering memiliki masalah dengan sistem pencernaan pastinya sudah tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini. Mengandung probiotik yang sehat untuk kesehatan usus dan juga memiliki beberapa kandungan lain yang sangat baik untuk tubuh seperti, kalsium, vitamin B12, fosfor dan zinc. 

Lebih baik untuk mengonsumsi Greek Yoghurt tanpa rasa agar mendapat ekstra protein dan tidak terlalu banyak gula tambahan [2]. 

4. Buah beri

Stroberi, blueberry dan raspberry merupakan jenis buah manis yang tergolong dalam buah beri. Kaya akan serat, antioksidan, dan nutrisi  yang dapat menangkal banyak penyakit. 

Selain dapat dimakan langsung Anda dapat menjadikannya snack, smoothies atau sebagai campuran yogurt dan sereal sesuai selera [2]. 

Baca Juga:

5. Teh hijau

Jenis yang satu ini memiliki lebih banyak manfaat dibanding teh biasa. Mengandung antioksidan dan dapat mengurangi inflamasi. 

Jika Anda sedang dalam program penurunan berat badan teh hijau sangat cocok untuk dijadikan teman dalam perjalanan diet Anda, cobalah untuk mengkonsumsinya secara rutin setelah makan atau beberapa jam sebelum tidur [2].

6. Telur

Telur adalah salah satu bahan makanan yang paling serbaguna, gampang diolah, dan memiliki cita rasa yang lezat sehingga menjadi favorit banyak orang.  

Telur mengandung hampir semua zat gizi makro dan mikro yang penting untuk tubuh. Putih telur merupakan sumber protein, vitamin B2, B6, B12, dan selenium. Sementara itu, kuning telur mengandung lemak, kalori, kolesterol, dan beberapa jenis mineral [3]. Untuk mendapatkan manfaat secara maksimal, disarankan untuk menyajikan telur rebus atau kukus. 

7. Brokoli

Tidak usah diragukan sayuran merupakan makanan sederhana yang kaya akan nutrisi. Brokoli mengandung vitamin A, C, Folat dan vitamin K yang baik untuk menjaga kesehatan tulang [2].

8. Ikan salmon

Ikan merupakan makan yang dikenal sebagai sumber protein dan asam lemak Omega-3 yang sangat dibutuhkan untuk otak dan tubuh. Salmon merupakan salah satu jenis ikan yang paling kaya akan nutrisi. 

Beberapa kandungan bermanfaat yang bisa Anda dapat dari salmon adalah vitamin B, lemak sehat, kalium dan selenium [2].

Selain mengonsumsi makanan ada beberapa makanan dan minuman yang perlu Anda batasi bahkan hindari, berikut daftarnya: [1].

  • Minuman Tinggi gula
  • Makanan instan
  • Makanan ringan kemasan

Selain mengkonsumsi makanan sehat, Anda juga harus memperbanyak konsumsi air mineral.  Sediakan air mineral dari sumber air  terlindungi sebagai air minum Anda sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan cairan sekaligus mineral.

Untuk itu pilihlah AQUA yang Lebih dari 17 mata air pegunungan di Indonesia dari Sabang sampai Merauke telah melalui uji klinis dan penelitian oleh para ahli hidrogeologi dan geologi. AQUA juga melindungi ekosistem di sekitar sumber mata air. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk melindungi kealamian mineral dan keberlangsungan sumber air [4].

AQUA secara konsisten menghasilkan air minum dari pegunungan dengan kualitas terbaik hingga sampai ke tangan konsumen. Ada 9 kriteria dan 5 tahapan seleksi yang melibatkan para ahli geologi dan geohidrologi untuk memilih mata air, dan selanjutnya melakukan tahapan uji klinis. (5)

Ingin sehat? konsumsi makanan sehat dan sedia selalu AQUA!

 

Source:

https://www.alodokter.com/ini-makanan-sehat-yang-perlu-dikonsumsi-setiap-hari
https://www.tokopedia.com/blog/menu-makanan-sehat-bergizi-hlt/
https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/manfaat-dan-risiko-makan-telur/
https://www.sehataqua.co.id/6-kandungan-air-mineral-terbaik-yang-bermanfaat-bagi-tubuh/
https://www.sehataqua.co.id/inilah-keunggulan-air-minum-dari-sumber-air-pegunungan/

Pesan sekarang