Dampak Dehidrasi yang Perlu Diketahui Bagi Anda yang Aktif

Kebaikan AirHidup Sehat | 18 Maret 2022

Bagikan:

Dampak Dehidrasi yang Perlu Diketahui Bagi Anda yang Aktif

Bagi Anda yang menjalani gaya hidup aktif, aktivitas yang padat sudah menjadi santapan sehari-hari. Hanya saja yang perlu diingat, seiring kita membutuhkan lebih banyak energi untuk menyelesaikan semua pekerjaan dengan baik, kebutuhan asupan cairan yang cukup untuk tubuh tetap perlu diperhatikan.

 

Nyatanya, masih banyak orang yang menganggap remeh pentingnya minum yang cukup, sehingga dapat mengakibatkan terjadinya dehidrasi. Padahal, dampak dehidrasi dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, terlebih jika dehidrasi yang diderita cukup parah.

 

Dehidrasi lebih cepat terjadi ketika kita beraktivitas di lingkungan dengan temperatur tinggi atau melakukan kegiatan yang lebih banyak mengeluarkan keringat. Selain itu, dehidrasi dapat dengan mudah menyerang ketika kita berada di kondisi tertentu, seperti diare, terpapar panas berlebihan, kehamilan pada perempuan, konsumsi obat tertentu, stress, mengkonsumsi alkohol, diet, atau usia lanjut. Pernahkah Anda merasakan sangat kehausan, mulut terasa kering atau lengket, juga urin yang anda keluarkan serasa lebih sedikit dari biasanya? Hal-hal seperti itu adalah tanda dehidrasi ringan. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan untuk meminum air dengan porsi yang tepat setiap harinya.

 

Jika masih dalam tahap ringan, dehidrasi dapat ditangani dengan meminum air yang cukup sesuai kebutuhan. Tetapi jika sudah berada di tahap lanjut, ada beberapa dampak dehidrasi yang dapat berakibat fatal untuk tubuh. Oleh karena itu, untuk meningkatkan pengetahuan Anda tentang dehidrasi, tulisan ini akan menjelaskan tentang empat dampak dehidrasi berat yang mungkin dialami. Simak daftar berikut:

 

1. Kejang

Sekitar 60% tubuh manusia terdiri dari air. Sehingga, hampir semua organ penting kita bergantung pada tercukupinya kebutuhan akan air. Begitu pula dengan otot yang membutuhkan cairan dan elektrolit yang seimbang. Ketika hal tersebut tidak terpenuhi, kontraksi otot sangat mungkin terjadi sebagai bagian dari dampak dehidrasi yang kemudian membuat Anda mengalami kejang-kejang bahkan hingga kehilangan kesadaran.

 

2. Gangguan Ginjal

Salah satu fungsi utama air adalah membantu ginjal memproses dan mengeluarkan sisa metabolisme atau racun-racun dari dalam tubuh melalui air seni (urin). Maka ketika terjadi dehidrasi, fungsi ginjal menjadi tidak optimal sehingga dalam jangka panjang dapat menimbulkan penyakit-penyakit berbahaya seperti batu ginjal, infeksi saluran kemih, hingga gagal ginjal.

 

3. Kram Otot

Dehidrasi dapat menyebabkan berkurangnya sirkulasi darah sehingga otot jadi terasa kaku dan berpotensi menyebabkan terjadinya kram otot. Kram otot dapat menyebabkan rasa nyeri serta membuat otot terasa lebih keras saat disentuh. Perubahan natrium dan kalium dalam otot mengakibatkan keluarnya keringat yang juga berkontribusi menyebabkan kram otot.

 

4. Hypovolemia

Hypovolemia adalah kondisi di mana jantung tidak mampu memasok darah yang cukup ke seluruh tubuh akibat volume darah yang kurang. Dampak dehidrasi ini umumnya ditandai dengan wajah pucat, badan lemas, nyeri di bagian dada, suhu tubuh rendah, jantung berdebar-debar, dan produksi urine yang berkurang. Apabila tidak ditangani dengan segera, Hypovolemia dapat berakibat fatal. 

 

Itulah empat dampak dehidrasi yang dapat menimpa tubuh Anda. Mari hindari dengan mengonsumsi air yang cukup, bahkan lebih banyak apabila sedang berkegiatan sangat padat atau berpotensi mengeluarkan keringat.

 

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda dalam menjalani hari-hari yang aktif. Ayo, ajak keluarga dan teman-teman untuk memulai hidup sehat dengan memilih AQUA. Hanya AQUA yang mampu memproduksi air mineral berkualitas karena mineral di dalamnya berasal dari proses alami. Kandungan mineral pun tidak akan berkurang ataupun hilang karena AQUA langsung mengambil air dari sumber air pegunungan terpilih dengan melewati 400 uji kelayakan sebelum sampai ke konsumen. 

Air mineral berkualitas tersedia untuk melindungi tubuh kita agar senantiasa sehat. Sumber air yang terlindungi akan melindungi kesehatan tubuh kita, sehingga dengan asupan mineral berkualitas untuk kesehatan tubuh dapat dengan mudah kita dapatkan melalui AQUA.

 

Source:

  1. EFSA 2010
  2. Santoso B., Hardinsyah, Siregar P, Pardede S. 2017
  3. 10 Penyebab Dehidrasi yang Perlu Anda Waspadai - buka
  4. Dehidrasi Berat Jangan Diremehkan, Pahami Gejala dan Risikonya - buka
  5. 12 Dampak Buruk Dehidrasi bagi Tubuh - buka
  6. William Blahd. WebMD 2017.

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.