6 Cara Mencegah Diabetes pada Anak, Orang Tua Wajib Paham!

Hidup Sehat | 01 Maret 2023

Bagikan:

6 Cara Mencegah Diabetes pada Anak, Orang Tua Wajib Paham!

Diabetes merupakan salah satu masalah kesehatan yang bisa dialami oleh siapa saja, bahkan pada anak-anak sekalipun. Meski demikian, penyakit diabetes pada anak ini dapat dicegah dengan menerapkan budaya hidup sehat sejak dini.

Sebenarnya, tipe diabetes yang sering terjadi pada anak adalah diabetes tipe 1. Tipe ini bersifat bawaan lahir karena kelainan autoimun sehingga tubuh anak tidak mampu memproduksi hormon insulin dalam jumlah yang cukup [1].

Meski demikian, diabetes tipe 2 juga dapat terjadi pada anak yang disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat. Diabetes tipe 2 pada anak ini dikenal dengan Maturity-Onset Diabetes of the Young (MODY) [2].

Oleh karenanya, Anda perlu mencegah diabetes tipe 2 pada anak dengan mengajarkannya menerapkan pola hidup sehat sebaik mungkin.

Mari kenali macam-macam cara mencegah penyakit diabetes pada anak melalui artikel berikut ini!

Cara Mencegah Diabetes pada Anak

Utamanya, mencegah diabetes pada anak dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehat sebaik mungkin, mulai dari rutin berolahraga, mengonsumsi makanan sehat, hingga mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Berikut penjelasannya.

1. Rutin Berolahraga

Melakukan aktivitas fisik secara rutin, seperti berolahraga, merupakan salah satu cara mencegah diabetes pada anak yang mudah dilakukan.

Dengan rutin berolahraga, akan ada banyak kalori di dalam tubuh yang terbakar sehingga turut menimimalisasi risiko penyakit diabetes dan obesitas.

Anda dapat mengarahkan si kecil untuk rutin berolahraga minimal 1 jam setiap harinya.

2. Konsumsi Makanan Sehat

Salah satu hal yang penting dilakukan untuk mencegah diabetes serta menjaga kesehatan tubuh anak secara keseluruhan yaitu menyediakan makanan sehat dengan gizi seimbang setiap harinya.

Anda dapat menyediakan berbagai macam jenis pangan yang menyehatkan, seperti buah, sayur, dan biji-bijian untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh anak.

Selain itu, penting pula untuk memperhatikan cara mengolah makanan dalam menu sajian sehari-hari.

Anda disarankan untuk lebih banyak menyajikan makanan dengan cara direbus atau dikukus agar kandungan nutrisinya tetap terjaga.

Baca juga: Mengenal Gejala Dehidrasi Pada Anak dan Cara Mengatasinya

3. Minum Air Putih yang Cukup

Mencukupi kebutuhan cairan tubuh juga menjadi salah satu cara mencegah diabetes pada anak yang mudah dilakukan.

Pasalnya, minum air putih yang cukup turut menjaga sensitivitas sel-sel tubuh dalam merespon hormon insulin yang mengontrol kadar gula di dalam darah [3].

Maka dari itu, jangan lupa selalu sediakan air minum yang terjaga kualitasnya untuk keluarga di rumah, seperti AQUA Galon.

AQUA Galon merupakan air minum siap konsumsi yang telah sesuai dengan standar Kepmenkes Nomor 907 Tahun 2002, yaitu bersih, tidak berasa dan berwarna, serta tak berbau.

AQUA Galon diambil dari sumber mata air pegunungan pilihan yang turut melindungi kealamian kandungan air mineralnya.

Selain itu, AQUA Galon juga dikemas menggunakan tutup berteknologi double injection sehingga kesterilannya akan selalu terjaga hingga sampai ke tangan Anda.

Bahkan, Anda bisa membeli AQUA Galon di swalayan maupun warung terdekat dengan harga Rp1.000-an saja per liternya. Sangat terjangkau, bukan?

Keluarga sehat, #AQUADULU. Diciptakan oleh alam, 100% MURNI air mineral pegunungan tanpa tambahan apapun, sebagaimana alam ingin Anda meminumnya.

4. Jaga Porsi Makan

Biasanya, anak yang sedang dalam masa pertumbuhan cenderung memiliki nafsu makan tinggi. Inilah yang membuat porsi makan anak kerap kali tidak terkontrol.

Anak yang mengonsumsi makanan dalam porsi berlebihan diketahui dapat memicu diabetes karena tingginya asupan kalori dalam tubuh [3].

Maka dari itu, Anda perlu menjaga porsi makan si kecil agar tidak berlebihan untuk menjaga berat badan guna mencegah terjadinya diabetes mellitus terutama setelah beranjak dewasa.

Anda juga bisa menyiasati nafsu makan yang tinggi pada si kecil dengan menyediakan camilan sehat untuk anak, seperti popcorn, yogurt, dan potongan buah segar.

Baca juga: 7 Penyakit yang Sering Terjadi pada Anak & Perlu Diwaspadai

5. Kurangi Konsumsi Makanan dan Minuman yang Mengandung Gula

Diabetes merupakan penyakit yang terjadi karena tingginya kadar gula di dalam tubuh.

Karena itulah, penting untuk membatasi konsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula berlebih sebagai upaya mencegah diabetes pada anak.

Selain menyebabkan diabetes, konsumsi gula berlebih dinilai kurang baik untuk kesehatan tubuh anak karena turut memicu berbagai macam penyakit, seperti gigi berlubang, berat badan berlebih, serta gangguan pencernaan [4].

Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat mengurangi penggunaan gula pada minuman si kecil, seperti susu atau teh.

Misalnya, jika Anda terbiasa menambahkan dua sendok gula pada susu anak, mulailah coba menguranginya secara perlahan menjadi satu sendok gula saja.

6. Periksakan Kesehatan Tubuh Si Kecil secara Rutin

Satu hal yang tidak kalah penting dilakukan untuk mencegah diabetes pada anak adalah dengan memeriksakan kesehatan tubuhnya pada dokter secara rutin.

Cara ini disarankan terutama jika anak memiliki riwayat keluarga dengan penyakit diabetes sebelumnya.

Selain mencegah diabetes, memeriksakan kesehatan tubuh pada dokter juga penting dilakukan untuk menilai proses tumbuh kembang si kecil.

Itu dia sejumlah cara mencegah diabetes pada anak yang bisa mulai diterapkan pada si kecil sejak dini.

Melalui ulasan di atas dapat disimpulkan bahwa menjalani pola hidup sehat menjadi hal penting yang perlu dilakukan sebagai upaya mencegah diabetes pada anak.

Jadi, jangan lupa selalu terapkan pola hidup sehat sebaik mungkin bersama dengan keluarga tercinta, ya!

Baca juga: Mengenal 8 Ciri-Ciri Anak Sehat Secara Fisik dan Psikis

Referensi:

  1. Diabetes pada Anak: Penyebab, Risiko, dan Gejala - Buka
  2. Diabetes MODY: Causes, Symptoms, Diagnosis and Treatment - Buka
  3. 11 Cara Mencegah Diabetes yang Bisa Dilakukan Mulai Hari Ini - Buka
  4. Bunda, Ketahui Bahaya Gula Berlebih dalam Minuman Anak, Yuk! - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Pesan AQUA, kami antar. Belanja sekarang!

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut .