10 Tips Diet Saat Puasa yang Efektif Turunkan Berat Badan

Tips Ramadhan | 26 April 2022

Bagikan:

10 Tips Diet Saat Puasa yang Efektif Turunkan Berat Badan

Mengingat esensi utamanya adalah menahan lapar dan haus, puasa seringkali dianggap sebagai salah satu momen tepat untuk menurunkan berat badan. Hal tersebut memang tidak sepenuhnya salah, sebab diet saat puasa akan sangat memudahkan Anda lantaran jam makannya yang lebih teratur dibandingkan hari-hari biasa.

Nah sebagai catatan, Anda perlu menjalankan beberapa tips diet saat puasa agar program penurunan berat badan bisa berjalan dengan maksimal. Oleh karena itu, yuk simak terus artikel berikut untuk mengetahui bagaimana cara diet saat puasa Ramadan yang disarankan. Check it out!

10 Tips Diet Saat Puasa

Sebelum hari raya Idul Fitri tiba, yuk gapai berat badan ideal dengan menerapkan 10 cara diet saat puasa Ramadan seperti:

1. Jangan lewatkan makan sahur

Beberapa orang mungkin menganggap bahwa melewatkan makan sahur mungkin bisa mendukung program diet saat puasa karena asupan makanan secara otomatis akan berkurang. Faktanya, hal tersebut justru tidak disarankan karena sahur sebenarnya bertujuan agar Anda tetap berenergi dan mencegah dehidrasi sepanjang hari selama puasa.

Di samping itu, melewatkan makan sahur juga akan membuat Anda tergiur untuk makan lebih banyak saat waktu berbuka tiba. Hal ini mungkin saja terjadi karena rasa lapar yang teramat sangat karena perut Anda benar-benar kosong.

Jadi, jangan lewatkan sahur dan jangan lupa untuk minum AQUA saat sahur untuk cukupi hidrasimu, ya!

2. Makan makanan bergizi seimbang

Hal yang paling utama bila Anda ingin menurunkan berat badan tentu saja dengan memilih menu diet saat puasa dengan nutrisi seimbang. Apalagi selama puasa, Anda hanya memiliki dua kesempatan untuk makan, yakni saat sahur dan setelah waktu berbuka.

Maka dari itu, susun menu diet saat puasa Anda dengan mengutamakan konsumsi makanan bergizi seimbang, salah satunya yaitu melalui peningkatan asupan protein dan serat seperti buah, sayur, nasi, roti, daging, dan susu.

Jangan khawatir, sekarang sudah banyak pilihan menu sahur dan juga menu buka puasa sehat yang bisa Anda buat sendiri di rumah.

3. Tetap berolahraga

Perlu diingat, puasa bukanlah alasan untuk bermalas-malasan. Tetap jalankan budaya hidup sehat secara disiplin dengan tetap aktif bergerak dan rutin berolahraga, ya [1]. Nah mengingat tubuh akan menjadi kurang aktif selama berpuasa, Anda bisa mengakalinya dengan menurunkan tingkat intensitas olahraga sebagai bagian dari tips diet saat puasa ini.

Hindari juga berolahraga intensitas tinggi seperti mengangkat beban, dan cobalah alternatif lainnya seperti melakukan beberapa gerakan yoga untuk membantu membakar kalori sekaligus mengelola stres.

Ketika puasa, Anda dapat melakukan olahraga di sore hari sembari menunggu waktu berbuka. Selain itu cuaca di sore hari tidak terlalu panas sehingga mengurangi resiko dehidrasi.

Baca juga: 8 Jenis Olahraga Saat Puasa, Manfaat, dan Waktu Melakukannya

4. Kurangi konsumsi produk olahan

Walau rasanya memang lezat dan sering bikin nagih, ada baiknya untuk mengurangi konsumsi berbagai produk olahan lantaran mengandung monosodium glutamat (MSG), sodium, lemak, serta pemanis buatan yang membuat Anda menjadi mudah lapar karena sulit mengontrol keinginan dalam makan makanan tersebut.

Tips diet saat puasa kali ini sejalan dengan poin nomor 2 yang lebih menyarankan Anda untuk konsumsi makanan bergizi seimbang. Dengan kata lain, menu diet saat puasa sebaiknya diolah dengan cara direbus, dikukus, dipanggang, atau ditumis.

5. Kurangi asupan gula tambahan

Pada dasarnya, konsumsi gula saat berbuka puasa memang disarankan karena dapat mengembalikan energi yang sempat hilang. Namun tentunya, hal tersebut berlaku selama dikonsumsi dalam jumlah cukup. Sebab tubuh secara otomatis akan menyimpan cadangan lemak baru bila Anda terlalu banyak konsumsi makanan dan minuman manis.

Bagi beberapa orang, asupan gula berlebih ini jugalah yang pada akhirnya menaikkan berat badan mereka setelah menjalankan puasa [2]. Sebagai alternatif penambah energi, tips diet saat puasa kali ini akan menganjurkan Anda untuk memperbanyak konsumsi makanan berkarbohidrat kompleks seperti buah dan sayur ketika waktu sahur dan berbuka.

6. Hindari Kurangi makanan berminyak

Sebagian besar masyarakat Indonesia memang gemar mengonsumsi makanan berminyak seperti gorengan saat berbuka puasa. Walau memang tampak menggiurkan, makan makanan berminyak sebenarnya sangat tidak disarankan, khususnya bila Anda berniat menjalani program diet saat puasa.

Hal ini mengingat makanan berminyak mengandung banyak lemak jenuh sehingga tak hanya mengakibatkan kenaikan berat badan, namun juga memicu peningkatan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.

7. Makan perlahan

Saat waktu buka puasa tiba, tak sedikit orang yang tampak kalap ketika menyantap hidangan berbuka. Padahal, keadaan tersebut hanya akan membuat perut Anda terasa tidak nyaman. Oleh karena itu, tips diet saat puasa selanjutnya adalah makan secara perlahan dan tentunya juga tidak berlebihan.

Susun menu diet puasa Anda dengan diawali makan 3 buah kurma dan AQUA. Setelah itu, lanjutkanlah dengan makan hidangan utama. Meski terlihat sepele, hal ini sebenarnya dapat membantu Anda untuk mengendalikan nafsu makan sekaligus mempertahankan kadar gula darah dalam tubuh tetap normal sebagaimana mestinya.

8. Jangan makan berlebihan saat buka puasa

Banyak orang yang melihat momen berbuka puasa sebagai waktu untuk “balas dendam” setelah seharian menahan lapar dan haus. Nah bagi Anda yang ingin diet saat puasa, hal ini sangat tidak dianjurkan karena pada dasarnya, porsi makan berlebih hanya akan memicu peningkatan berat badan.

Oleh karena itu, rancanglah menu diet saat puasa Anda semaksimal mungkin agar porsi makan tetap teratur sehingga memaksimalkan potensi penurunan berat badan [1].

9. Perbanyak minum air putih

Meski tengah menjalani puasa, anjuran untuk minum AQUA sebanyak minimal 2 liter atau sekitar 8 gelas sehari tetap tidak boleh dilewatkan, ya [3]. Untuk mengakalinya, Anda bisa menerapkan pola minum 2-4-2, yaitu dua gelas saat sahur, empat gelas saat berbuka puasa, dan 2 gelas lagi sebelum tidur di malam hari.

Tips diet saat puasa ini didukung dengan hasil penelitian dalam Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism di tahun 2003 yang menemukan bahwa minum air putih dapat memicu peningkatan kerja metabolisme tubuh hingga sebanyak 30 persen [4].

Diketahui, semakin cepat laju metabolisme seseorang, maka akan semakin banyak juga lemak dan kalori yang akan dibakar oleh tubuh.

Baca juga: Manfaat Air Mineral untuk Puasa, Begini Aturan Minumnya

10. Tidur yang cukup

Cara diet saat puasa Ramadan selanjutnya yaitu dengan tidur yang cukup. Walau terlihat sederhana, nyatanya tips diet saat puasa kali ini cukup efektif karena sebenarnya kurang tidur dapat meningkatkan hormon ghrelin yang dapat menaikkan nafsu makan Anda.

Tak hanya itu, kurang tidur juga akan mengganggu keseimbangan sistem metabolisme sehingga tubuh pun kesulitan untuk membakar cadangan lemak secara efektif.

Itulah 10 tips diet saat puasa yang bisa diterapkan, terutama bila Anda tengah berencana menurunkan berat badan. Pada dasarnya, diet saat puasa tidak jauh berbeda dengan diet di hari-hari lain. Kuncinya, selalu perhatikan asupan makanan Anda sehari-hari dan jangan lupa minum air dalam jumlah cukup.

Bahkan beberapa studi menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi 500 ml air atau setara 2 gelas AQUA sekitar 30 menit sebelum makan akan membantu menurunkan berat badan. Sementara pada orang dewasa, hal ini terbukti mampu menurunkan hingga 2 kg dalam kurun waktu sekitar 12 minggu [5].

Jadi, jangan lupa minum #AQUADULU untuk membantu meyukseskan program diet Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa!

Referensi:

  1. Tips for Healthy Ramadan Fasting - Buka
  2. A healthy Ramadan - Buka
  3. Top Tips for Healthy Eating During Ramadan - Buka
  4. Water-Induced Thermogenesis - Buka
  5. Begini 6 Cara Diet Air Putih untuk Turunkan Berat Badan - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.