Menu dan Aturan Diet Dukan yang Bisa Menurunkan Berat Badan

Hidup Sehat | 22 Juli 2022

Bagikan:

Menu dan Aturan Diet Dukan yang Bisa Menurunkan Berat Badan

Dukan diet adalah salah satu cara menurunkan berat badan dengan cepat. Berbeda dengan jenis diet lainnya, Anda justru diperbolehkan makan dalam porsi besar ketika menjalani diet ini. Lantas, adakah aturan menu diet dukan yang disarankan serta harus dibatasi?

Bagi Anda yang ingin melakukan program diet, sebaiknya simak ulasan berikut sampai selesai untuk memahami aturan mengenai dukan diet.

Apa itu Diet Dukan?

Dukan diet adalah jenis diet rendah karbohidrat dan tinggi protein. Diet ini diciptakan oleh dr. Pierre Dukan, seorang dokter ahli nutrisi dari Perancis, pada tahun 1970-an untuk membantu pasien obesitas dalam menurunkan berat badan.

Pada tahun tersebut, diet utama pasien obesitas adalah fokus pada menurunkan berat badan dengan mengonsumsi menu makanan rendah kalori dan porsi kecil. Akan tetapi hal tersebut sulit diikuti oleh dr. Pierre.

Alhasil dr. Pierre mencoba mengubah fokus utama diet menjadi protein tanpa lemak. Ternyata perubahan ini diklaim bisa membantu mengurangi rasa lapar serta memudahkan pasien menjalaninya.

Beberapa alasan dukan diet adalah berfokus pada mengonsumsi makanan tinggi protein di antaranya karena:

  • Protein dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama sehingga nafsu makan terjaga
  • Pencernaan protein cenderung membutuhkan lebih banyak energi, sehingga membuat tubuh melakukan pembakaran lebih banyak kalori
  • Makanan yang rendah lemak dan tinggi protein cenderung lebih rendah kalori sehingga membuat Anda dapat menurunkan berat badan

Fase dalam Diet Dukan

Seperti penjelasan di atas bahwa dukan diet adalah diet yang menekankan pada konsumsi rendah karbohidrat dan tinggi protein. Keunggulan menjalani dukan diet adalah Anda bisa mengonsumsi makanan dalam porsi besar asalkan makanan tersebut bukan termasuk pantangan dalam diet ini.

Nah, dalam menjalani diet dukan, terdapat beberapa fase yang harus Anda jalani. Berikut penjelasannya.

1. Fase Attack

Pada fase pertama, yaitu fase attack, Anda diwajibkan mengonsumsi berbagai asupan protein tanpa lemak. Anda diperbolehkan makan makanan protein hewani, namun tentu saja dalam jumlah terbatas. Tak lupa, Anda tetap harus mencukupi kebutuhan air minum sebanyak 6-8 gelas per hari.

Fase ini berlangsung selama dua hingga tujuh hari, tergantung pada berapa jumlah berat badan yang ingin Anda turunkan. Adapun contoh menu diet dukan pada fase attack di antaranya:

  • Ayam tanpa kulit
  • Daging sapi tanpa lemak
  • Seafood
  • Telur
  • Produk susu rendah lemak yang terbatas
  • Sumber protein nabati seperti tempe, tahu, dan kacang kedelai
  • 1,5 sendok makan oat bran

 

 

Pada fase attack, sebaiknya Anda juga mengimbanginya dengan olahraga ringan seperti jalan kaki cepat selama 20 menit setiap hari.

Baca juga: Cara Diet Karbo dan Manfaatnya untuk Turunkan Berat Badan

2. Fase Cruise

Fase berikutnya pada dukan diet adalah fase cruise. Fase ini dimulai paling lambat pada hari ke-8. Menu makanan di fase cruise sama seperti fase sebelumnya, namun ditambah sayuran tidak bertepung atau pati seperti:

  • Brokoli
  • Kembang kol
  • Sayuran hijau
  • Paprika
  • Mentimun
  • Jamur

Durasi menjalani fase cruise bergantung dengan berat badan yang ingin diturunkan. Untuk setiap 1 kilogram maka Anda harus menjalani program selama 6 hari. Sehingga jika Anda ingin menurunkan sebanyak 5 kilogram, berarti Anda harus menjalani fase cruise selama 30 hari atau 1 bulan.

Di samping itu, dalam fase cruise Anda juga perlu menambah asupan oat bran menjadi 2 sendok makan setiap hari. Durasi jalan kaki cepat pun harus ditambah menjadi 30 menit per hari. Tak lupa jaga asupan air putih setiap hari.

3. Fase Konsolidasi

Fase konsolidasi merupakan fase yang dimulai ketika Anda sudah mendapatkan target berat badan yang diinginkan. Dengan kata lain, fase ini berfokus untuk mempertahankan berat badan Anda.

Fase konsolidasi memperbolehkan Anda mengonsumsi lebih banyak jenis makanan, seperti:

  • Sayuran tanpa pati
  • Roti gandum
  • Gandum utuh atau oatmeal
  • Aneka jenis daging pada fase attack dan cruise dengan ketentuan hanya dikonsumsi 1-2 kali seminggu
  • Berbagai jenis buah, kecuali pisang, anggur, dan ceri
  • Karbohidrat dan lemak secukupnya

Dalam fase ini, Anda juga diminta untuk menyediakan satu hari dalam seminggu untuk mengonsumsi makanan yang mengandung protein saja. Sementara itu, Anda tetap dianjurkan jalan kaki cepat selama 25 menit setiap hari.

Manfaat Diet Dukan

Dukan diet adalah program yang memang bertujuan membantu menurunkan berat badan. Hal ini dibuktikan melalui penelitian dalam jurnal Nutrition & Metabolism di mana menunjukkan bahwa diet tinggi protein bisa mempercepat penurunan berat badan.

Hal tersebut dikarenakan diet dukan bermanfaat:

  • Mengurangi hormon pemicu rasa lapar yaitu ghrelin
  • Membuat tubuh merasa lebih kenyang
  • Meningkatkan keseimbangan glukosa tubuh
  • Memicu proses diuresis atau kehilangan cairan tubuh
  • Membangun massa otot
  • Mengurangi asupan kalori karena kandungan kalori pada protein lebih rendah dibandingkan lemak dan karbohidrat

Baca juga: Diet Telur Rebus, Efektifkah untuk Menurunkan Berat Badan?

Risiko Diet Dukan

Meski manfaat yang ditawarkan dukan diet adalah mampu menurunkan berat badan dengan cepat, namun bukan berarti diet ini tidak memiliki risiko.

Mengonsumsi banyak protein yang dikombinasikan dengan Western diet dinilai mampu menyebabkan seseorang berisiko tinggi mengalami penyakit metabolik. Selain itu, studi dari Polandia mengungkapkan adanya risiko jangka panjang dari dukan diet, meliputi:

  • Masalah jantung
  • Gangguan fungsi ginjal
  • Penyakit liver
  • Osteoporosis

Diet dukan mungkin cocok bagi beberapa orang. Namun, ini tidak direkomendasikan untuk dilakukan dalam jangka panjang. Oleh sebab itu sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter atau ahli diet guna mengetahui metode diet yang tepat bagi Anda.

Itulah informasi mengenai dukan diet yang perlu Anda ketahui. Seperti yang sudah dijelaskan, menjalani diet dukan tetap harus diimbangi dengan memenuhi asupan air putih serta berolahraga teratur.

Pasalnya, cukup minum air putih dinilai mampu mengontrol nafsu makan sehingga berat badan tetap stabil. Untuk itu, penuhi kebutuhan cairan tubuh Anda dengan minum air putih sebanyak minimal 8 gelas per hari.

Pilih AQUA yang mampu menghadirkan air mineral berkualitas yang kemurniannya terjaga sampai ke tangan Anda. AQUA sudah dipercaya lebih dari 49 tahun menjaga kemurnian air minumnya sehingga Anda dapat merasakan kebaikannya untuk mendukung budaya hidup sehat Anda.

Di setiap kemasan air minum AQUA juga telah melalui lebih dari 400 uji kualitas guna memastikan mutu airnya tetap baik.

Yuk minum #AQUADULU di setiap aktivitas sambil ikutan TikTok challenge nya. Bikin videomu semenarik mungkin dan raih kesempatan memenangkan hadiah hingga jutaan rupiah!

Referensi:

  1. Diet Dukan, Cara Cepat Menurunkan Berat Badan Tanpa Rasa Lapar - Buka
  2. 4 Tahapan Diet Dukan, Kenali Juga Manfaat dan Risikonya - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.