12 Efek Begadang Bagi Kesehatan Tubuh dan Cara Menyiasatinya

Kebaikan AirHidup Sehat | 17 Maret 2022

Bagikan:

12 Efek Begadang Bagi Kesehatan Tubuh dan Cara Menyiasatinya

Ada banyak efek begadang bagi kesehatan yang mungkin tidak Anda sadari selama ini. Bukan hanya perasaan mengantuk ataupun pusing tanpa sebab, begadang rupanya juga bisa memberikan efek kurang baik bagi kesemibangan kondisi fisik dan mental untuk jangka waktu panjang.

Nah jika Anda masih penasaran apa efek begadang bagi kesehatan tubuh, ada baiknya untuk menyimak artikel kali ini sampai habis. Catat baik-baik ya!

Efek begadang bagi kesehatan tubuh

Tidur adalah proses biologis yang tak boleh dilewatkan guna memperoleh kesehatan yang optimal. Aktivitas ini memainkan peran penting dalam fungsi otak dan fisiologi sistemik tubuh, termasuk metabolisme, pengaturan nafsu makan, fungsi sistem kekebalan, hormonal, dan kardiovaskular.

Normalnya, waktu tidur untuk orang dewasa adalah sekitar 7 hingga 8 jam per harinya. Kalau Anda begadang, maka otomatis durasi tidur seharusnya serta manfaat-manfaatnya akan berkurang. Nah, berikut merupakan beberapa variasi efek begadang bagi tubuh yang perlu diketahui.

1. Mudah lupa

Saat tidur, otak Anda akan mengalami proses regenerasi atau perbaikan yang membuat fungsinya tetap terjaga. Sebaliknya, ketika begadang, kinerja jaringan serta sel-sel saraf otak akan menurun. Akhirnya, secara tanpa sadar Anda pun lebih mudah lupa dari biasanya.

2. Penurunan fungsi otak

Sejalan dengan poin sebelumnya, begadang juga dapat berdampak kurang baik bagi fungsi otak. Dalam aktivitas sehari-hari, saat rasa kantuk meningkat mungkin saja pendengaran Anda menjadi kurang peka sehingga sering tak menyahut ketika dipanggil orang lain.

3. Meningkatkan berat badan

Bila dibandingkan dengan mereka yang tidurnya cukup, seseorang dengan kebiasaan begadang umumnya mengalami kenaikan berat badan lebih banyak. Hal ini disebabkan oleh efek dari begadang yang mampu merusak keseimbangan sistem metabolisme tubuh.

Selain itu, begadang juga dapat mengganggu kerja hormon yang bertanggung jawab dalam mengatur rasa lapar dan kenyang. Jika fungsi hormon tersebut terganggu, maka tubuh akan terus-menerus merasa lapar sehingga pola makan tidak terjaga dan dapat meningkatkan risiko obesitas. 

4. Penuaan dini

Munculnya lingkaran hitam di sekitar mata merupakan efek samping begadang yang paling mudah dideteksi. Nah sebenarnya, saat kurang tidur, secara otomatis tubuh akan memproduksi hormon kortisol (stres) lebih banyak. Akibatnya, protein yang berfungsi untuk mengencangkan kulit menjadi pecah sehingga merusak struktur kolagen.

5. Sulit konsentrasi

Selain mudah lupa, kurang tidur berkepanjangan juga dapat menurunkan konsentrasi, kewaspadaan, serta nalar dan kemampuan seseorang dalam memecahkan masalah. Tubuh dapat berpikir secara maksimal bila Anda memiliki waktu tidur yang cukup.

6. Penurunan produksi hormon

Ada beberapa hormon yang hanya diproduksi tubuh secara maksimal saat malam hari. Di antaranya yaitu hormon pertumbuhan dan testosteron. Bahkan bagi pria, kurangnya produksi hormon testosteron ini dapat memicu penurunan massa otot, munculnya lemak berlebih, mudah lelah, hingga kerapuhan tulang.

7. Meningkatkan risiko gangguan mental

Bila dibiarkan terus menerus, kurang tidur bukan hanya memicu munculnya efek begadang bagi berat badan, namun juga berdampak pada kesehatan mental mulai dari depresi, gangguan kecemasan,  tekanan emosional dan gangguan mood hingga defisit kognitif, memori, dan kinerja.

8. Peningkatan gula darah

Dilansir dari Bustle, efek samping dari kurang tidur yang terbilang cukup serius adalah meningkatnya kadar gula darah dalam tubuh. Jika dibiarkan dalam waktu lama, tingginya gula darah akan memicu berbagai gangguan pada sistem kardiovaskuler, ginjal, hingga mata dan rongga mulut [1].

Baca juga: Tips dalam Menjaga Kesehatan Ginjal dengan Air Minum Berkualitas

9. Menghambat proses penyembuhan saat sakit

Ketika Anda tidur, sistem kekebalan tubuh akan meningkatkan imunitas untuk menghadapi berbagai serangan virus, bakteri, hingga infeksi. Artinya, efek samping yang mungkin dirasakan saat terlalu banyak begadang terbilang kurang baik untuk proses penyembuhan sakit Anda.

10. Menyebabkan kantuk di siang hari dan microsleep

Microsleep adalah sebutan untuk tidur sebentar tanpa sadar selama beberapa detik [2]. Hal tersebut dapat terjadi karena tubuh manusia dirancang untuk memiliki masa istirahat yang harus dipenuhi saat melewatkan waktu tidur seharusnya. Alhasil, kantuk di siang hari pun meningkat dan membuat Anda susah fokus selama beraktivitas.

Cara mencegah begadang

Mengingat efek begadang bagi tubuh cukup serius, ada baiknya jika Anda mengurangi kebiasaan tersebut mulai sekarang dengan melakukan beberapa cara sederhana namun efektif seperti berikut: 

  • Konsisten. Pergi tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, termasuk di akhir pekan
  • Pastikan kamar tidur Anda tenang, gelap, santai, dan pada suhu yang nyaman
  • Hindari penggunaan alat elektronik, seperti TV, komputer, dan ponsel di kamar tidur
  • Hindari makan besar, kafein, dan alkohol sebelum tidur
  • Lakukan beberapa aktivitas fisik. Menjadi aktif secara fisik di siang hari dapat membantu Anda tertidur lebih mudah di malam hari

Yang perlu dilakukan ketika terpaksa begadang

Di saat tertentu, mungkin Anda akan dihadapkan dengan situasi yang mengharuskan untuk begadang. Walau pada dasarnya begadang merupakan kebiasaan negatif, setidaknya inilah beberapa cara agar Anda tetap fit 

1. Pastikan cahaya ruangan terang

Paparan sinar yang cukup terang akan membantu tubuh untuk memberikan sinyal ke otak bahwa ini memang belum saatnya Anda tidur. Hal ini cukup efektif untuk menghalau produksi hormon pemicu rasa kantuk yaitu melatonin.

2. Makan camilan sehat

Mengingat efek begadang bagi berat tubuh juga merupakan sesuatu yang tidak bisa dianggap remeh, ada baiknya jika Anda menyiapkan beberapa camilan sehat seperti potongan buah untuk dikonsumsi.

3. Tetap aktif bergerak

Saat merasa mulai sulit fokus dan berkonsentrasi, coba luangkanlah waktu untuk bergerak di sela-sela begadang. Anda bisa berjalan kaki sebentar selama kurang lebih 10 menit sebelum kembali melanjutkan aktivitas.

4. Minum air putih

Untuk mencegah dehidrasi, pastikan juga untuk cukup minum air putih saat terpaksa beraktivitas di malam hari. Selain itu, air putih juga akan membantu mengembalikan fokus Anda di tengah rasa kantuk yang menyerang. Jadi, biasakan untuk selalu #AQUADULU sebelum memulai setiap aktivitas ya!

Baca juga: 5 Manfaat Minum Air Putih Yang Cukup Bagi Kesehatan Tubuh

5. Fokus dengan satu pekerjaan

Saat terpaksa melewatkan tidur di malam hari, besar kemungkinan Anda jadi sulit berpikir jernih. Untuk mengatasinya, cobalah berhenti untuk berusaha multitasking dan mulailah fokus dengan satu pekerjaan. Hal ini juga akan sangat membantu aktivitas Anda lebih berkualitas dan cepat selesai.

Itulah beberapa efek begadang bagi kesehatan tubuh yang penting untuk diketahui. Pada dasarnya, kurang tidur merupakan kebiasaan tidak baik, apalagi jika melihat banyaknya efek samping yang ditimbulkan. Itulah sebabnya, selalu sediakan #AQUADULU untuk menemani Anda jika memang terpaksa begadang.

Namun alih-alih mengerjakannya di malam hari, sebenarnya Anda pun bisa mengurangi efek begadang bagi tubuh dan menyiasatinya dengan tidur lebih awal agar bisa memulai aktivitas lebih pagi pula. Nah, supaya semakin fokus dan bersemangat mengawali hari, pastikan untuk selalu #AQUADULU ya!

Referensi:

  1. 8 Efek Begadang yang Buruk untuk Kesehatan - buka
  2. Terlalu Sering Begadang, Ini Dampaknya pada Tubuh - buka
  3.  Kenali Dampak Buruk Begadang Bagi Kesehatan - buka
  4. 10 Efek Begadang Bagi Kesehatan dan Cara Menyiasatinya - buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.