Ide Mainan Edukasi Anak Yang Bisa Anda Buat Dirumah

Hidup Sehat | 26 November 2020

Bagikan:

Ide Mainan Edukasi Anak Yang Bisa Anda Buat Dirumah

Berbagai cara dilakukan orang tua agar anak-anak mereka dapat berkembang dan tumbuh secara optimal. Seperti, memberikan anak asupan makanan yang bergizi, mengajak berbicara sejak kecil hingga memberikan mainan edukasi anak.

Mainan edukasi akan membantu anak memiliki perkembangan otak yang baik. Seperti yang dijelaskan pada Kids Health, mainan edukasi anak dapat menghibur sekaligus membantu memahami dunia, serta belajar keterampilan sosial dan emosional.

Bagi sebagian orang tua, mainan edukasi cukup menguras kantong. Tetapi kini Anda tidak perlu cemas lagi karena Anda bisa mengajak anak Anda untuk membuat sendiri mainan edukasi di rumah. Selain bahan-bahannya mudah didapatkan juga lebih murah pastinya.

Berikut beberapa ide mainan edukasi anak yang bisa Anda buat bersama:

1. Melukis

Ide mainan anak pertama yang bisa Anda coba adalah membuat kanvas untuk melukis. Anda bisa menggunakan kardus bekas pizza atau mie instan. Sedangkan untuk catnya, Anda cukup menyediakan pewarna makanan yang dicampur lem basah.

Mainan ini akan membantu daya kreatifitas anak dalam memilih warna. Anda juga dapat mengajarkan anak Anda nama-nama warna dan belajar mencampur warna yang akan digunakan.

2. Menara Styrofoam

Umumnya mainan balok anak terbuat dari kayu atau plastik. Tetapi Anda dapat membuatnya juga dengan menggunakan Styrofoam bekas yang tidak terpakai. Caranya, potong busa tersebut dengan ukuran dan panjang sama besar.

Mainan membangun menara dapat melatih konsentrasi pada anak dan menenangkan anak yang rewel.

3. Roket Balon

Beberapa orang tua mungkin sudah pernah membuat mainan ini saat dibangku sekolah. Kini saatnya Anda mengulang kembali pelajaran membuat mainan tersebut untuk anak Anda.

Bahan-bahan yang perlu Anda sediakan adalah:
- Tali pancing sepanjang 2 meter
- Balon berukuran sedang
- Dua buah kursi
- Sedotan
- Lakban
- Gunting

Setelah bahan-bahan tersebut terkumpul , ikatlah salah satu ujung tali pancing ke bagian belakang kursi. Jahit sedotan ke ujung tali pancing yang lain. Kemudian ikat lagi ke bagian lain dari kursi.

Tiup balon tanpa mengikat ujungnya, tempelkan sedotan dengan balon menggunakan lakban. Sekarang lepaskan balon dan jadilah roket balon.

4. Menggambar Kaos

Apakah anak Anda gemar mencoret-coret tembok rumah? Kini Anda tidak perlu takut lagi. Ada mainan edukasi anak yang bisa Anda buat dirumah untuk mengalihkan perhatiannya dengan menggambar di media lain.

Berikan kaos putih dan juga krayon biarkan anak Anda menggambar apapun yang disukainya. Maka jadilah kaos kreasi sendiri bagi anak Anda. Dengan permainan edukasi seperti itu selain Anda mendapatkan solusi agar anak Anda tidak mengotori tembok rumah, kini anak Anda mendapatkan media lain untuk mengekspresikan kreativitas mereka.

5. Papan Sensori

Mainan ini terinspirasi dari salah satu metode belajar pada anak yaitu metode Montessori. Metode belajar yang pertama kali digagas oleh seorang ilmuwan asal Italia, Dr. Maria Montessori, ini menekankan pada konsep belajar sambil bermain.

Papan sensori itu sendiri adalah papan sederhana yang berisi berbagai benda aneka tekstur untuk mengenalkan kepada anak berbagai benda yang ada di sekitarnya.

Permainan papan sensori ini memiliki manfaat untuk kecerdasan anak karena menekankan pada rangsangan indera penglihatan, indera peraba atau sentuhan, suara, bau dan gerakan.

Cara membuatnya cukup mudah yang perlu Anda sediakan adalah papan atau kardus yang sudah tidak terpakai lagi, lem dan beberapa pilihan sensori yang bisa Anda dapatkan di rumah. Seperti resleting dan kancing dan untuk yang lebih muda, cermin, mungkin beberapa carikan karpet dan apa saja yang dapat mereka lihat dan rasakan. Kemudian tempel dan susun barang-barang tersebut ke papan menggunakan lem.

6. Bowling Dari Botol Bekas

Bermain bowling kini tidak perlu harus keluar rumah. Anda dapat membuatnya sendiri. Mainan edukasi ini tidak hanya bisa dimainkan oleh anak tetapi orang tua juga bisa ikut bergabung bersama.

Cukup sediakan botol bekas dan cat warna. Warnai semua botol dengan warna berbeda. Cat bagian dalam botol agar aman. Anda juga dapat mengajarkan pilihan warna sambil bermain. Apabila dirasa terlalu rumit Anda juga bisa menggunakan botol AQUA kids bekas yang memiliki berbagai karakter menarik untuk anak. Jangan lupa sediakan bola plastik atau bola apapun yang Anda punya dirumah.

Itulah beberapa pilihan mainan edukasi yang dapat anak dan Anda buat dirumah. Tidak perlu merogoh kantong yang dalam untuk mendapatkan mainan yang berkualitas. Dengan membuat mainan sendiri akan terjalin pula komunikasi yang berkualitas antara anak dan orang tua. Selama membuat permainan edukasi tersebut pastinya banyak energi yang terkuras. Untuk itu sediakan air mineral yang berkualitas untuk Anda dan anak Anda agar tidak kekurangan cairan selama proses pembuatan mainan tersebut. Selain itu cukup minum juga terbukti membuat anak lebih mudah konsentrasi saat beraktivitas.

Pilihlah AQUA yang kini juga tersedia untuk anak yaitu AQUA kids. AQUA Kids hadir dalam dua varian yaitu 330 ml dan 450 ml, kemasan 450ml dilengkapi dengan tutup botol sport cap sehingga mudah dipegang, mudah dibuka dan tidak mudah tumpah. AQUA Kids juga dilengkapi dengan berbagai karakter menarik pada labelnya, sehingga bisa membuat minum air menjadi lebih menyenangkan untuk anak. Sumber air AQUA juga terlindungi, sehingga kealamian mineralnya terjaga.

Yuk, dukung si kecil dengan memberikan AQUA Kids setiap hari!

 

Referensi:

Smart Toys for Every Age - buka
25 Mainan DIY yang Mudah dan Murah Agar Anak Tak Bosan di Rumah - buka
5 Manfaat Permainan Sensori bagi Kecerdasan Otak Anak - buka
Hamish Daud Buatkan Sensory Board untuk Zalina, Ini Dia Manfaatnya - buka
Rekomendasi Asupan Air Minum Agar Si Kecil Sehat

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Pesan AQUA, kami antar. Belanja sekarang!

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut .