Ini 5 Cara Menjaga Kekebalan Tubuh Agar Tetap Kuat & Sehat

Hidup Sehat | 10 April 2022

Bagikan:

Ini 5 Cara Menjaga Kekebalan Tubuh Agar Tetap Kuat & Sehat

Dalam menghadapi masa pandemi, berbagai cara menjaga kekebalan tubuh harus dilakukan agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari penyakit. Hal ini sangat penting mengingat sistem imunitas tubuh memiliki peran krusial bagi tubuh supaya tetap kuat dan mampu menunjang segala aktivitas.

Daya tahan tubuh yang baik akan melindungi diri dari penyebab penyakit seperti bakteri dan virus masuk ke dalam tubuh. Oleh karenanya, menjalankan pola hidup sehat kini kian penting dan menjadi prioritas karena kesehatan merupakan kunci utama di masa pandemi  ini. 

Adapun salah satu cara menjaga kekebalan tubuh ialah dengan rutin minum air mineral untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Ya, ada begitu banyak manfaat air putih bagi kesehatan tubuh. Sehingga, Anda disarankan selalu sedia #AQUADULU di rumah dan menerapkan kebiasaan minum air putih setiap harinya.

Berbicara mengenai sistem imunitas, di bawah ini telah diulas secara lengkap mulai dari pengertian, hal-hal yang mempengaruhi, hingga berbagai cara menjaga kekebalan tubuh. Yuk simak!

Pengertian Sistem Imunitas Tubuh

Sistem imunitas tubuh merupakan cara alami pertahanan tubuh dalam menjauhi segala macam infeksi. Sistem imunitas juga menyerang berbagai macam bakteri dan menjaga tubuh tetap sehat.

Banyak sel dan organ yang bekerja sama untuk menjaga tubuh tetap sehat. Sel darah putih yang bernama Leukosit juga memiliki peran penting dalam menjaga sistem imunitas tubuh tetap sehat.

Ada Neutrophil yang melawan bakteri serta menyalakan respon untuk melawan bakteri yang menyerang tubuh.

Penyebab Menurunnya Kekebalan Tubuh

Tubuh yang sehat bisa menjadi lemah karena gaya hidup yang tidak baik untuk peningkatan sistem imunitas. Ada beberapa penyebab mengapa tubuh mengalami sistem imunitas yang rendah, antara lain:

1. Stress Berat

Tubuh yang stres tidak terkendali akan meningkatkan produksi hormon kortisol. Peningkatan hormon ini mengakibatkan penurunan fungsi kekebalan tubuh secara signifikan. Secara berkelanjutan, stres mampu membuat fungsi tubuh menurun, bahkan memberikan sugesti buruk.

2. Kurang Istirahat

Ada kebiasaan buruk lain yang membuat sistem imunitas tubuh menurun. Kurang tidur, pentingnya mencukupi kebutuhan dengan istirahat baik di segala usia. Sebaiknya, orang dewasa memiliki waktu tidur selama 7-8 jam.

Berbeda juga dengan remaja, dianjurkan untuk tidur dalam kisaran waktu 9-10 jam. Penting agar tubuh dapat merespon baik dan menjaga fokus, apalagi tidur memberikan waktu untuk organ agar beristirahat.

3. Jarang Berolahraga

Malas berolahraga? Sebaiknya hindari kebiasaan satu ini karena tubuh yang jarang bergerak rentan terkena penyakit. Dianjurkan untuk rutin berolahraga setiap hari selama 30 menit.

Olahraga yang rutin juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi virus maupun bakteri. Banyak olahraga yang terbukti ampuh tanpa harus mengeluarkan biaya, seperti jogging atau berjalan kaki.

Aktivitas satu ini juga bisa dilakukan di dalam rumah, tentunya dengan melakukan olahraga aktivitas fisik seperti Push Up, Yoga, atau kegiatan pemanasan yang rutin.

Baca juga: 12 Cara Meningkatkan Imun Tubuh Agar Tidak Mudah Sakit

Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Lantas, bagaimana cara menjaga kekebalan tubuh agar tetap sehat, kuat, dan tak mudah sakit? Simak beberapa tips di bawah ini!

1. Rutin Berolahraga

Untuk menjaga gaya hidup yang baik dan memelihara kekebalan tubuh di masa pandemi, sebaiknya lakukan olahraga rutin selama 30 menit di setiap hari.

Tidak harus melakukan olahraga yang menguras tenaga atau uang, cukup lakukan gerakan yang mampu menjaga tubuh tetap sehat seperti Push Up, Sit Up, Pull Up, bahkan jalan dan/atau lari setiap hari.

2. Konsumsi Makanan Bergizi

Konsumsi buah, sayuran, ikan, dan asupan nutrisi lainnya juga tidak kalah penting, serta menjauhi konsumsi minyak serta makanan tinggi gula. Kebiasaan mengonsumsi makanan tinggi protein dan bergizi bisa dijadikan sebagai cara menjaga kekebalan tubuh agar tetap sehat, kuat, dan terhindar dari berbagai penyakit.

Untuk mengetahui apa saja makanan sehat untuk menjaga kekebalan tubuh, Anda bisa simak ulasan lengkapnya pada artikel 14 Makanan Penambah Imun Tubuh untuk Jaga Kesehatan.

3. Minum Air putih

Serta tidak kalah penting untuk mengonsumsi air putih secara rutin. Air putih juga memiliki peran penting dalam meningkatkan kesehatan tubuh. Dengan jenis air mineral yang bermanfaat, ada banyak zat yang bisa diserap oleh tubuh seperti kandungan Magnesium, Kalsium, dan Kalium.

4. Konsumsi Vitamin

Cara menjaga kekebalan tubuh berikutnya adalah dengan memenuhi asupan vitamin secara rutin. Ini tentu akan membantu membuat tubuh Anda lebih bertenaga. Bisa dari buah-buahan, susu, dan sayur, atau mungkin suplemen tambahan sesuai anjuran dokter.

5. Tidur Cukup dan Berkualitas

Cara menjaga kekebalan tubuh yang tak kalah penting adalah dengan tidur cukup dan tentunya berkualitas. Pasalnya, kualitas tidur sangat erat kaitannya dengan daya tahan tubuh.

Tahukah Anda, tidur cukup dan nyenyak dapat menjaga atau bahkan memperkuat sistem imunitas Anda. Sebaliknya, kurang tidur dapat membuat tubuh rentan terkena penyakit.

Oleh karena itu, pastikan untuk mencukupi waktu tidur sesuai dengan usia Anda. Orang dewasa umumnya membutuhkan waktu tidur sekitar 7–9 jam per hari, sementara remaja membutuhkan waktu tidur sekitar 8–10 jam per hari.

Baca juga: 15 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Terhindar dari Penyakit

Gaya Hidup Sehat di Masa Pandemi

Di masa pandemi sendiri, mengusung gaya hidup sehat tentu sangat penting. Apalagi di tengah padatnya aktivitas dan proses pertemuan banyak orang dalam kerumunan yang sangat berbahaya.

Selama masa pandemi, hendaknya kita juga harus memperhatikan protokol kesehatan. Ada beberapa cara sesuai anjuran Kementerian Kesehatan dan Gugus Tugas Covid-19, yaitu menggunakan masker dan face shield bila perlu, membawa hand sanitizer atau disinfektan, selalu mandi setelah pergi beraktivitas dan jauhi kontak fisik.

Selain itu, hindari menyentuh muka ketika tangan menyentuh lokasi yang rawan kontak penyebaran seperti gagang pintu.

Budaya lain yang bisa diterapkan adalah membawa makan dan minuman sendiri selama beraktivitas di masa pandemi ini, sehingga kemungkinan terpapar semakin sedikit. Tidak lupa menjauhi kerumunan dan menjaga jarak 1,5 sampai 2 meter dengan orang terdekat atau rekan kerja.

Langkah membawa tempat minum sendiri juga penting, apalagi tubuh akan mengalami dehidrasi bila tidak mengonsumsi air putih secara rutin. Kebutuhan tubuh akan menjadi hal yang penting, apalagi di padatnya jadwal pekerjaan.

Baca juga: Mengenal Pengertian Budaya Hidup Sehat dan Manfaat Baiknya

AQUA memelihara kemurnian di setiap tetesnya dengan kandungan mineral berkualitas yang baik bagi tubuh. Dilakukan setidaknya penelitian dengan 9 kriteria, 5 tahapan, dan 1 tahun penelitian untuk menjaga air mineral yang aman untuk dikonsumsi hingga ke tangan konsumen.

Mulai berlangganan AQUA Galon, tuang ke tempat minum dan kegiatan pekerjaan selama masa pandemi kali ini tetap bisa berlangsung selama mematuhi protokol kesehatan pandemi Covid-19.

Bersama AQUA, tubuh tetap sehat dan imunitas terjaga. Jadi, sudah minum AQUA belum hari ini?

Referensi:

  1. Berbagai Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh Agar Tidak Mudah Sakit - Buka
  2. Immune System - Buka
  3. Keep Your Immune System Healthy - Buka
  4. Samakah Kandungan Air Mineral dan Air Rebusan? - Buka
  5. 5 Langkah Meningkatkan Imunitas Tubuh - Buka
  6. 10 Cara Ini Ternyata Ampuh Meningkatkan Daya Tahan Tubuh - Buka
  7. Agar Tak Mudah Sakit, Ini Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh di Musim Hujan dan Banjir - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.