Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.

Jadwal Imsakiyah, Solat dan Buka Puasa Ramadan 2021 Untuk DKI Jakarta dan Sekitarnya

Kebaikan AirTips Ramadhan | 09 April 2021
Jadwal Imsakiyah, Solat dan Buka Puasa Ramadan 2021 Untuk  DKI Jakarta dan Sekitarnya

Tidak terasa bulan Ramadan sebentar lagi akan tiba. Seluruh umat islam sangat menunggu bulan yang penuh berkah dengan gembira dan akan melaksanakan ibadah puasa selama satu bulan penuh.

Menjelang kehadiran bulan Ramadan, penting bagi kita untuk mengetahui jadwal berbuka puasa, imsakiyah, dan waktu sholat. Ini merupakan salah satu informasi penting yang senantiasa dipantau oleh umat islam di bulan Ramadan, khususnya di Indonesia.

Berikut ini jadwal buka puasa, imsakiyah dan waktu sholat pada Ramadan 2021 Masehi atau 1442 Hijriyah untuk DKI Jakarta dan sekitarnya:

Umumnya puasa pada bulan Ramadhan diartikan menahan makan, minum, serta hawa nafsu. Padahal ada manfaat bagi kesehatan yang dapat Anda rasakan juga.

Berikut ini manfaat puasa bagi kesehatan tubuh:

1. Mengontrol gula darah

Beberapa studi telah melibatkan 10 orang penderita diabetes tipe 2 menunjukkan, puasa dalam rentang waktu tertentu dapat signifikan menurunkan kadar gula darah.

2. Mengurangi peradangan

Peradangan merupakan salah satu faktor dari penyakit jantung, kanker dan rheumatoid arthritis. Melalui sebuah studi kecil, tingkat peradangan orang yang berpuasa dapat menurun.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Selain menerapkan pola dan gaya hidup sehat ternyata dengan berpuasa dapat menurunkan penyakit jantung koroner. Hal tersebut berdasarkan studi yang melibatkan 110 orang dewasa dengan berat badan berlebih menjalankan puasa selama tiga minggu dan menunjukkan penurunan tekanan darah yang signifikan.

Seperti diketahui tekanan darah, kolesterol, diabetes adalah faktor risiko utama penyakit jantung.

4. Membantu penurunan berat badan

Banyak orang yang melakukan puasa untuk menurunkan berat badan. Namun, ternyata berpuasa tidak hanya menurunkan berat badan karena tidak mengonsumsi makanan selama beberapa jam. Sebuah studi membuktikan, puasa dapat meningkatkan metabolisme. Caranya dengan meningkatkan kadar neurotransmitter norepinefrin, yang dapat membantu penurunan berat badan.

5. Memperbaiki suasana hati

Selain manfaat secara fisik yang dapat Anda rasakan, melakukan ibadah puasa juga bisa memengaruhi kesehatan mental Anda. Dengan beberapa hari berpuasa, proses detoksifikasi fisik dan mental tubuh dapat berjalan secara alami.

Selain itu, puasa juga dapat meningkatkan hormon endorfin yang mana jika tubuh memiliki banyak hormon tersebut, maka Anda bisa merasa lebih baik Bahagia dan kesehatan mental Anda akan menjadi lebih baik.

Selama berpuasa, jangan lupa menjaga asupan air mineral sesuai dengan kebutuhan tubuhmu. Lalu, bagaimana menjaga asupan air mineral secara cukup saat kita harus puasa minum selama 12 jam?

Penuhi kebutuhan hidrasi dengan mengonsumsi air mineral dengan pola minum 242. Artinya, minum 2 gelas air mineral saat waktu berbuka puasa, 4 gelas saat makan malam hingga menjelang tidur malam hari, dan 2 gelas lagi saat sahur.

Untuk itu, pilihlah AQUA untuk memenuhi kebutuhan hidrasi sehari-hari selama puasa karena AQUA memiliki 3 perlindungan; melindungi ekosistem sumber airnya, melindungi kealamian mineralnya, dan proses yang seksama guna melindungi kualitas AQUA hingga ke tangan konsumen.

AQUA melakukan hal tersebut untuk memastikan kualitas air mineralnya dan sampai ke tangan konsumen dengan aman dan terjaga.

Selalu sediakan AQUA di bulan Ramadan. Tiga perlindungan AQUA, jaga kemenangan Ramadan.

 

Referensi:

  1. https://www.cermati.com/artikel/jadwal-puasa-2020-dan-tips-lancar-berpuasa-ramadan-biar-berkah
  2. https://health.kompas.com/read/2020/04/24/140200768/7-manfaat-puasa-bagi-kesehatan?page=all
  3. https://www.sehataqua.co.id/ayo-jaga-hidrasi-tubuh-selama-menunaikan-ibadah-puasa/