9 Cara Mengatur Jadwal Olahraga Harian di Sela Kesibukan

Hidup Aktif | 15 November 2022

Bagikan:

9 Cara Mengatur Jadwal Olahraga Harian di Sela Kesibukan

Salah satu cara menjaga kesehatan adalah dengan rutin melakukan olahraga. Namun, tentu akan sulit bagi Anda mengatur jadwal olahraga harian di sela aktivitas yang sibuk bukan?

Terlebih, ketika pulang kerja sehari-hari, pasti akan terasa penat dan ingin beristirahat sehingga tidak sempat berolahraga.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa rutin berolahraga justru akan membuat Anda semakin bugar dalam menjalani aktivitas lho!

Jadi, bagaimana cara mengatur jadwal olahraga harian secara rutin? Yuk simak tips lengkapnya di bawah ini.

Cara Mengatur Jadwal Olahraga Harian

Bagi Anda yang memiliki banyak aktivitas sehari-harinya, mungkin membutuhkan olahraga agar tubuh kembali bugar dan suasana hati membaik.

Bagaimana bisa? Ya, manfaat olahraga salah satunya adalah melepaskan stres, yaitu dengan meningkatkan produksi hormon endorfin yang membuat Anda lebih bahagia.

Meski awalnya sulit untuk memulainya, terlebih bagi Anda yang merasa tidak punya waktu lebih untuk olahraga. Namun, melihat manfaatnya, sangat sayang untuk dilewatkan bukan?

Untuk itu, ada beberapa tips mengatur jadwal olahraga harian, setidaknya 20-30 menit sehari yang dapat Anda terapkan di mana saja dan kapan saja, berikut penjelasannya.

1. Membuat Jadwal Olahraga Harian Selama Seminggu

Guna meningkatkan konsistensi Anda dalam berolahraga, Anda dapat mencoba cara membuat jadwal olahraga harian selama satu minggu.

Layaknya tugas yang harus dikerjakan saat bekerja, dengan membuat jadwal harian atau list to do, Anda akan lebih termotivasi dalam memulai olahraga.

Cara membuat jadwal olahraga juga cukup mudah, Anda hanya perlu menentukan apa saja olahraga yang ingin dilakukan per harinya. 

Anda dapat membuat per harinya dengan aktivitas yang berbeda-beda, misalnya hari pertama jogging, hari kedua senam zumba, hari ketiga yoga, dan seterusnya.

Anda juga dapat memperbarui jadwal tersebut setiap minggunya, sehingga aktivitas yang akan dijalankan semakin bervariasi.

Baca Juga: Cara Olahraga yang Benar agar Dapatkan Hasil Optimal

2. Bangun Pagi Lebih Awal

Anda merasa tidak memiliki waktu karena harus beraktivitas seharian? Nah solusinya, Anda dapat melakukannya pada pagi hari.

Usahakan untuk bangun 20-30 menit lebih awal. Misal biasanya Anda bangun jam 6, maka cobalah bangun pagi jam 5.30 dan awali pagi dengan olahraga ringan.

Lakukan olahraga di luar ruangan agar lebih segar. Pasalnya, udara di pagi hari belum tercampur dengan polusi sehingga cukup menyegarkan indra pernapasan.

3. Menggunakan Aplikasi Tracking Olahraga

Selain membuat jadwal olahraga harian selama seminggu, menggunakan aplikasi olahraga juga akan membuat Anda lebih konsisten dalam melakukannya.

Dengan aplikasi, Anda dapat memantau dan mencatat keberhasilan olahraga. Selain itu, menggunakan aplikasi juga akan membuat minat olahraga semakin tinggi.

Bahkan, kini aplikasi olahraga telah dilengkapi dengan berbagai fitur menarik, seperti cek denyut nadi, dan lain-lain.

4. Menyempatkan Olahraga di Waktu Senggang

Jika sulit meluangkan waktu di pagi hari, Anda dapat berolahraga di waktu senggang. Misalnya, saat sedang istirahat di siang hari atau melakukan olahraga malam hari sebelum tidur.

Mungkin cukup sulit mengatur jadwal olahraga harian dengan cara ini, karena waktu senggang tidak datang setiap hari. 

Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba, sehingga di hari-hari selanjutnya Anda lebih terbiasa dan bisa membuat jadwal tetap.

5. Mengikuti Kelas Olahraga

Selain melakukannya sendiri di rumah, Anda juga dapat mengikuti jadwal olahraga harian dengan mengikuti kelas olahraga.

Dengan mengikuti kelas, tentu akan membantu Anda lebih praktis dan berkomitmen dalam mengatur jadwal sekaligus melakukan olahraga.

Selain itu, dengan mengikuti kelas olahraga, Anda akan bertemu dengan orang lain dan membuat Anda lebih bersemangat.

Jadi, tidak hanya meningkatkan kebugaran tubuh, Anda bisa sekaligus meningkatkan relasi melalui pertemuan dengan orang-orang baru.

Baca Juga: Yuk, Ketahui Kapan Waktu Olahraga yang Baik untuk Tubuh!

6. Olahraga Ringan saat Bekerja

Mengatur jadwal olahraga harian mungkin akan lebih sulit bagi orang yang bekerja di kantor seharian.

Jangan khawatir, ada beberapa gerakan olahraga di kantor yang bisa Anda lakukan seperti peregangan punggung dan kaki. 

Meskipun hanya olahraga ringan, gerakan tersebut dapat membantu tubuh agar tidak kaku dan pegal-pegal. Namun, pastikan Anda tidak mengganggu rekan kerja selama melakukan olahraga tersebut, ya.

7. Olahraga Sambil Menonton

Bagi sebagian orang, olahraga mungkin sebuah aktivitas yang membosankan. Nah, agar tidak malas berolahraga, Anda dapat membuat jadwal olahraga harian dengan menonton film. 

Pilihlah film-film dengan genre yang tidak berat, agar pikiran juga lebih fresh. Misalnya, film romantis, komedi, atau keluarga.

Nah, itu dia beberapa tips mengenai cara mengatur jadwal olahraga harian, terlebih bagi Anda yang merasa tidak punya cukup waktu untuk melakukan aktivitas fisik ini.

Olahraga secara rutin cukup penting untuk diterapkan, dengan begitu Anda tidak akan mudah lelah dan lesu saat bekerja.

Tetapi ingat, setiap selesai olahraga, Anda pasti akan berkeringat dan merasa harus. Maka dari itu, sangat disarankan untuk minum air putih setelahnya demi memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Salah satu pilihan air putih yang praktis dibawa kemana-mana, terlebih saat olahraga di luar rumah adalah AQUA. Air kemasan ini tersedia dalam berbagai ukuran botol, mulai dari 330 ml, 600 ml, hingga 1500 ml.

AQUA juga menjadi salah satu air mineral yang terjaga kualitas serta kemurniannya karena telah melewati 400 tahap uji kualitas tanpa tersentuh tangan.

So, jangan lupa selalu sertakan #AQUADULU dalam setiap aktivitas Anda ya!

Baca Juga: 12 Manfaat Olahraga secara Rutin untuk Jaga Kesehatan Tubuh

Referensi:

  1. 5 Tips Mengatur Jadwal Olahraga Rutin Meski Anda Sibuk Tiap Hari - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.