8 Jajanan Pasar Rendah Kalori, Bisa Dinikmati saat Diet

Hidup Sehat | 09 November 2022

Bagikan:

8 Jajanan Pasar Rendah Kalori, Bisa Dinikmati saat Diet

Meski sedang diet, Anda tetap bisa lho menikmati makanan manis dan asin. Ya, ada beberapa rekomendasi jajanan pasar rendah kalori yang dapat Anda coba.

Hingga kini, aneka jajanan pasar tradisional tersebut masih digemari oleh masyarakat Indonesia, dan bisa dengan mudah Anda temukan di pasar tradisional,warung, atau restoran. 

Ingin tahu apa saja jajanan rendah kalori yang bisa dinikmati tanpa membuat berat badan naik? Yuk simak rekomendasinya berikut ini!

Rekomendasi Jajanan Pasar Rendah Kalori

Jajanan pasar tradisional memiliki rasa yang sangat cocok dengan lidah masyarakat Indonesia, sehingga digemari oleh setiap kalangan.

Namun, bagi Anda yang sedang diet dan tidak ingin khawatir mengenai bertambahnya berat badan, ini dia beberapa daftarnya.

1. Bubur Kacang Hijau

Jajanan pasar rendah kalori yang pertama adalah bubur kacang hijau. Tentu saja, makanan ini terbuat dari kacang hijau yang kaya akan serat dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Makanan dengan kandungan serat tinggi, cocok bagi Anda yang sedang diet karena akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Tak hanya itu, bubur kacang hijau juga mengandung berbagai nutrisi, seperti karbohidrat, lemak baik, protein, mineral, dan vitamin B.

Semangkuk bubur kacang hijau mengandung 137 kalori. Namun, untuk mengonsumsinya, Anda disarankan mengurangi santannya agar terhindar dari lemak dan kalori berlebih.

2. Kue Klepon Ubi

Jajanan rendah kalori selanjutnya ada kue klepon ubi. Seperti namanya, kue klepon ini terbuat dari ubi jalar atau ubi ungu dengan campuran beras ketan kemudian dibentuk seperti bola kecil.

Di dalamnya terdapat potongan gula merah yang ketika digigit akan lumer dalam mulut, ini lah ciri khas kue klepo yang membuatnya banyak digemari.

Meski rasanya manis, namun klepon rupanya memiliki beberapa kandungan baik, seperti zat besi, vitamin, dan magnesium yang bermanfaat bagi tubuh.

Makanan rendah kalori ini cocok sebagai teman diet Anda karena pada satu kue klepon kurang lebih mengandung 125 kalori saja.

Baca Juga: 9 Makanan Khas Daerah di Indonesia, Lezat dan Kaya Rasa!

3. Kue Putu

Siapa yang tak pernah mendengar kue putu? Ya makanan yang memiliki ciri khas suara berdengung dari penjualnya ini rupanya termasuk salah satu jajanan pasar rendah kalori lho.

Jajanan ini digemari akan kelezatannya yang berasal dari gula jawa manis yang lumer dalam balutan tepung beras serta tak ketinggalan taburan parutan kelapa.

Dan menariknya, Anda dapat menikmati rasa manis dan gurih dari kue putu hanya dengan 26 kalori saja per buah nya.

4. Getuk

Siapa sangka bahwa getuk yang merupakan makanan khas Jawa Timur dan Jawa Tengah ini rupanya mengandung sedikit kalori saja.

Ya, pada 100 gram getuk mengandung 174 kalori. Camilan rendah kalori dari singkong dengan parutan kelapa ini diyakini dapat mengontrol kandungan gula dalam darah.

Selain cocok dikonsumsi oleh orang yang diet, getuk juga aman dikonsumsi oleh pengidap diabetes. 

5. Kue Pukis

Bagi Anda yang tidak terlalu suka makanan manis, mungkin kue pukis bisa menjadi salah satu pilihannya.

Jajanan pasar rendah kalori yang satu ini rasanya tidak terlalu manis tapi cukup nikmat untuk disantap, selain itu juga sangat mudah ditemukan.

Salah satu snack rendah kalori tradisional ini hanya mengandung 117 kalori untuk ukuran besar, dan 24 kalori untuk ukuran kecil.

6. Nagasari

Nagasari merupakan salah satu jajanan pasar rendah kalori yang sering kali ditemui pada acara-acara hajatan masyarakat Indonesia.

Selain rendah kalori, nagasari juga mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh, seperti protein dan karbohidrat.

Nagasari terbuat dari tepung beras yang legit dengan isian pisang manis di dalamnya dan diperkirakan 1 kue nagasari mengandung 154 kalori.

Baca Juga: 7 Jajanan Sehat untuk Si Kecil, Kenali juga Ciri-Cirinya

7. Asinan

Jajanan pasar rendah kalori kali ini merupakan kuliner tradisional asal Betawi dan Bogor, yaitu asinan.

Asinan bogor biasanya berisi buah dan sayuran dan dicampur dengan kuah pedas yang terbuat dari saripati cabai merah. Semantara, kuah pada asinan betawi terbuat dari bumbu kacang.

Rasanya yang unik, perpaduan antara pedas, asin, dan asam ini cukup digemari oleh warga lokal maupun luar daerah.

Anda tak perlu khawatir gemuk saat mengonsumsinya, karena asinan Bogor hanya memiliki 98 kalori dan 150 kalori untuk asinan Betawi.

8. Rujak Buah

Makanan rendah kalori yang memiliki rasa perpaduan segar dan pedas kali ini adalah rujak buah. Di dalam rujak buah biasanya telah dilengkapi bengkoang, kedondong, mangga, dan lain-lain.

Rujak buah diperkirakan hanya mengandung 120 kalori saja, sehingga cocok untuk camilan Anda di kala sedang diet.

Itu dia beberapa rekomendasi jajanan pasar rendah kalori, apakah Anda tertarik mencobanya? Tetapi, jangan lupa untuk tetap membatasi porsi makannya, ya!

Dan yang tidak kalah penting, jangan lewatkan untuk minum air putih setelah mengonsumsi jajanan tersebut.

Air putih akan membantu Anda menetralisir makanan yang masuk dalam tubuh dan mempercepat proses metabolisme.

Pilihlah air putih yang terjaga kualitasnya, salah satunya seperti AQUA. Air minum AQUA berasal dari 100% air pegunungan murni.

AQUA juga telah melakukan pengecekan hingga 400 kali tanpa tersentuh tangan untuk menjaga keasliannya hingga ke tangan Anda.

So, apapun camilannya, selalu sediakan #AQUADULU sebagai teman makan Anda!

Baca Juga: 5 Resep Aneka Kue Lebaran Praktis, Enak, dan Mudah Dibuat

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.