Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.

Kandungan Air Mineral dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Kebaikan AirHidup Sehat | 11 Juni 2020
Kandungan Air Mineral dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Dalam menjalani kehidupan, kita tidak bisa dipisahkan dengan air. Bahkan faktanya sebagian besar dari tubuh kita diisi oleh kandungan air. Diketahui kandungan air sangat diperlukan untuk tubuh, karena organ-organ vital tubuh manusia seperti otak, paru-paru, kulit, ginjal, hati adalah organ yang kandungan airnya lebih dari 60%.  

Kekurangan asupan air mineral dapat menyebabkan beberapa dampak negatif bagi tubuh. Misalnya kehilangan cairan tubuh sebanyak 1%, dapat terjadi gangguan pengaturan temperatur tubuh, kehilangan cairan 2% dapat mengakibatkan hilangnya nafsu makan. Dehidrasi juga dapat mengakibatkan gangguan pada saluran pencernaan.

Dari uraian di atas menjadi terlihat bagaimana pentingnya asupan air mineral yang cukup untuk kesehatan tubuh. Namun yang jadi pertanyaan berikutnya, apa saja kandungan air mineral dan manfaatnya bagi kesehatan sehingga menjadi begitu penting bagi tubuh?

Simak artikel berikut untuk mengetahui kandungan Air Mineral dan apa saja kebaikan yang dibawanya untuk kesehatan tubuh kita.

 

Kalsium 

Kalsium merupakan zat yang dikenal memiliki fungsi penting untuk menjaga kesehatan dari organ tulang agar terhindar dari proses pengeroposan tulang dan membantu Anda untuk memiliki gigi yang kuat sehingga terhindar dari berbagai penyakit gigi.

Untuk anak-anak di usia tumbuh kembang, kalsium juga dapat membuat ukuran tubuh menjadi lebih tinggi. Untuk anda yang memiliki masalah dengan berat badan, kalsium juga bermanfaat untuk proses pembakaran lemak dan menekan nafsu makan yang berlebih, sehingga dapat membantu proses penurunan berat badan.

Zat ini juga berperan penting dalam lancarnya proses kontraksi, relaksasi otot-otot pada tubuh, lancarnya pembekuan darah, dan juga menunjang sistem imunitas tubuh agar melindungi dari berbagai sumber penyakit.

 

Sodium 

Zat yang satu ini berfungsi untuk menjaga kadar air di dalam tubuh. Jika ketersediaan Sodium tidak seimbang makaa bisa menyebabkan kerusakan dan juga gangguan pada sel tubuh. Sodium juga berperan penting untuk proses penyerapan glukosa, di mana glukosa adalah salah satu sumber energi yang penting pada tubuh.

Sehatnya saraf dan jantung juga dapat dibantu oleh asupan sodium yang seimbang. Dengan asupan sodium yang cukup, tubuh dapat terlindungi dari penyakit seperti gangguan saraf atau penyakit jantung. Hal ini dikarenakan proses pemompaan darah menjadi lebih optimal dan lancar.

 

Magnesium

Magnesium memiliki peran yang penting dalam mencerna protein. Selain itu zat ini juga dapat membantu proses pemeliharaan kesehatan otot dan sistem jaringan penghubung dalam tubuh. Magnesium juga dapat menghilangkan timbunan lemak di dinding dalam pembuluh darah, serta juga bermanfaat sebagai zat pembentuk sel darah merah berupa zat pengikat oksigen dan juga hemoglobin.

 

Kalium

Zat ini merupakan salah satu elektrolit dalam tubuh yang berfungsi untuk menghantarkan informasi melalui saraf. Kalium juga berfungsi untuk menjaga otot-otot pada tubuh agar bisa berkontraksi dengan tepat dan juga kuat. Kalium juga membantu berdetaknya jantung, membantu distribusi nutrisi sel-sel tubuh, dan pemeliharaan tulang.

 

Bikarbonat

Zat ini mempunyai fungsi untuk memelihara keseimbangan keasaman darah serta juga membantu melancarkan proses pencernaan dalam perut. Dari penjelasan di atas, terlihat bahwa kandungan yang ada pada air memberikan berbagai macam manfaat bagi kesehatan tubuh Anda. Oleh karena itu, jadikanlah konsumsi air putih sebagai rutinitas untuk hidup yang lebih baik.

Untuk mendapatkan semua kebaikan yang terkandung pada air ini pilihlah AQUA. Karena Hanya AQUA yang lebih dari 45 tahun murni langsung dari sumbernya. Kesegarannya tetap terjaga di setiap tetes kemurniannya melewati lebih dari 400 cek kualitas.

Sumber mata air pegunungan AQUA merupakan pegunungan vulkanis yang menyaring air secara alami oleh lapisan batuan vulkanis dengan kemurnian yang baik bagi konsumen. AQUA juga melindungi ekosistem di sekitar sumber air dan sumber airnya itu sendiri. Hal ini ditujukan untuk melindungi kealamian mineral pegunungan, serta menjaga keberlangsungan sumber air.

 

 

Referensi:

  1. Pivarnik and Palmer. 1994
  2. Santoso B., Hardinsyah, Siregar P, Pardede S. 2017
  3. https://www.who.int/water_sanitation_health/dwq/nutrientsindw.pdf
  4. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5318167/