Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.

Kapan Harus Minum Air Putih? Simak Tips Tips Berikut Ini

Kebaikan AirHidup Sehat | 08 Oktober 2021
Kapan Harus Minum Air Putih? Simak Tips Tips Berikut Ini

Tanpa asupan air yang cukup kedalam tubuh, kita beresiko mengalami suhu tubuh yang tidak stabil, kurangnya pelumasan pada sendi, hingga tidak dapat mengeluarkan zat sisa dengan baik lewat urine atau buang air besar. Tidak ada keraguan bahwa air sangat penting untuk kesehatan Anda. Terhitung hingga 60% dari berat badan kita adalah air yang memainkan peran kunci dalam mengatur segala sesuatu mulai dari fungsi otak hingga kinerja fisik hingga pencernaan. Menurut seorang Sarah Krieger seorang Ahli Gizi di St. Petersburg mengatakan “Setiap sel dalam tubuh kita membutuhkan air. Air sangat penting untuk fungsi pencernaan, jantung, paru-paru, dan otak Anda,”

Namun, kapankah waktu terbaik untuk mengonsumsi air? Berikut penjelasannya:

Setelah bangun tidur

Minumlah satu hingga dua gelas air terlebih dahulu ketika bangun tidur karena tidak ada cairan yang masuk kedalam tubuh selama kita tidur semalaman.

Banyak manfaat yang bisa didapatkan bila Anda minum air putih setelah bangun tidur. Misalnya, minum air saat perut kosong bisa meningkatkan laju metabolisme sebanyak 24 persen yang membantu proses pencernaan makanan dan pembuangan racun dari dalam tubuh.

Selain itu, minum air putih di pagi hari bisa bantu untuk menurunkan keasaman lambung. Sehingga, perut jadi terasa lebih nyaman ketika Anda sarapan. (1)

Ketika merasa lapar

Pada Oktober 2018, para peneliti dari Clinical Nutrition Research melalui sebuah jurnal menemukan bahwa minum air sebelum makan membantu pria dan wanita makan lebih sedikit dan merasa sama “kenyangnya” dengan mereka yang tidak minum air sebelumnya namun makan dengan porsi lebih banyak.

Manfaat ini ternyata juga meningkat bila air minum ditambahkan dengan es, Sebuah studi kecil pada pria di European Journal of Nutrition pada Januari 2019 menemukan bahwa peserta yang minum dua cangkir air es pada sebelum makan, jadi lebih sedikit mengonsumsi makanan dibandingkan dengan kelompok yang minum air hangat atau panas. Hal ini karena suhu dingin memperlambat pencernaan dan dapat membantu mengurangi nafsu makan. (1)

Minumlah setelah makan

Minum air dengan makanan membantu pencernaan jadi lebih lancar. Air sangat penting untuk diminum bersama makanan tinggi serat. Serat bergerak melalui sistem pencernaan Anda dan menyerap air, membantu membentuk tinja dan meningkatkan keteraturan. (1)

Saat sakit kepala

Menurut sebuah lembaga di Amerika Serikat, National Headache Foundation, sakit kepala bisa menjadi salah satu gejala dehidrasi. Jika Anda mengalami dehidrasi, kondisi ini juga bisa memicu serangan migrain.

Bagi Anda yang menderita migrain, meningkatkan asupan air dapat membantu meredakan rasa sakit, frekuensi, dan durasi migrain. Hal ini telah dibuktikan oleh sebuah percobaan pada Juli 2020 terhadap wanita dewasa yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Neuroscience. (1)

Sebelum dan setelah berolahraga

Ketika melakukan olahraga, suhu pada tubuh Anda bisa meningkat. Untuk mengembalikan suhu tubuh menjadi normal kembali, tubuh akan mengeluarkan keringat dan kadar cairan tubuh jadi berkurang. Oleh karena itulah penting untuk minum dan menggantikan cairan yang hilang.

Minum air sebelum berolahraga pun juga dianjurkan karena dapat menjaga tubuh tetap terhidrasi, sehingga mencegah penurunan kinerja tubuh dan menjaga kekuatan otot.(2)

Sebelum tidur

Jangan minum satu atau dua gelas air sebelum tidur. Anda harus bangun di tengah malam untuk pergi ke kamar mandi, dan itu akan mengganggu tidur Anda. Namun, bawalah segelas air ke samping tempat tidur Anda di malam hari, untuk berjaga-jaga jika Anda merasa haus. (1)

Saat sedang sakit

Saat sedang sakit, misalnya demam, tubuh akan mengeluarkan keringat yang lebih banyak sehingga cairan akan banyak keluar dari tubuh Anda.

Hal yang sama juga dapat terjadi ketika Anda mengalami penyakit pencernaan dengan gejala muntah-muntah atau diare yang membuat cairan tubuh pun semakin banyak keluar. Akibatnya, penting menjaga asupan air saat sedang sakit untuk mengisi kembali cairan yang hilang dan tubuh pun terhindar dari dehidrasi yang dapat memperburuk kondisi kesehatan. (2)

Setelah mengetahui kapan waktu terbaik untuk minum air, pastikan juga Anda memiliki asupan hidrasi yang baik dengan air mineral berkualitas seperti AQUA yang hadirkan berbagai kebaikan untuk kesehatan Anda.

AQUA memastikan keluarga Indonesia bisa mendapatkan air minum berkualitas, yang baik untuk kesehatan keluarga karena tidak semua air itu sama. AQUA memastikan hal ini, dimulai dari sumber airnya yang dipilih secara seksama melalui 9 kriteria, 5 tahapan, dan 1 tahun masa penelitian.

 

Source:

https://www.everydayhealth.com/healthy-living/8-best-times-drink-water/
https://www.halodoc.com/artikel/kapan-waktu-terbaik-untuk-minum-air-putih