Air membawa banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, termasuk menggantikan cairan yang hilang setelah beraktivitas. Oleh karena itu, sangat penting untuk memastikan kualitas dari air minum yang Anda konsumsi.

Untuk mencukupi kebutuhan air setiap hari, sebagian orang memilih mengonsumsi air kemasan. Ada pula yang terbiasa merebus air sendiri. Namun, pilihan mana yang lebih tepat?

Air Kemasan

Air kemasan adalah air yang berasal dari sumur, sumber air di pegunungan, atau lainnya, yang dikemas dalam botol plastik atau kaca. 

Sebelum dipasarkan, air kemasan perlu melewati beberapa proses, yaitu distilasi, filtrasi, atau purifikasi. Semua proses ini bertujuan untuk memisahkan komponen berbahaya dari air, dan untuk memastikan kualitasnya sesuai dengan standar kesehatan yang berlaku.

Air Rebus

Air rebus adalah air yang didapatkan dari sumber air bebas, seperti keran dan lainnya, lalu direbus atau dimasak hingga mendidih. Tujuan dari merebus air adalah untuk memusnahkan mikroorganisme atau kuman yang terdapat di air yang digunakan. 

Sesungguhnya ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat merebus air. Diduga bahwa merebus air dengan suhu 70°C dapat membunuh mikroorganisme dalam 30 menit. Lalu, merebus air dengan suhu 85°C diyakini dapat membunuh mikroorganisme dalam beberapa menit.

Namun sejatinya, merebus air keran belum tentu bisa menghilangkan bahan kimia yang mungkin berbahaya bagi tubuh. Karena itu, Anda disarankan untuk menghindari konsumsi air minum dari sumber yang tidak jelas.

Jadi, mana yang lebih aman untuk dikonsumsi, air kemasan atau rebus? Sangat sulit menentukan mana yang terbaik. Karena ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan, seperti asal air, komponen, dan sebagainya. Karena itu, pastikan air yang Anda minum adalah yang terbaik untuk tubuh Anda.