Kini, bayi Anda sudah memasuki masa MPASI. Anda pun bingung mengenai sumber air yang akan digunakan untuk menyiapkan MPASI. Amankah bila memakai air rebusan biasa? Atau lebih terjamin air mineral?

Berbeda dengan remaja dan orang dewasa, bayi memiliki kekebalan tubuh yang lebih rendah. Hal ini terjadi karena sistem kekebalan dalam tubuh bayi belum sempurna. Begitu pula dengan sistem pencernaannya.

Selain hormon-hormon dan enzim pencernaan yang belum lengkap, celah-celah pada saluran cerna bayi juga masih longgar. Ini membuat kuman lebih mudah masuk melalui saluran cerna. 

Tak heran bila masalah pencernaan, seperti diare dan muntah akibat infeksi saluran cerna, lebih sering terjadi pada bayi. Untuk itu, pemilihan jenis makanan serta air sangat penting diperhatikan.

Sebenarnya, baik air mineral maupun air biasa dapat digunakan dalam menyiapkan susu dan MPASI pada bayi. Hal yang terpenting, rebuslah air terlebih dahulu hingga benar-benar mendidih. 

Kemudian, biarkan mendingin sekitar 10 menit hingga suhu mencapai 70 derajat. Setelah itu, barulah Anda dapat menggunakannya untuk membuat susu atau melarutkan MPASI. 

Bagi Anda yang memilih air biasa, perlu memerhatikan sumber air yang digunakan.  Pastikan sumber air tersebut bersih dengan kualitas air yang baik (tidak berwarna, tidak berasa, tidak berbau). Hindari sumber air minum yang Anda curigai telah tercemar zat kimia, karena merebus air tidak dapat menghilangkan kontaminasi.

Bagi Anda yang memilih air mineral, ingatlah bahwa air mineral yang baik memang bersih dari sebagian besar kontaminan zat kimia, tetapi air mineral tidaklah 100 persen sterilsehingga Anda harus merebusnya jika akan digunakan untuk bayi. 

Selanjutnya, jika Anda menggunakan air minum isi ulang, maka pilihlah air minum isi ulang yang terjamin kualitasnya. Hal ini sangat penting agar kesehatan buah hati Anda terjaga dengan baik.

Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa air rebusan sebenarnya aman untuk bayi. Asalkan sumber air yang digunakan berkualitas baik, serta proses perebusan air dilakukan dengan benar. 

[RS/ RH]