Sumber air bersih membuat air mineral atau air minum dalam kemasan (AMDK) menjadi alternatif yang praktis dan ekonomis. Tak jarang konsumen membelinya dalam jumlah besar untuk disimpan bila sewaktu-waktu diperlukan. 

Sebab itu, agar kualitas produk tetap terjaga, International Bottled Water Association (IBWA) menganjurkan cara menyimpan air minum dalam kemasan sebagai berikut:
1.    Simpan di tempat yang bersih dan sejuk
Simpan air minum dalam kemasan di tempat yang sejuk dan gelap. Bersihkan kemasan terutama bagian atas atau tutupnya karena mudah terkena bakteri atau kuman lainnya.
2.    Hindari paparan langsung sinar matahari dan sumber panas lainnya
Alga atau jamur dapat muncul dalam air minum yang terus-menerus terpapar sinar matahari atau sumber panas lain. Akibat panas pula, BPA (Bisphenol A) dalam plastik bisa larut dalam air. Kandungan ini memiliki efek negatif bagi kesehatan yang dapat mengganggu metabolisme hormon dalam tubuh.
3.    Jauhkan dari benda-benda yang berbau tajam
Uap atau gas dari bahan-bahan kimia berbau tajam seperti bensin, thinner cat, cairan pembersih rumah tangga, dan bahan kimia lainnya dapat merembes ke dalam kemasan air minum yang berbahan plastik. Dampaknya, citarasa serta aroma air minum dalam kemasan bisa berubah.
4.    Hindari menyimpan air minum dalam kemasan lebih dari 1 tahun
Produsen air minum dalam kemasan umumnya mencantumkan tanggal kedaluwarsa pada kemasan sampai 2 tahun sejak diproduksi. 
Namun demikian, Badan Administrasi Makanan dan Obat di Amerika Serikat menyatakan bahwa air minum dalam kemasan yang belum dibuka tidak memiliki batas waktu kedaluwarsa selama kemasan tetap tertutup rapat, tidak rusak, serta tersimpan di tempat yang sejuk. Warna, citarasa, atau aroma air tersebut dapat berubah, namun masih aman untuk dikonsumsi. 
 
Agar air tetap segar, bersih, dan berkualitas baik, pastikan Anda menyimpan air mineral atau air minum dalam kemasan dengan cara-cara yang tepat. Cara menyimpan air minum dalam kemasan yang dianjurkan oleh ini dimaksudkan agar konsumen dapat menikmati air yang segar, bersih dan berkualitas baik.