Air putih. Minuman yang satu ini memang terlihat sepele. Tapi sebenarnya, air putih memiliki peran yang sangat penting bagi kesehatan.

Sejak kecil, Dini sudah diajarkan kebiasaan yang baik oleh orangtuanya. Ia selalu menyediakan botol air putih di tas ke manapun ia pergi. Hal ini membuat Dini terhindar dari dehidrasi dan selalu memiliki energi untuk menjalankan aktivitasnya.

Tapi air tak hanya penting bagi anak-anak seperti Dini. Semua kelompok usia manusia memerlukan air, sebab sekitar 60% tubuh tersusun dari air. Contohnya, pada orang dewasa dengan berat badan 50 kg memiliki 30 liter atau 30.000 ml air pada tubuhnya. Banyak, bukan? Sebagian besar air berada di dalam sel dan sisanya di luar sel. Air membuat tubuh Anda dapat berfungsi dengan baik.

Air tidak terperangkap di dalam tubuh. Setiap hari, air dalam tubuh Anda akan keluar melalui :
• Keringat, sekitar 100 ml
• Feses, sekitar 200 ml
• Urine, minimal 800 ml
• Insensible water loss, sekitar 800 ml

Total jumlah minimal air yang hilang dari tubuh Anda adalah sekitar 1.900 ml. Angka ini tidaklah mutlak dan dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor terkait. Apabila Anda berolahraga, keringat yang keluar akan lebih banyak. Jumlah air yang hilang dari feses dan urine juga dipengaruhi oleh banyaknya feses dan urine yang Anda produksi. Insensible water loss adalah air yang hilang dari tubuh dan tidak Anda sadari, yaitu melalui penguapan dari kulit dan jalan napas.

Penting sekali untuk mengganti air yang sudah hilang dari tubuh, agar tubuh Anda dapat berfungsi dengan baik. Karena dehidrasi dapat menyebabkan beberapa gangguan seperti kurangnya konsentrasi hingga nyeri kepala. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena tubuh memiliki sistem yang dapat memberikan rasa haus saat tubuh kekurangan cairan.

Gantilah air yang hilang tersebut dengan air putih, sebanyak jumlah air yang keluar dari tubuh Anda. Jangan bingung dulu! Para ahli sudah memberikan standar jumlah air minimal yang harus diminum per hari, karena cukup sulit untuk menghitung jumlah air yang keluar dari tubuh tiap-tiap individu. Mereka merekomendasikan untuk minum air sebanyak 2 liter atau kurang lebih 8 gelas per hari.

Dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh, Anda pun akan senantiasa sehat dan bugar sepanjang hari!

[RS/RH]

Sumber :
http://www.anaesthesiamcq.com/FluidBook/fl2_1.php
https://medlineplus.gov/ency/article/003425.htm
http://www.anaesthesiamcq.com/FluidBook/fl3_1.php
https://authoritynutrition.com/how-much-water-should-you-drink-per-day/