Mana yang menjadi kebiasaan Anda: mengonsumsi air mineral, air keran yang direbus, atau air mineral yang direbus? Terkait kebiasaan yang terakhir itu, konon ada mitos bahwa merebus air pada suhu tertentu dapat menghilangkan kuman. 

Beberapa pakar menyampaikan, merebus air mineral dalam kemasan tidak membawa manfaat khusus. Umumnya, air mineral yang disajikan dalam kemasan sudah melalui beberapa proses purifikasi, seperti filtrasi, distilasi, dan sebagainya. 

Selain itu, kualitas air mineral yang dijual bebas wajib memenuhi standar nasional. Tujuannya supaya air tersebut aman dikonsumsi. Jadi bila diproduksi oleh perusahaan yang terpercaya, kualitas air sudah terjamin baik, sehingga merebus air mineral tidak disarankan. 

Merebus Ulang (Reboiling)

Merebus ulang atau reboiling adalah istilah yang digunakan untuk air yang direbus, dibiarkan sejenak untuk menurunkan suhu, lalu direbus lagi. 

Pada dasarnya, merebus air mineral tidak memiliki risiko bahaya bagi kesehatan. Misalnya, bila Anda ingin menghangatkan air untuk mengonsumsi teh atau kopi, tidak ada dampak kesehatan yang akan timbul. 

Namun, bila Anda merebus air mineral hingga berbuih dengan tujuan menghilangkan kandungan kuman, maka ini sangat tidak disarankan. Sebab, proses ini dapat mengubah struktur kimiawi dari molekul-molekul yang terdapat pada air, juga menyebabkan beberapa zat berbahaya berakumulasi. Sebut saja, zat kimia seperti arsenik dan nitrat. 

Jadi, bolehkah merebus air mineral? Tidak. Namun, jika Anda hanya sekadar ingin menghangatkannya, bukan mendidihkannya, tidak mengapa. 

(BA/ RH)