Mungkin Anda masih ingat pelajaran saat SMP atau SMA dulu. Air dalam istilah kimia disebut sebagai H2O, yang terbentuk dari ikatan antara hidrogen dan oksigen. Namun, sebenarnya kandungan air tidak murni hanya H2O. Banyak komponen lain yang tersembunyi dalam air yang Anda gunakan sehari-hari.

Walau sekilas terlihat sama-sama jernih, tidak berwarna, dan tidak berbau, sebenarnya kandungan air dari sumber yang berbeda akan berbeda pula. 

Kandungan air dari berbagai sumber seperti air hujan, air sumur, air sungai, air danau berbeda-beda. Bahkan, kandungan air dari sungai yang satu dapat berbeda dengan kandungan air dari sungai lain, tergantung dari jenis bebatuan yang terdapat pada sungai tersebut.

Setidaknya, ada lima hal yang menyebabkan perbedaan kualitas air dari satu sumber dengan sumber lainnya sehingga dapat berdampak pada kesehatan tubuh. Perbedaan kualitas ini ditentukan oleh komposisi mineral, kandungan ion, bahan organik, bakteri, serta kontaminan kimia di dalamnya. 

Itulah mengapa kandungan air mineral berbeda dengan air rebusan. Sesuai dengan namanya, air mineral mengandung berbagai mineral yang diperlukan oleh tubuh. Seperti kalsium, magnesium, selenium, kromium, seng (zinc), natrium, kalium, kadmium, florida, iodium, silika, dan berbagai mineral lainnya. 

Kandungan mineral dalam air mineral ini relatif lebih  stabil dibandingkan dengan air rebusan biasa, karena air mineral bersumber dari air pegunungan. Sementara kandungan mineral pada air rebusan biasa bervariasi dan sangat tergantung dari sumber air rebusan tersebut.

Selain itu, air mineral diproses dalam beberapa tahap untuk menghilangkan kontaminan. Sedangkan, proses perebusan pada air rebusan biasa hanya mampu menghilangkan mikroba pada air.Kandungan lainnya terutama kontaminan bahan kimia masih mungkin terdapat dalam air rebusan. Sekali lagi, ini sangat tergantung dari sumber air yang digunakan. 

Jadi, kandungan air mineral dan air rebusan dapat berbeda, baik  dalam komposisi mineral yang terdapat di dalamnya serta kemungkinan adanya kontaminasi. Untuk itu, selalu perhatikan sumber air yang Anda gunakan agar kesehatan tetap terjaga.

[RS/ RH]