5 Penyebab & Cara Mengatasi Kepala Pusing Saat Bangun Tidur

Hidup Sehat | 09 Agustus 2022

Bagikan:

5 Penyebab & Cara Mengatasi Kepala Pusing Saat Bangun Tidur

Ketika bangun tidur, tentu yang kita inginkan adalah perasaan segar sehingga siap untuk beraktivitas. Namun, apa jadinya jika kepala malah terasa pusing dan kliyengan? Kira-kira, apa penyebab kepala pusing saat bangun tidur yang Anda alami?

Sakit kepala ketika bangun tidur mungkin akan mereda dengan sendirinya dalam waktu beberapa menit. Tapi terkadang hal tersebut bisa berlangsung selama berjam-jam. Maka dari itu, simak artikel berikut untuk mengetahui apa penyebab dan cara mengatasinya.

Penyebab Kepala Pusing Saat Bangun Tidur

Sebenarnya kepala pusing saat bangun tidur merupakan hal yang normal. Namun, jika kondisi ini berlangsung lama dan berulang, berarti Anda harus mencari tahu apa pemicunya.

Adapun penyebab utama kepala pusing saat bangun tidur ialah BPPV dan hiportensi ortostatik. BPPV adalah kelainan pada telinga dalam yang biasanya dipicu oleh perubahan posisi kepala. Sedangkan hipertensi ortostatik adalah kondisi di mana tekanan darah menurun secara cepat ketika berdiri dari posisi duduk atau berbaring.

Berikut merupakan beberapa kemungkinan lainnya kenapa kepala pusing saat bangun tidur.

1. Insomnia

Alasan pertama kenapa kepala pusing saat bangun tidur adalah insomnia. Biasanya Anda mengalami sulit tidur, tidak bisa tidur nyenyak, atau bangun dini hari kemudian tidak dapat tidur kembali.

Insomnia menyebabkan kualitas tidur Anda menurun dan membuat Anda berisiko dua hingga empat kali lebih besar mengalami pusing ketika bangun tidur di pagi hari.

2. Sleep Apnea

Penyebab pusing saat bangun tidur lainnya adalah sleep apnea. Ini merupakan gangguan tidur yang menyebabkan seseorang berhenti bernapas dalam waktu singkat selama tidur di malam hari.

Sleep apnea dapat mengganggu rutinitas tidur serta menurunkan kadar oksigen di otak, sehingga membuat penderitanya merasakan gejala sakit kepala dan kelelahan ketika bangun di pagi hari.

Selain itu, sleep apnea juga ditandai dengan gejala seperti mendengkur, tersedak ketika tertidur, dan bangun dengan mulut kering.

3. Salah Posisi Tidur

Tidur dengan posisi salah dan tidak nyaman juga dapat menjadi penyebab pusing saat bangun tidur. Misalnya tidur dengan posisi bantal terlalu tinggi sehingga menyebabkan otot jadi tegang. Selain itu, leher dan kepala juga bisa kaku lantaran Anda tertahan dalam posisi sama untuk waktu yang lama selama tidur.

4. Depresi dan Gangguan Kecemasan

Alasan lain kenapa kepala pusing saat bangun tidur ialah karena adanya gangguan kesehatan mental seperti depresi dan gangguan kecemasan. Kedua kondisi ini kerap kali mengganggu tidur di malam hari sehingga Anda rentan mengalami sakit kepala di keesokan harinya saat bangun dari tidur.

5. Migrain

Migrain atau sakit kepala adalah kondisi yang bisa membuat kepala pusing saat bangun tidur. Penyebab migrain belum diketahui secara pasti, namun diduga kondisi tersebut disebabkan oleh gangguan neurologis dan perubahan aktivitas otak yang mempengaruhi sinyal saraf, bahan kimia, dan pembuluh darah di otak.

Migrain biasanya dipicu oleh kualitas tidur yang buruk, termasuk kurang tidur atau tidur berlebihan. Pada kondisi ini, serangan migrain sering terjadi di pagi hari terutama jam 8-9 pagi.

Baca juga: Pusing Tanpa Sebab, Mungkin Kekurangan Cairan

6. Dehidrasi

Kepala pusing saat bangun tidur juga bisa disebabkan oleh dehidrasi. Saat Anda mengalami dehidrasi, tubuh akan terasa lemas, haus, dan pusing. Dehidrasi terjadi lantaran kurang minum air putih, ruangan kamar tidur terlalu panas, atau terlalu banyak minum minuman berkafein.

7. Gula Darah Rendah

Apakah Anda memiliki diabetes? Jika iya, mungkin penyebab pusing saat bangun tidur yang Anda alami adalah karena Anda mengonsumsi obat-obatan antidiabetes, seperti insulin. Obat ini memang berfungsi menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Efek samping yang muncul di antaranya tubuh terasa lemas, gemetar, keringat dingin, dan kepala terasa pusing.

Cara Mengatasi Kepala Pusing Saat Bangun Tidur

Cara menghilangkan pusing saat bangun tidur disesuaikan dengan penyebabnya. Apabila pusing disebabkan oleh penyakit tertentu, maka mengatasinya ialah dengan berkonsultasi ke dokter guna mendapat penanganan yang tepat.

Jika disebabkan oleh dehidrasi, maka cara mengatasinya yaitu dengan memperbanyak minum air putih, dan lain sebagainya.

Selain itu, upaya lain yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi kepala pusing saat bangun tidur adalah sebagai berikut.

  • Bangun secara perlahan dan tidak terburu-buru.
  • Minum air putih.
  • Menghindari minum minuman yang mengandung kafein sebelum tidur.
  • Mengonsumsi makanan bergizi seimbang.
  • Mengelola stres dengan baik, seperti meditasi, mendengarkan musik, dan lain-lain.
  • Rutin berolahraga.
  • Rutin melakukan pemeriksaan gula darah, terutama bagi penderita diabetes.
  • Menghindari tidur siang terlalu lama.
  • Buat suasana kamar tidur Anda kondusif, seperti jaga agar ruangan tetap gelap, sejuk, dan tenang.
  • Tidur cukup, setidaknya 7 hingga 8 jam setiap malam.

Sekian pembahasan mengenai penyebab dan cara mengatasi pusing saat bangun tidur. Apabila cara di atas tidak berhasil menghilangkan pusing yang Anda alami, maka sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa pusing ketika bangun tidur salah satunya dipicu oleh dehidrasi. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk selalu minum air putih dengan jumlah yang cukup, yaitu delapan gelas per hari.

Langkah ini memang sederhana, namun manfaatnya bagi tubuh sangat luar biasa. Minum air putih selain bisa mencegah dehidrasi juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mempercepat proses metabolisme, menjaga kesehatan ibu hamil, dan masih banyak lagi.

Untuk merasakan kebaikan yang ada pada air putih, Anda bisa memilih produk air mineral berkualitas seperti AQUA. AQUA sudah lebih dari 49 tahun menghadirkan air minum terbaik untuk Anda dan keluarga.

Kualitas air minum AQUA selalu dijaga dengan cara memastikan ekosistem sumber airnya terlindungi serta proses pengemasannya telah melalui ratusan uji kualitas tanpa tersentuh tangan.

Mulai hidup sehat Anda sedari sekarang dengan minum #AQUADULU di setiap aktivitas! Nah, kalau Anda sedang merasa pusing akibat kerjaan yang menumpuk, daripada dirasa-rasain, mending ikutan #AQUADULU TikTok Challenge untuk mendapatkan hadiah spesial dari AQUA!

Anda tinggal bikin video semenarik mungkin dan upload di TikTok menggunakan hashtag #AQUADULU. Simak syarat dan ketentuan lebih jelasnya, ya!

Baca juga: 6 Penyebab Pusing Setelah Olahraga dan Cara Mengatasinya

Referensi:

  1. Ketahui 6 Penyebab Sakit Kepala saat Bangun Tidur - Buka
  2. 9 Penyebab Sakit Kepala Saat Bangun Pagi, dari yang Sepele Sampai Bahaya - Buka
  3. Bangun Tidur Pusing, Mungkin Ini Penyebabnya - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.