Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.

Makanan 4 Sehat 5 Sempurna Untuk Tingkatkan Imunitas Tubuh

Kebaikan AirHidup Sehat | 14 Juli 2021
Makanan 4 Sehat 5 Sempurna Untuk Tingkatkan Imunitas Tubuh

Agar tidak terserang penyakit penting bagi kita untuk menjaga imunitas tubuh. Terdapat berbagai cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh. Seperti, Pola hidup sehat, menghindari stress dan mengkonsumsi suplemen agar tubuh tetap prima. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), pola makan tidak sehat dan kurangnya aktivitas fisik merupakan faktor risiko kesehatan global yang utama.

Pola hidup sehat yang paling sulit diterapkan adalah mengkonsumsi makanan sehat. Menjaga asupan gizi pada makanan yang dikonsumsi merupakan hal yang sangat penting, agar tubuh dapat tumbuh dan berkembang, serta menjalankan fungsinya dengan maksimal. Agar makanan yang Anda konsumsi terjamin gizinya, Anda bisa mulai dengan membuat catatan menu makanan yang mengandung 4 sehat 5 sempurna.

Makanan 4 sehat 5 sempurna itu sendiri terdiri dari karbohidrat, lemak, protein, multivitamin dan mineral. Apa saja makanan yang sesuai dalam menu 4 sehat 5 sempurna tersebut? Berikut daftarnya:

1. Karbohidrat

Mungkin Anda hanya mengetahui Nasi sebagai menu yang mengandung karbohidrat. Padahal Anda bisa mendapatkannya di Ubi Jalar (ubi manis). Selain sumber karbohidrat ubi juga kaya akan vitamin A. Vitamin ini penting untuk memproduksi jaringan konektif yaitu jaringan yang menghubungkan, mendukung dan memisahkah antar jaringan dan organ dalam tubuh. Yang terpenting adalah ubi mempunyai peran besar untuk kulit dalam menjaga dari bakteri dan kuman penyakit.

Selain ubi Anda juga bisa mendapatkan sumber karbohidrat dari Barley dan Oat (gandum). Karena mengandung serat potensial yang disebut beta-glucan dengan antioksidan dan antimikroba, gandum makanan yang cocok untuk meningkatkan imunitas tubuh.

2. Protein

Sumber protein yang sudah tidak diragukan lagi adalah daging dan telur. Zinc yang terkandung di dalam daging menjadi elemen terpenting dalam memproduksi dan memperbanyak sel darah putih sedangkan telur yang mengandung beberapa vitamin, terutama vitamin D yang bermanfaat untuk pembentukan tulang, serta menjaga kesehatan jantung, otak, dan otot. 

3. Multivitamin

Buah dan sayuran merupakan makanan yang paling tepat untuk Anda yang ingin mendapatkan multivitamin. Alpukat salah satu buah yang dipercaya bisa meningkatkan imunitas tubuh karena mengandung B1, C , A dan mineral. Selain itu ada juga buah Lemon. Kaya akan vitamin C, lemon bisa membuat tubuh kita kuat melawan serangan penyakit. Sedangkan untuk sayuran Anda bisa mengkonsumsi sayuran hijau karena kaya akan vitamin B1, A. C dan Zinc.

4. Mineral

Mengkonsumsi air yang rutin akan menjaga cairan tubuh tetap sehat dan meningkatkan sistem imunitas secara alami. Dengan terpenuhinya asupan air secara rutin maka kinerja tubuh akan tetap sehat karena proses pengantaran oksigen dalam tubuh ke organ-organ penting menjadi lebih lancar. Namun, untuk memiliki tubuh yang sehat butuh sumber air minum yang baik yaitu dari pegunungan. Karena setiap tetes dari air berkualitas yang kita minum akan mampu menjaga kinerja tubuh dan mendukung kegiatan sehari-hari.

Selain mengonsumsi makanan yang mengandung zat-zat penting diatas, ada baiknya juga Anda mulai menerapkan pedoman gizi seimbang agar imunitas tubuh selalu terjaga seperti berikut:

  • Mengonsumsi berbagai makanan bergizi
    Seperti yang sudah dijelaskan diatas penting untuk kita mengkonsumsi berbagai jenis makanan agar dapat memenuhi gizi yang seimbang. Karena tidak ada satu pun jenis makanan yang mengandung semua jenis zat gizi.

  • Mulai membiasakan hidup bersih
    Lingkungan dan diri yang bersih akan menjauhkan penyakit. Karena saat penyakit melanda maka kebutuhan gizi akan sulit terpenuhi. Mulailah dengan hal kecil seperti rajin mencuci tangan dengan air bersih serta sabun.

  • Melakukan aktivitas fisik
    Berolahraga sudah terbukti dapat membantu mengendalikan berat badan. Manfaat lainnya adalah stress akan berkurang, tidur lebih nyenyak dan kinerja otot serta otak akan baik.

    Cobalah untuk memilih olahraga ringan seperti jogging atau bersepeda, lakukanlah selama 30 menit setiap harinya atau minimal 3-5 hari dalam seminggu.

  • Mempertahankan berat badan ideal
    Indeks massa tubuh (IMT) atau yang lebih sering dikenal dengan body mass index (BMI) yang tinggi dapat menyebabkan obesitas. Sedangkan nilai IMT di bawah normal bisa diartikan sebagai kekurangan asupan kalori dan protein. Kedua hal tersebut tentunya tidak baik untuk tubuh dan dapat menimbulkan berbagai penyakit. Untuk itu penting bagi Anda dapat terus memantau apakah nilai IMT Anda masih dalam batas normal atau tidak.

Setelah mengetahui menu makanan 4 sehat 5 sempurna yang baik untuk meningkatkan imunitas tubuh. Sekarang saatnya Anda untuk konsisten menjaga pola hidup sehat tersebut. Dengan terus berolahraga, istirahat yang cukup, mengkonsumsi makanan sehat dan tidak lupa untuk selalu minum AQUA sebagai sumber dari mineral Anda.

Dalam menjalankan pedoman gizi seimbang serta melengkapi 4 sehat 5 sempurna penting untuk memilih sumber mineral yang berkualitas. Maka dari itu pilihlah AQUA sebagai sumber air mineral yang akan Anda konsumsi. AQUA sudah terpercaya lebih dari 48 tahun menghadirkan kebaikan air mineral pegunungan dari tiap tetes airnya. Selain segar, beragam kandungan mineral baik di dalam AQUA memberi manfaat untuk tubuh.

Setelah mengetahui menu makanan 4 sehat 5 sempurna yang baik untuk meningkatkan imunitas tubuh. Sekarang saatnya Anda untuk konsisten menjaga pola hidup sehat tersebut. Dengan terus berolahraga, istirahat yang cukup, mengkonsumsi makanan sehat dan tidak lupa untuk selalu minum AQUA sebagai sumber dari mineral Anda.

 

Referensi:

https://www.alodokter.com/berbagai-cara-meningkatkan-imunitas-tubuh-agar-tidak-mudah-sakit
https://www.halodoc.com/kesehatan/hidup-sehat
http://lagizi.com/makanan-peningkat-imunitas/
https://www.sehataqua.co.id/peran-air-minum-berkualitas-dalam-mengembalikan-cairan-tubuh/