10 Menu Berbuka Puasa untuk Orang Diet, Enak & Rendah Kalori

Tips Ramadhan | 19 April 2023

Bagikan:

10 Menu Berbuka Puasa untuk Orang Diet, Enak & Rendah Kalori

Memperhatikan jenis makanan berbuka puasa untuk orang diet ternyata cukup penting, lho. Hal ini guna menghindari berat badan naik saat puasa yang tidak terkontrol.

Pasalnya, akan ada banyak sekali godaan makanan yang begitu menggiurkan. Tak jarang, hal tersebut membuat program diet Anda menjadi kurang optimal.

Tapi jangan khawatir, artikel berikut memiliki sejumlah menu buka puasa untuk orang diet yang tentunya lezat namun sehat. Langsung saja, yuk, simak rekomendasinya!

Makanan Berbuka Puasa untuk Orang Diet

Untuk mendukung program diet Anda selama puasa, mengonsumsi menu makanan sehat yang rendah lemak dan kalori merupakan sebuah jalan jitu.

Nah, dalam rangka menyediakan menu tersebut, terdapat beberapa pilihan makanan berbuka puasa untuk orang diet yang bisa Anda siapkan, di antaranya yaitu:

1. Tiga Buah Kurma dan Teh

Pasti Anda sudah sering mendengar bahwa sangat disarankan untuk mengawali berbuka dengan makanan atau minuman yang manis.

Sehubungan dengan itu, menu buka puasa untuk orang diet yang cocok adalah tiga buah kurma dan teh.

Sebab, minum teh dan makan kurma saat berbuka puasa dapat membantu Anda mengembalikan energi yang hilang.

Lebih lanjut, kurma diketahui kaya akan nutrisi, dapat melancarkan Buang Air Besar (BAB), dan juga mengenyangkan.

2. Salad Buah

Makanan berbuka puasa untuk orang diet selanjutnya yaitu salad buah. Seperti yang diketahui, buah adalah makanan yang baik untuk diet.

Pasalnya, buah diketahui memiliki beberapa manfaat, salah satu satunya yaitu menjaga berat badan tubuh tetap ideal.

Namun, ketika Anda mengonsumsi salad buah, perhatikan proporsinya, ya. Pastikan bahwa komposisi buahnya lebih banyak dibandingkan dengan bahan pelengkap lainnya.

Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan manfaat buah dengan lebih maksimal.

Baca juga: 10 Resep Olahan Ayam untuk Sahur Sederhana & Lezat, Yuk Coba!

3. Capcay

Selain buah, sayur juga merupakan makanan yang bagus untuk dikonsumsi saat menjalani diet. Sebab, kandungan kalori di dalamnya cenderung rendah.

Tak hanya itu, vitamin serta mineral yang ada dalam sayur juga dapat membantu menjaga kesehatan tubuh.

Nah, sehubungan dengan itu, makanan berbuka puasa untuk orang diet yang cocok adalah menu capcay.

Anda bisa mengkreasikan capcay dengan menambah protein seperti ayam ataupun udang agar lebih lezat.

4. Telur dan Kentang Rebus

Makanan berbuka puasa untuk orang diet selanjutnya yaitu telur dan juga kentang rebus.

Kedua makanan ini diketahui dapat membantu menjaga berat badan karena bisa membuat Anda mudah kenyang.

Telur sendiri mengandung vitamin A, vitamin B12, vitamin B5, selenium, protein, dan lemak yang tinggi.

Untuk menunjang diet, Anda bisa mengonsumsi telur rebus, atau diolah menjadi menu rendah kalori lainnya, seperti omelet.

Di sisi lain, kentang diketahui mengandung kalium yang dapat berubah menjadi pati resisten ketika dibiarkan dingin.  Zat ini dipercaya sebagai nutrisi yang dapat menurunkan berat badan.

5. Sayur Sup dan Dada Ayam

Di kalangan orang diet, dada ayam bukan merupakan menu yang asing karena memiliki kandungan kalori rendah.

Diketahui, setiap 172 gr dada ayam mengandung 284 kalori dan 53 gr protein di dalamnya.

Nah, sebagai menu puasa untuk orang diet, Anda bisa mengkreasikan dada ayam menjadi olahan sup, seperti sup sayur.

6. Nasi Merah

Saat diet, makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi yaitu nasi merah. Meski kalorinya diketahui lebih tinggi dibandingkan dengan nasi putih, tapi nasi merah lebih baik untuk menunjang diet.

Hal ini dikarenakan, nasi merah memiliki kandungan mineral yang beragam, serat lebih tinggi, dan angka indeks glikemiknya rendah.

Oleh sebab itu, nasi merah cocok dijadikan makanan berbuka puasa untuk orang diet. Selain membantu menjaga berat badan, nasi merah juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh lainnya.

Baca juga: 12 Resep Menu Lebaran Tanpa Santan yang Sedap dan Nikmat

7. Sayur Bayam Bening

Makanan berbuka puasa untuk orang diet selanjutnya yaitu sayur bayam bening yang simple dan mudah dibuat.

Dilihat dari cara pembuatannya, memasak sayur bayam bening tidaklah sulit dan bisa dibuat dalam waktu singkat.

Sayur bayam bening sendiri diketahui baik untuk diet karena memiliki kandungan zat mikronutrien dari sayurnya.

8. Tumis Kangkung

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, sayur memiliki peran penting untuk membantu Anda menjaga berat badan.

Sehubungan dengan itu, makanan berbuka puasa untuk orang diet yang bisa dijadikan pilihan yaitu kangkung.

Kangkung merupakan sayur hijau yang dikenal memiliki kandungan gizi tinggi dan baik untuk membantu tubuh membakar lemak.

Untuk mendapatkan cita rasa yang nikmat, Anda bisa mengolahnya menjadi tumis kangkung.

9. Tumis Taoge Tahu

Makanan berbuka puasa untuk orang diet selanjutnya yaitu tumis taoge tahu. Taoge diketahui rendah kalori serta kaya akan nutrisi dan serat.

Di sisi lain, tahu pun demikian, bahan makanan ini juga mengandung serat dan protein yang tinggi.

Oleh karena itu, memadukan tahu dan taoge adalah pilihan yang pas untuk menjaga agenda diet Anda.

Adapun menu masakan yang bisa Anda buat yaitu tumis taoge, pembuatannya mudah, dan tidak memakan waktu terlalu lama.

Baca juga: 7 Manfaat Puasa secara Psikologis, Dapat Mengurangi Stres!

10. Ikan Kukus

Makanan berbuka puasa untuk orang diet yang bisa Anda pertimbangkan yaitu ikan kukus. Ikan diketahui kaya akan vitamin, mineral dan juga protein yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Nah, bagi yang lebih menyukai ikan dibandingkan daging, menu ini sangat cocok masuk dalam list makanan diet Anda.

Namun, agar diet bisa maksimal, usahakan untuk tidak mengonsumsi ikan yang diolah dengan cara digoreng. Yup, alih-alih digoreng, Anda bisa memasaknya dengan cara dikukus.

Tips Diet saat Puasa

Ketika menjalani program diet, menerapkan pola hidup sehat merupakan kunci yang sangat penting.

Untuk itu, selain membatasi makan makanan tinggi kalori dan lemak, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan, di antaranya yaitu:

1. Rutin Olahraga

Selain menjaga asupan makanan, rutin olahraga juga merupakan kegiatan yang harus dilakukan untuk mendukung program diet.

Sebab, olahraga dapat membantu Anda untuk membakar kalori, dan menstimulasi pertumbuhan otot. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan proporsi tubuh yang lebih ideal.

Meski sedang menjalani puasa, bukan berarti Anda tidak perlu berolahraga, ya.

Justru, olahraga disarankan meki sedang berpuasa karena dipercaya dapat membakar lebih  banyak lemak.

2. Jaga Pola Tidur

Agar usaha diet bisa membuahkan hasil yang maksimal, Anda perlu menjaga pola tidur tetap teratur. Jadi, pastikan Anda untuk tidur tepat waktu, ya.

Selain itu, Anda juga perlu tidur yang cukup untuk menjaga metabolisme tubuh agar pembakaran lemak bisa efektif.

3. Pilih Makanan Tinggi Serat dan Protein

Tips diet saat puasa selanjutnya yaitu pilihlah makanan yang mengandung banyak serat dan protein.

Sebelumnya, telah dijelaskan bahwa makanan rendah kalori baik untuk dikonsumsi saat diet, tapi serat dan protein juga tidak kalah penting.

Hal ini dikarenakan, serat bisa membuat kenyang lebih lama, sehingga membantu Anda untuk tidak mudah lapar saat menjalani puasa. 

Di sisi lain, protein dapat meningkatkan metabolisme dan membantu tubuh untuk membakar lebih banyak kalori.

4. Perbanyak Minum Air Putih

Tak boleh dilupakan, tips diet saat puasa yang tidak kalah penting yaitu perbanyak minum air putih, agar tubuh tetap terhidrasi.

Selain itu, berdasarkan Penelitian dalam Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism diketahui bahwa minum banyak air putih dapat meningkatkan metabolisme tubuh sekitar 30%.

Artinya, minum air putih dapat membantu tubuh untuk membakar kalori dan lemak dengan lebih cepat.

Demikian beberapa pilihan makanan berbuka puasa untuk orang diet yang enak dan rendah kalori.

Jika disimpulkan, selain memilih makanan yang tepat untuk berbuka, Anda juga perlu menerapkan pola hidup sehat lainnya, seperti olahraga dan minum banyak air putih agar diet bisa maksimal.

Dari penjelasan di atas, diketahui bahwa minum air putih tidak hanya penting untuk menghindari dehidrasi, melainkan juga bisa membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

Untuk itu, selalu sediakan #AQUADULU di rumah untuk membantu Anda memenuhi kebutuhan minum air putih.

Tak perlu ragu dengan kualitasnya, karena AQUA diambil dari sumber air terbaik.

Jadi, jangan lupa untuk minum AQUA DULU saat berbuka. Diciptakan oleh alam, 100% MURNI air mineral untuk bulan yang suci.

Baca juga: 14 Tips Aman Meninggalkan Rumah saat Mudik Lebaran, Catat!

Referensi:

  1. Gak Bikin Gemuk! 11 Inspirasi Menu Berbuka Puasa untuk Diet Sehat - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.