10 Makanan Berkalori Tinggi & Sehat untuk Tambah Berat Badan

Hidup Sehat | 24 Mei 2022

Bagikan:

10 Makanan Berkalori Tinggi & Sehat untuk Tambah Berat Badan

Kalori merupakan satuan energi yang setiap hari diperlukan tubuh agar tetap dapat bekerja sebagaimana mestinya. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Anda bisa mengonsumsi berbagai jenis makanan berkalori tinggi, seperti nasi, kentang, susu, dan masih banyak lagi.

Namun, jika Anda sedang menjalankan diet defisit kalori, ada baiknya Anda membatasi konsumsi jenis makanan ini. Di sisi lain, bila Anda sedang ingin menambah berat badan, maka menu makanan berkalori tinggi dan sehat bisa jadi pilihan tepat.

Lantas, sebetulnya apa saja contoh makanan berkalori tinggi yang sehat? Yuk cek daftarnya di bawah ini!

Contoh Makanan Berkalori Tinggi yang Sehat

Menu makanan berkalori tinggi yang sehat bisa menjadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan kalori harian. Ini penting karena kalori juga berperan dalam mempertahankan fungsi tubuh sehari-hari seperti nutrisi lainnya.

Menurut tabel Angka Kecukupan Gizi (AKG) pada Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 28 Tahun 2019, wanita dewasa rata-rata membutuhkan setidaknya 2.000 kalori dan pria dewasa 2.500 kalori setiap hari. Nah, untuk memenuhi kebutuhan tersebut, terdapat sejumlah makanan berkalori tinggi dan sehat yang bisa Anda konsumsi, di antaranya:

1. Nasi Putih

Seperti kita ketahui, nasi putih merupakan sumber karbohidrat yang padat kalori.  Dalam secangkir nasi putih (158 gram), terdapat sekitar 200 kalori, 44 gram karbohidrat, serta sedikit lemak [1]. Ini bisa menjadi pilihan menu makanan berkalori tinggi yang cukup murah dan mudah didapatkan. Bahkan, Anda bisa mengonsumsinya dengan berbagai jenis hidangan lain.

2. Susu

Tahukah Anda, susu digolongkan sebagai jenis makanan berkalori tinggi yang sehat karena mengandung berbagai nutrisi penting yang baik bagi kesehatan. Mulai dari karbohidrat, protein, kalsium, lemak, vitamin, hingga mineral.

Maka dari itu, tidak heran jika selama ini susu kerap digunakan untuk membantu menambah berat badan sekaligus memberikan keseimbangan nutrisi terhadap tubuh. Sementara, kandungan protein di dalamnya berguna untuk membangun masa otot, terutama jika dikombinasikan dengan latihan angkat beban.

3. Daging Merah

Selain sebagai makanan tinggi protein, daging merah seperti daging sapi dan domba juga dikenal sebagai sumber kalori yang baik. Untuk memperoleh jumlah kalori ekstra, Anda bisa memilih daging merah berlemak dibanding yang tanpa lemak. Ini sangat cocok Anda konsumsi bila ingin menambah berat badan dengan cepat.

Akan tetapi, penting juga untuk berhati-hati dalam mengonsumsi daging merah karena penumpukan lemak dapat memberi masalah bagi kesehatan Anda.

4. Ubi Jalar

Contoh makanan berkalori tinggi yang sehat berikutnya adalah ubi jalar. Selain lezat dan murah, ubi jalar juga menyimpan segudang nutrisi, seperti karbohidrat, vitamin C, vitamin B6, zat besi, magnesium, serta folat. Sementara, menurut tabel kalori makanan kemenkes, dalam 100 gram ubi rebus terdapat sekitar 125 kalori.

5. Ikan Salmon

Ikan salmon merupakan salah satu jenis makanan laut yang mengandung banyak kalori, protein, dan lemak sehat. Namun bukan cuma itu, ikan salmon memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang berfungsi sebagai anti inflamasi sekaligus menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, serta pembekuan darah [1].

Lalu, karena kandungan proteinnya yang cukup tinggi, ikan salmon juga membantu Anda membangun otot dan mengalami kenaikan berat badan yang sehat. Untuk menghidangkannya, Anda bisa menggunakan berbagai cara, entah itu ditumis, dikukus, dipanggang, atau bahkan direbus. Jangan lupa tambahkan jenis makanan lainnya seperti sayuran agar lebih sehat dan bernutrisi.

Baca juga: 5 Kriteria Makanan Sehat dan Bergizi, Ini Tips Menerapkannya!

6. Keju

Contoh makanan berkalori tinggi yang sehat selanjutnya ialah keju. Makanan berlemak satu ini merupakan favorit banyak orang karena rasanya yang lezat dan cocok dihidangkan dengan makanan penutup lainnya. Di dalam 28 gram keju, Anda bisa memperoleh sebanyak 110 kalori dan 7 gram protein.

7. Telur Utuh

Telur merupakan makanan sehat dan bergizi yang disukai banyak orang. Bukan hanya lantaran rasanya lezat dan mudah dibuat, telur juga dikenal sebagai sumber protein, lemak sehat, vitamin D, serta kalori yang berguna untuk pembentukan otot serta penambahan berat badan.

Namun, penting untuk dicatat bahwa seseorang harus makan telur utuh untuk nilai gizi maksimal. Dengan mengonsumsi sebuah telur rebus ukuran besar secara utuh, Anda bisa mendapat sekitar 77 kalori [1].

8. Kacang-kacangan

Jika Anda ingin menambah berat badan, maka kacang-kacangan adalah salah satu rekomendasinya. Untuk jenis kacang kenari, jumlah kalorinya mencapai 185 kalori per 25 gramnya. Selain kenari, jenis kacang-kacangan yang juga mengandung kalori tinggi adalah kacang mete, kacang almond, dan kacang tanah.

Menghidangkannya dalam menu sehari-hari pun cukup mudah, Anda bisa mencampurkan kacang bersama makanan lain seperti smoothie, yogurt, dan sebagainya. Namun, mengingat kandungan kalori kacang cukup tinggi, pastikan Anda tidak mengonsumsinya secara berlebihan ya.

9.  Buah Alpukat

Jika Anda pecinta buah alpukat, maka perlu Anda ketahui bahwa buah ini termasuk jenis makanan berkalori tinggi. Namun di samping itu, alpukat juga memiliki kandungan vitamin, serat, mineral, serta antioksidan yang baik bagi kesehatan tubuh.

Untuk kandungan kalorinya sendiri, satu buah alpukat (200 gram) menyimpan sekitar 322 kalori [1]. Sehingga, bila Anda sedang menjalani program diet, ada baiknya mengurangi konsumsi buah ini.

10. Coklat Hitam

Cokelat memang dikenal sebagai pantangan bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Bagaimana tidak, camilan lezat satu ini termasuk dalam jenis makanan berkalori tinggi, di mana terdapat sekitar 600 kalori pada 100 gram coklat dengan kandungan 60-75% kakao [1].

Namun, di balik itu, sebetulnya coklat hitam berkualitas tinggi juga bisa memberikan manfaat kesehatan karena memiliki banyak kandungan antioksidan [1]. Cokelat diketahui dapat membantu mengontrol hormon stress, menurunkan gula darah, mengurangi risiko penyakit jantung, dan sebagainya.

Baca juga: 10 Makanan yang Mengandung Vitamin C Tinggi Tuk Jaga Kesehatan

Efek Samping Kelebihan Kalori

Mengonsumsi jenis makanan berkalori tinggi tentu memerlukan batasan. Pasalnya, jika dilakukan secara berlebihan dalam jangka panjang, hal ini bisa berdampak kepada kesehatan hingga meningkatkan sejumlah risiko penyakit, mulai dari penyakit jantung, stroke, dan obesitas.

Maka dari itu, Anda disarankan menghitung kebutuhan kalori harian terlebih dahulu agar dapat memenuhi asupan tersebut dalam jumlah yang tepat. Jangan lupa imbangi juga dengan pola makan sehat sehingga kebutuhan nutrisi lainnya tetap terpenuhi.

Itu dia berbagai contoh makanan berkalori tinggi dan sehat yang bisa Anda masukkan dalam daftar menu harian. Pastikan Anda mengonsumsinya dalam jumlah cukup dan sesuai dengan kebutuhan harian. Sertai juga dengan kebiasaan olahraga dan rutin minum air putih sebagai pola hidup sehat dan seimbang.

Well, minum air putih yang cukup dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga membantu mencegah Anda dari kelebihan kalori. Maka dari itu, selalu sedia #AQUADULU sebagai pelengkap menu makan harian Anda. Semoga bermanfaat, ya!

Referensi:

1. High-Calorie Foods and Snack Ideas to Gain Weight - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.